Cara Mengatur dan Mengubah Penyimpanan Telegram ke Kartu SD, Mudah Banget!

 CARA MENGUBAH PENYIMPANAN TELEGRAM DARI INTERNAL KE KARTU SD

Seperti yang kita ketahui, bahwa Telegram saat ini merupakan salah satu aplikasi chatting paling populer dan bahkan mampu bersaing dengan Whatsapp. Hal ini memang sudah tidak mengherankan lagi, mengingat bahwa tak sedikit fitur-fitur di Telegram yang tidak bisa ditemukan di aplikasi Whatsapp.
 
Beberapa fitur populer di Telegram di antaranya adalah fitur Secret Chat dan enkripsi end-to-end yang tentunya membuat percakapan pengguna lebih aman, selain itu Telegram yang menggunakan penyimpanan cloud membuat para pengguna bisa mengirim file dengan ukuran maksimum mencapai 1,5GB sekaligus.
 
 
telegram

Hal tersebutlah membuat banyak orang saat ini lebih suka menggunakan Telegram, terutama untuk membuat grup yang tentunya bisa mencapai ratusan ribu anggota. Bahkan saat ini tak sedikit perusahaan yang juga menggunakan Telegram sebagai aplikasi informasi dan komunikasi, tentunya karena kebutuhan dalam mengirim file berukuran besar.


Penyimpanan di Telegram

Seperti yang kita ketahui, aplikasi chatting Telegram memiliki kelebihan yaitu menggunakan penyimpanan awan, sehingga para pengguna bisa mengirim file hingga mencapai 1,5GB secara langsung.

Hal tersebutlah yang menjadi alasan mengenai mengapa Telegram merupakan tempat yang cocok untuk membuat grup seperti grup berbagi file, terlebih lagi jumlah maksimum anggota grup bisa mencapai hingga ratusan ribu anggota.


Namun adanya penyimpanan awan tersebut tidak menjadi jaminan bahwa penyimpanan ponsel setiap pengguna tidak akan penuh, karena jika anda ingin menerima file maka anda harus mengunduh file tersebut dan menyimpan datanya ke penyimpanan internal ponsel, walaupun untuk file video bisa anda tonton secara langsung tanpa perlu anda unduh.

Hal tersebutlah yang tetap bisa membuat penyimpanan ponsel pengguna penuh, sehingga sangat merepotkan karena apabila penyimpanan ponsel penuh bisa menyebabkan ponsel mengalami masalah dan error.


Cara Mengubah Penyimpanan Telegram ke Kartu SD

Apabila memori internal ponsel anda penuh karena disebabkan oleh file-file di Telegram, maka satu-satunya cara untuk mengatasinya adalah dengan memindahkan lokasi penyimpanan Telegram dari penyimpanan internal ke penyimpanan kartu SD. Untuk caranya, bagi anda yang belum tahu maka bisa langsung mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Namun sebelumnya pastikan terlebih dahulu bahwa aplikasi Telegram anda merupakan yang versi terbaru, jika belum maka anda bisa memperbarui terlebih dahulu di play store atau bisa juga melalui tautan link di bawah ini.



Matikan Download Otomatis Telegram

Untuk mengontrol penyimpanan penuh karena disebabkan oleh file-file di Telegram, maka cara pertama yang harus anda lakukan adalah dengan mematikan terlebih dahulu fitur download file otomatis di Telegram. Caranya pertama buka aplikasi Telegram dan klik garis tiga di bagian pojok kiri atas, lalu pilih menu Pengaturan seperti pada gambar di bawah ini.

 
Kemudian masuk ke menu Data dan Penyimpanan, seperti pada gambar di bawah ini.

telegram

Selanjutnya matikan semua menu pada Unduh media otomatis, seperti contoh pada gambar di bawah ini.

telegram

Dengan demikian anda bisa mengatur file-file mana yang ingin anda terima dan tidak ingin anda terima, untuk file yang ingin anda terima maka anda harus mengunduh secara manual, jadi tidak semua file yang diterima akan langsung diunduh, melainkan harus melalui persetujuan anda terlebih dahulu.


Mengubah Penyimpanan Telegram ke Kartu SD

Untuk memindahkan penyimpanan Telegram ke kartu SD, maka langkah pertama adalah buka pengaturan ponsel anda dan masuk ke menu Aplikasi, seperti pada gambar di bawah ini.

pengaturan ponsel

Kemudian cari dan pilih aplikasi Telegram, seperti pada gambar di bawah ini.

 
Selanjutnya masuk ke menu Penyimpanan, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

telegram


Setelah itu anda tinggal klik Ubah pada menu Disimpan di, seperti pada gambar di bawah ini.

telegram

Langkah terakhir adalah pilih Kartu SD, seperti pada gambar di bawah ini.

telegram


Tunggu proses beberapa saat, dengan demikian lokasi penyimpanan aplikasi Telegram anda akan berubah ke Kartu SD.





Demikian penjelasan lengkap mengenai cara mengatasi atau mengubah penyimpanan Telegram ke kartu SD, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.






0 Response to "Cara Mengatur dan Mengubah Penyimpanan Telegram ke Kartu SD, Mudah Banget!"

Post a Comment

Disclaimer

Privacy Policy

Sitemap

Contact