Cara Live Streaming dan Membuat Nota Live Shopee yang Benar, Banyak Penonton dan Laris!

CARA LIVE SHOPEE BANYAK PENONTON DAN LARIS PEMBELI

Shopee merupakan salah satu aplikasi atau layanan tempat jual beli online (E-commerce) yang paling populer saat ini, banyaknya iklan Shopee di Internet dan televisi membuat Shopee sangat terkenal dan memiliki banyak pengguna. Mengingat kebutuhan orang dalam melakukan online shop sangat tinggi, jadi tak heran jika Shopee bisa dibilang sangat sukses saat ini.
 
Fitur transaksi atau jenis pembayaran di Shopee juga cukup beragam, hal ini tentunya bisa memudahkan pengguna dalam melakukan jual beli. Bahkan transaksi pengguna di Shopee sudah terjamin keamanannya, sehingga pengguna tidak perlu takut barang tidak dikirim saat telah melakukan transaksi. 
 
 
shopee

Selain itu, terdapat berbagai macam promo dan event di Shopee yang tentunya membuat pengguna bisa lebih hemat saat belanja di Shopee, berbagai jenis voucher dan promo gratis ongkir di Shopee juga membuat pengguna semakin puas menggunakan Shopee.
 
Beberapa fitur populer di Shopee adalah fitur ShopeePay Later yang bisa memberikan pengguna pinjaman dana, sehingga pengguna bisa mengangsur tagihan dari jumlah pinjaman yang dilakukan. Bahkan Shopee juga memiliki fitur COD, di mana pengguna bisa bayar uang pembelian secara langsung dengan kurir ketika barang telah sampai. 
 
 

Penjual di Shopee

Pengguna Shopee dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu pengguna yang hanya pembeli dan pengguna yang berjualan di Shopee. Kalau teman-teman termasuk yang mana nih? penjual atau pembeli di Shopee? bisa tulis di kolom komentar ya?

Apakah anda merupakan seorang penjual atau orang yang berjualan di Shopee? jika iya, maka anda sudah tidak asing dengan fitur live streaming di Shopee. Fitur live streaming di Shopee memang sangat membantu penjual dalam berjualan dan membuat jualan di Shopee menjadi lebih laris.

 
Hal ini tak lepas karena si pembeli bisa melihat langsung barang yang anda jual melalui live streaming anda, sehingga minat pembeli untuk membeli barang bisa menjadi lebih tinggi dan tidak ragu.

Bahkan penjual yang sudah berpengalaman dalam menggunakan fitur live streaming di Shopee bisa mendapat keuntungan puluhan hingga ratusan juta rupiah hanya dalam waktu yang tidak lama, sehingga cukup mengherankan jika fitur live streaming di Shopee sangat penting dan sangat membantu para penjual.


Cara Live Streaming Shopee yang Baik dan Benar

Jika anda ingin jualan dengan cara live streaming di Shopee, maka anda wajib paham mengenai cara live streaming di Shopee yang baik dan benar, yang tentunya bisa membuat live anda banyak penonton dan laris pembeli. Bagi anda yang belum paham cara-caranya, maka anda bisa langsung mengikuti cara-cara yang ada di bawah ini.

Namun sebelumnya pastikan terlebih dahulu bahwa aplikasi Shopee yang anda gunakan merupakan versi yang terbaru, jika belum maka anda bisa memperbarui terlebih dahulu di play store atau bisa juga melalui tautan link di bawah ini.



1. Cara Live di Shopee

Untuk bisa melakukan live streaming di Shopee, pastikan bahwa anda telah menjadi penjual atau menjadi mitra Shopee, kemudian anda bisa berjualan dan melakukan live di Shopee. Jika sudah, pertama buka aplikasi Shopee dan masuk ke menu Shopee Live seperti pada gambar di bawah ini.

shopee

Kemudian klik ikon plus seperti pada gambar di bawah ini.
 
 
Selanjutnya buat cover atau foto live dan buat judul yang menarik, misalnya judul "Jual sepatu impor luar negeri original atau diskon, karena kata original dan diskon tersebut cukup menarik dan bisa memancing perhatian banyak orang, sehingga masuk ke live anda. Seperti pada gambar di bawah ini.

shopee


Kemudian jika perlu tambahkan produk yang terkait dengan produk-produk yang akan anda tawarkan di live Shopee, kemudian klik selesai dan klik Lanjut untuk memulai live Shopee anda.

Dengan demikian anda sudah bisa memulai live anda di Shopee, jangan lupa untuk klik Beritahu pengunjung, sehingga orang yang follow toko anda tahu bahwa anda sedang melakukan live di Shopee. Jika telah ada penonton, maka anda bisa menawarkan produk-produk yang anda jual.



2. Tips Live Shopee Banyak Penonton

Untuk cara agar live di Shopee memiliki banyak penonton, maka terdapat beberapa tips yang bisa anda coba, diantaranya sebagai berikut:
 
- Buat Postingan atau Story di menu Feed Shopee yang berisi bahwa anda akan melakukan live Shopee pada waktu yang ditentukan, sehingga orang yang follow anda akan diberitahu bahwa anda akan melakukan live, bahkan bisa juga memancing orang-orang yang belum follow toko anda, seperti pada gambar di bawah ini.
 

 - Kemudian Follow akun-akun yang tertarik dengan toko anda ketika live, terutama akun-akun orang yang aktif bertanya ketika di live anda. Sehingga hal tersebut bisa memancing orang tersebut follow balik akun anda, sehingga orang tersebut berkemungkinan hadir lagi saat anda live di lain waktu, untuk batas maksimum jumlah follow adalah 3000 akun.
 
