Begini Cara Mengatasi Tidak Bisa Membuka Kamera di Messenger, Mudah Banget!

 PENYEBAB DAN CARA MENGATASI TIDAK BISA BUKA KAMERA DI MESSENGER

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa Messenger merupakan aplikasi khusus buatan Facebook yang terhubung secara langsung dengan akun Facebook. Sehingga aplikasi ini terbilang cukup penting dan masih memiliki banyak pengguna, walaupun aplikasi ini sudah lama ada.
 
Aplikasi Messenger terbilang cukup penting karena merupakan alat untuk chat secara langsung antar sesama pengguna Facebook, baik untuk kebutuhan chat pribadi, mencari teman di Facebook, dan lain-lain.
 
 
messenger

Apakah anda juga menggunakan aplikasi Messenger? tentunya anda setuju jika Messenger menjadi saksi bisu bagi para pengguna Facebook dalam mencari teman baru, jual beli online, hingga mencari pasangan 😁. Melihat fungsinya yang cukup penting, tentunya tak heran jika Messenger saat ini masih memiliki banyak pengguna, bahkan hampir semua pengguna Facebook juga memiliki aplikasi Messenger.
 
 

Mengenal Aplikasi Messenger

Messenger merupakan aplikasi chatting khusus buatan Facebook yang terhubung secara langsung dengan akun Facebook, aplikasi ini memiliki fitur-fitur chatting yang tak kalah dengan aplikasi chatting lainnya.
 
Namun Messenger bedanya adalah Messenger tidak memiliki fitur pengaman enkripsi end-to-end, hal ini bisa dilihat dari adanya iklan yang tampil di dalam aplikasi Messenger. Walaupun aplikasi Messenger terdapat iklan di dalamnya, Messenger tetap memiliki banyak pengguna karena fungsinya yang cukup penting sebagai aplikasi chat Facebook.

Bahkan dahulu Facebook pernah menghadirkan fitur game online di Messenger, dengan tujuan membuat para pengguna bisa main game bareng dengan sesama pengguna Facebook dan bisa membuat pengguna lebih lama di Messenger, namun fitur tersebut telah dihilangkan karena malah membuat aplikasi Messenger cukup berat saat digunakan.


Masalah di Aplikasi Messenger

Setiap aplikasi tentunya pernah memiliki masalah seperti bug, error, atau masalah-masalah lainnya. Oleh karena itu, dalam beberapa waktu selalu hadir suatu pembaruan aplikasi, tentunya bertujuan untuk menghadirkan fitur baru yang membuat aplikasi lebih sempurna atau terkadang hanya untuk memperbaiki bug yang ada di aplikasi.

Salah satu masalah yang sering terjadi di Messenger adalah masalah tidak bisa membuka kamera di aplikasi Messenger, walaupun hal tersebut biasanya bukanlah karena adanya masalah di aplikasi, namun beberapa pengguna tentunya pengguna smartphone yang masih awam biasanya menganggap hal sepele sebagai masalah.

Untuk lebih jelasnya, sebenarnya terdapat beberapa hal yang bisa menyebabkan masalah tersebut terjadi, langsung saja kita bahas secara lengkap di bawah ini.


1. Bug

Masalah pada aplikasi bisa terjadi karena adanya bug yang membuat aplikasi tersebut menjadi error, termasuk aplikasi Messenger. Bug tersebut bisa terjadi apabila si pengguna sudah lama sekali tidak memperbarui aplikasi, tak heran jika aplikasi yang usang sering terjadi masalah.
 
Oleh karena itu, setidaknya sempatkan waktu minimal sebulan sekali untuk mengecek pembaruan aplikasi, anda bisa memperbarui aplikasi Messenger di play store atau bisa juga melalui tautan link di bawah ini.
 
 
 

2. Perizinan Akses Kamera

Beberapa aplikasi biasanya membutuhkan beberapa akses untuk fitur ponsel, contohnya ketika Messenger menggunakan kamera ponsel maka si pengguna harus mengizinkan aplikasi Messenger untuk dapat mengakses layanan kamera ponsel, dengan demikian anda bisa menggunakan kamera di Messenger.

Oleh karena itu, jika anda tidak bisa membuka kamera di Messenger bisa jadi karena anda belum mengizinkan Messenger mengakses kamera ponsel. Untuk mengatasi masalah ini cukup mudah, langsung saja anda ikuti langkah-langkah di bawah ini.


Pertama buka aplikasi Messenger terlebih dahulu, lalu klik ikon kamera di bagian atas seperti pada gambar di bawah ini.

messenger

Selanjutnya anda tidak bisa menggunakan kamera, klik saja NYALAKAN di bagian tengah, seperti pada gambar di bawah ini.

messenger

Kemudian akan ada notifikasi di layar, klik saja Izinkan. Seperti pada gambar di bawah ini.

messenger

Langkah terakhir adalah izinkan semua akses yang dibutuhkan aplikasi Messenger, seperti pada gambar di bawah ini.

messenger

Dengan demikian kamera Messenger bisa langsung anda gunakan secara normal.


3. Memori Penyimpanan Penuh

Hal terakhir yang dapat membuat anda tidak bisa menggunakan kamera di Messenger adalah karena memori penyimpanan anda penuh, memori yang penuh secara otomatis menolak pengguna dalam menggunakan kamera, tentunya karena tidak adanya ruang kosong di penyimpanan.

Untuk mengatasi hal ini, anda bisa menghapus data-data ponsel yang tidak penting agar mengurangi ruang penyimpanan yang penuh. Atau anda bisa menggunakan bantuan aplikasi pembersih, anda bisa download berbagai macam jenis aplikasi pembersih sampah di play store atau bisa juga melalui tautan link di bawah ini.





Demikian penyebab dan cara mengatasi tidak bisa membuka kamera di aplikasi Messenger, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.






0 Response to "Begini Cara Mengatasi Tidak Bisa Membuka Kamera di Messenger, Mudah Banget!"

Post a Comment

Disclaimer

Privacy Policy

Sitemap

Contact