5 Cara Aman Menggunakan Telegram dan Tidak Bisa Di Hack, Wajib Lakukan Ini!

CARA AGAR AKUN TELEGRAM AMAN DARI HACKER

Telegram merupakan aplikasi chatting yang sedang populer saat ini, bahkan Telegram sekarang bisa dibilang mampu bersaing atau bahkan lebih unggul jika dibandingkan dengan Whatsapp. Hal ini tentunya karena fitur-fitur penting di Telegram yang tidak ada di Whatsapp yang membuat banyak orang menggunakan Telegram, sehingga tak heran jika aplikasi Telegram saat ini berada di atas Whatsapp dalam peringkat aplikasi paling populer di play store.
 
Beberapa fitur Telegram paling populer yang membuat Telegram memiliki banyak pengguna diantaranya fitur penyimpanan awan yang digunakan Telegram, dengan adanya fitur tersebut pengguna dapat berbagi atau mengirim file dengan ukuran maksimum hingga 1,5GB secara langsung.
 
telegram

 
Selain itu, Telegram bisa digunakan secara gratis dan tanpa iklan, bahkan fitur enkripsi end-to-end dan Secret Chat bisa membuat percakapan anda di Telegram menjadi lebih aman, bahkan bisa dibilang lebih aman daripada Whatsapp karena Telegram menyembunyikan atau tidak menampilkan nomor telepon penggunanya.
 
 

Keamanan dalam Menggunakan Telegram

Suatu hal yang terhubung dengan koneksi internet, tentunya tidak lepas dari ancaman serangan kejahatan Cyber atau Hacker, termasuk dalam menggunakan aplikasi Telegram. Namun sebenarnya hal tersebut hanya keteledoran pengguna yang tidak berhati-hati, paling banyak menjadi penyebab seseorang terkena serangan hacker.

Walaupun demikian, pengguna sebenarnya bisa mengantisipasi dan melindungi diri dari serangan hacker, terlebih lagi Telegram dibekali beberapa fitur pengaman yang cukup kuat dan tangguh dalam melindungi setiap pengguna dari serangan hacker.


Namun untuk membuat akun Telegram lebih aman tentunya tak sedikit orang yang paham mengenai caranya, terutama pengguna yang masih awam atau belum tahu banyak mengenai aplikasi Telegram.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini Tomtekno akan membagikan beberapa tips agar aman dalam menggunakan Telegram serta aman dari serangan hacker. Untuk lebih jelas mengenai cara-caranya, langsung saja kita bahas secara lengkap di bawah ini.


Cara Aman Menggunakan Aplikasi Telegram

Dalam menjaga atau melindungi akun Telegram agar selalu aman, maka ada beberapa hal yang bisa anda lakukan. Namun sebelumnya pastikan terlebih dahulu bahwa anda menggunakan aplikasi Telegram versi terbaru, jika belum maka anda bisa memperbarui terlebih dahulu di play store atau bisa juga melalui tautan link di bawah ini.


Berikut ini beberapa hal yang bisa anda lakukan agar akun Telegram anda aman dan terlindungi, langsung saja kita bahas lengkap di bawah ini.


1. Aktifkan Verifikasi 2 Factor

Cara pertama yang bisa anda gunakan adalah dengan mengaktifkan fitur pengaman Telegram yaitu verifikasi 2 faktor, sehingga orang lain tidak akan bisa masuk ke akun Telegram anda jika tidak memiliki akses ke nomor telepon anda.

Tentunya pengaman ini sangatlah kuat dan hampir mustahil untuk bisa dihack, bagi anda yang ingin atau tidak tahu cara mengaktifkan fitur pengaman ini, anda bisa mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini.


Langkah pertama buka aplikasi Telegram anda dan klik ikon garis tiga di bagian pojok kiri atas, lalu masuk ke menu Pengaturan seperti pada gambar di bawah ini.

telegram

Selanjutnya pilih menu Privasi dan Keamanan, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.


Kemudian ke bagian Keamanan dan klik pada Verifikasi Dua Langkah, seperti pada gambar di bawah ini.


Setelah itu klik Atur Kata Sandi, seperti pada gambar di bawah ini.