- Penampilan fisik tidak harus cantik maupun ganteng, melainkan hal utama adalah berpenampilan rapi. Hal ini bisa membuat penonton anda lebih nyaman berada di live anda, bila perlu anda dandan terlebih dahulu sebelum melakukan live Shopee.
 
- Selanjutnya pastikan anda menggunakan bahasa yang baik ketika melakukan live streaming, jelaskan saja poin-poin pentingnya saja pada produk yang anda tawarkan, sehingga live anda jelas oleh penonton.
 
- Hal terakhir adalah jelaskan produk dengan detail, terutama jelaskan kelebihan dari produk yang anda tawarkan. Bila perlu jangan menutup-nutupi kekurangan dari produk anda jika ada kekurangan, sehingga toko anda bisa menjadi toko yang terpercaya dan disukai banyak orang.
 
 

3. Sering-Sering Mengingatkan Kewajiban Pembeli

Selama live berlangsung dan setiap anda menawarkan barang, pastikan anda selalu mengingatkan beberapa kewajiban penonton yang ingin membeli, diantaranya sebagai berikut:
 
1. Ingatkan pembeli untuk melakukan screenshoot pada barang yang ingin dibeli, hal ini untuk kebutuhan pemesanan nantinya.
2. Ingatkan pembeli untuk menghubungi toko anda via chat shopee dan mengirim s
creenshoot dan harga barangnya untuk pemesanan barang tersebut.
 
 

4. Cara Membuat Nota Live di Shopee untuk Memproses Barang Orderan

Nota Live merupakan cara untuk bisa memproses produk-produk orderan penonton dengan cepat, sehingga tidak membuat anda kebingungan dan kerepotan sebagai penjual. Untuk cara membuat Nota live adalah masuk ke toko anda dan klik Tambahkan Produk Baru, seperti pada gambar di bawah ini.

shopee


Selanjutnya gunakan foto berisi tulisan misalnya "Nota 1kg Harga 100-200 ribu rupiah" sebagai cover, seperti pada gambar di bawah ini.

nota shopee

Hal ini berfungsi agar anda bisa memproses produk ke semua pembeli dengan cepat, tentunya yang harga produknya termasuk dalam nota tersebut, artinya hanya dengan satu link saja anda bisa memproses banyak orderan para pembeli, tanpa harus membuat link barang satu per satu.

Isikan nama produk dan deskripsi barang jika perlu, serta masukkan juga kategori barangnya bebas. Untuk menu harga, merek, dan stok barang tidak perlu diisi, namun untuk variasi ukuran barang hapus saja, karena tidak perlu.

Kemudian buat Variasi dan beri nama "Pilih Harga", kemudian cantumkan harga-harga berdasarkan tulisan Nota pada foto yang anda pakai, seperti pada gambar di bawah ini.

shopee

Setelah itu klik atur stok dan harga sesuai dengan variasi dan barang anda, seperti pada gambar di bawah ini.



Langkah terakhir adalah atur ongkos kirim barang tersebut, lalu klik centang untuk selesai.


Dengan demikian nota live sudah berhasil dibuat, kemudian buka chat para pembeli dan cek screenshoot dan harga barang yang dipesan pembeli, serta jangan lupa respon pembeli tersebut dengan mengirim link produk berupa nota live untuk melakukan pembayaran.
 

 

Kemudian pembeli akan melakukan pemesanan barang dan pembayaran, maka anda perlu masuk ke menu Belum Dikirim untuk memproses pengiriman barang yang dipesan.


Hal-hal yang Dilarang Dilakukan Saat Live

Pelanggaran berat yang akun anda bisa langsung dibanned
  •  Jangan melakukan rasis
  •  Jangan live bersifat mengancam dan melakukan hal yang berbahaya
  •  Dilarang melakukan kekerasan dan tindakan berdarah.
  •  Dilarang melakukan hal vulgar atau semacamnya.
  •  Jangan melakukan tindakan pelecehan dan bullying.
  •  Dilarang mempromosikan produk yang terlarang di shopee.
  •  Jangan menggunakan kata-kata kasar saat live.
  •  Dilarang mengungkapkan informasi pribadi individu, pembeli, atau bisnis lain tanpa ada peretujuan terlebih dahulu dengan orang terkait.
  •  Dilarang menyalahgunakan logo shopee untuk keperluan lain.
  •  Dilarang melakukan spam pesan di shopee.
  •  Dilarang melakukan transaksi jual beli diluar shopee.
  •  Jangan mencantumkan kontak dan nomor pribadi di shopee.
  •  Dilarang memalsukan produk, jadi jika produk yang dijual tidak asli maka bilang tidak asli.
  •  Pastikan ada produk yang dipomosikan saat live.
  •  Dilarang menggunakan rekaman video atau rekaman suara, harus murni live.
  •  Dilarang menggunakan layar hitam tanpa suara.
  •  Dilarang mempromosikan produk di waktu yang bersamaan pada akun yang lain.
  •  Dilarang mempromosikan produk yang tidak bisa dijual bebas.

Pelanggaran sedang yang bisa membuat akun anda dibanned apabila sering dilakukan.
  • Terlambat saat live streaming.
  • Tampilan live buram.
  • Suara kurang jernih.
  • Tidak menggunakan bahasa indonesia
  • Merokok saat live.
  • Live dengan anak di bawah 17 tahun.

Demikian cara live streaming di Shopee yang baik dan benar, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.






0 Response to "Cara Live Streaming dan Membuat Nota Live Shopee yang Benar, Banyak Penonton dan Laris!"

Post a Comment

Disclaimer

Privacy Policy

Sitemap

Contact