 
Selanjutnya masukkan kata sandi akun Telegram anda, jika sudah klik Lanjut seperti pada gambar di bawah ini.


Setelah itu anda bisa membuat clue berupa kata atau kalimat yang fungsinya bisa membantu anda mengingat kata sandi anda ketika lupa kata sandi tersebut, contoh seperti pada gambar di bawah ini. Jika anda rasa sudah tepat dan sekiranya bisa mengingatkan anda dengan kata sandi akun anda, maka bisa langsung klik Lanjut.


Selanjutnya masukkan alamat Email aktif anda yang nantinya bisa digunakan untuk pemulihan akun Telegram anda apabila nantinya anda lupa kata sandi akun Telegram anda, seperti contoh pada gambar di bawah ini.


Kemudian klik Lanjut, dengan demikian pengaman verifikasi 2 langkah anda telah aktif, sehingga akun anda akan lebih aman.


2. Selalu Perbarui Aplikasi

Apabila aplikasi Telegram terdapat update versi terbaru di play store, sebaiknya langsung saja anda memperbarui aplikasi Telegram anda untuk mendapatkan Telegram versi terbaru. Hal ini dikarenakan saat pembaruan aplikasi biasanya juga terdapat fix bug atau perbaikan adanya bug di aplikasi, tentunya sangat penting karena bug bisa menjadi celah para Hacker untuk bisa meretas suatu aplikasi.

Oleh karena itu, anda harus rajin mengecek di play store dan ketika ada aplikasi yang meminta pembaruan maka langsung saja perbarui aplikasi tersebut, termasuk aplikasi Telegram tentunya.


3. Jangan Gunakan Wifi Gratis

Wifi gratis atau wifi yang bersifat publik tentunya sangat menggiurkan, karena setiap orang bisa lebih menghemat kuota internet apabila menggunakan wifi gratis. Namun tahukah anda jika wifi gratis merupakan akses yang paling mudah bagi Hacker dalam melakukan kejahatan, karena pada dasarnya akan lebih mudah ketika si Hacker berada dalam koneksi jaringan yang sama dengan korbannya.

Oleh karena itu, jika anda menggunakan koneksi wifi gratis maka sama saja anda mengorbankan data diri anda. Jadi sebaiknya kita harus lebih berhati-hati, dan lebih baik boros kuota dibandingkan harus mengorbankan data pribadi. 
 
 

4. Jangan Klik Link Aneh-aneh

Hampir sebagian besar pengguna Telegram menggunakan aplikasi Telegram untuk bisa bergabung ke grup-grup Telegram yang cukup populer, dan di setiap grup biasanya terdapat banyak anggota yang terkadang seringkali mengirim atau membagikan link-link aneh, atau bahkan link yang katanya bisa mendapatkan hadiah maupun uang. 
 
Sebaiknya anda jangan sekali pun mencoba atau klik link yang tidak anda kenal tersebut, karena besar kemungkinan bahwa link tersebut merupakan link Phising atau bahkan suatu link download yang berisi malware.

Karena jika perangkat anda telah diserang malware maka tandanya si Hacker sudah dapat mengakses perangkat anda secara bebas, oleh karena itu diharapkan untuk lebih berhati-hati dalam klik link di Telegram.


5. Jangan Gunakan Fitur Berbagi Lokasi

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa di Telegram terdapat sebuah fitur yang memungkinkan bagi setiap pengguna untuk berbagi lokasi dengan pengguna lainnya di sekitar. Memang fitur ini bisa membuat pengguna mendapatkan teman baru di area sekitar, namun tahukah anda bahwa hal tersebut cukup berbahaya.

Telegram

Oleh karena itu, demi menjaga akun Telegram anda selalu aman, sebaiknya jangan mengaktifkan fitur tersebut.



Demikian beberapa hal penting dalam membuat akun Telegram tetap aman dari serangan Hacker, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.







0 Response to "5 Cara Aman Menggunakan Telegram dan Tidak Bisa Di Hack, Wajib Lakukan Ini!"

Post a Comment

Disclaimer

Privacy Policy

Sitemap

Contact