7 Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Telegram Dibandingkan dengan Whatsapp, Wajib Tahu!

 INILAH KELEBIHAN DAN KEKURANGAN APLIKASI TELEGRAM

Tak bisa dipungkiri, bahwa saat ini pengguna aplikasi Telegram semakin banyak dan terus bertambah secara drastis, bahkan saat ini Telegram menggeser Whatsapp di peringkat aplikasi paling populer di play store. Hal ini tentunya membuat banyak orang bertanya-tanya, terutama mengenai apa sih kelebihan yang dimiliki aplikasi Telegram?.
 
Apakah anda merupakan salah satu orang yang ingin mengetahui aplikasi Telegram? tentunya mengenai kelebihan dan kekurangan yang dimiliki aplikasi Telegram. Pasalnya banyak pengguna yang menanyakan mengenai kelebihan aplikasi Telegram, mengingat para pengguna smartphone sudah tahu bahwa aplikasi chatting paling populer adalah Whatsapp, lalu mengapa Telegram sekarang memiliki banyak pengguna?.

telegram


Daripada kita bingung dan bertanya-tanya tidak jelas, langsung saja kita bahas mengenai kelebihan dan kekurangan yang dimiliki aplikasi Telegram. Yang perlu dipahami, terdapat beberapa fitur yang membuat Telegram lebih bagus daripada Whatsapp, untuk lebih jelasnya kita bahas secara lengkap di bawah ini.


Bagus Mana antara Telegram dengan Whatsapp

Jika membandingkan mengenai mana aplikasi yang paling bagus antara Telegram dan Whatsapp, saat ini bisa dibilang 50-50 atau seimbang. Telegram memiliki fitur yang sangat mendukung dalam berbagi informasi dan tentunya tidak ada di aplikasi Whatsapp, begitu pula Whatsapp juga memiliki fitur yang tidak dimiliki oleh aplikasi Telegram.

Jadi bisa disimpulkan, bahwa kedua aplikasi chatting tersebut bisa saling melengkapi, jadi jika anda ingin memiliki aplikasi chatting yang sangat mendukung dalam berbagi informasi maka anda bisa menggunakan kedua aplikasi tersebut sekaligus.


Jika sudah memiliki akun Whatsapp, apakah bisa membuat akun Telegram?, jawabannya adalah bisa. Hal ini dikarenakan kedua aplikasi tersebut tidak terhubung, jadi anda bisa menggunakan kedua aplikasi chatting tersebut bahkan dengan menggunakan nomor yang sama.


Kepopuleran Telegram

Apa sih yang membuat aplikasi Telegram populer dan memiliki banyak pengguna, padahal notabennya orang sudah tahu bahwa aplikasi chatting yang memiliki pengguna paling banyak adalah Whatsapp.

Selain itu, kabar bahwa ponsel Jeff Bezos (Pendiri Perusahaan Amazon) yang diretas lewat Whatsapp oleh hacker, membuat banyak pengguna beralih ke aplikasi Telegram, bahkan saat ini banyak perusahaan yang menggunakan aplikasi Telegram untuk alat komunikasi bisnis.

Banyaknya perusahaan yang menggunakan Telegram membuat banyak karyawan dan pelamar kerja menggunakan aplikasi Telegram juga, hal inilah yang membuat kepopuleran Telegram meningkat secara drastis.


Kelebihan dan Kekurangan Telegram

Jika anda penasaran mengenai kelebihan dan kekurangan yang dimiliki aplikasi Telegram, langsung saja kita bahas lengkap di bawah ini. Bagi anda yang ingin memiliki aplikasi Telegram, anda bisa download di play store atau bisa juga melalui tautan link di bawah ini.
 
 
 

Kelebihan Aplikasi Telegram

1. Bisa Digunakan dari Banyak Perangkat Sekaligus
Berbeda dengan akun Whatsapp yang hanya bisa digunakan oleh satu perangkat saja walaupun login di banyak perangkat, satu akun Telegram bisa digunakan di banyak perangkat secara bersamaan.

Hal ini tentunya sangat cocok dan mendukung bagi anda yang ingin menggunakan Telegram sebagai aplikasi chatting bisnis, tak heran jika sekarang banyak perusahaan yang menggunakan Telegram sebagai aplikasi chat resmi.


2. Mengirim File Berukuran Besar
Karena Telegram menggunakan penyimpanan berbasis cloud, maka tak heran jika anda bisa mengirim file dengan ukuran mencapai 1,5GB sekaligus. Hal inilah yang membuat Telegram menjadi tempat nonton film online gratis, hal ini dikarenakan banyak pengguna membuat grup berbagi film dan memanfaatkan fitur ini.

Kemampuan mengirim file berukuran besar tersebut tentunya sangat dibutuhkan oleh banyak kalangan, karena banyak data semisal video yang memiliki size besar dan membuat pemiliki video kesulitan dalam mengirim file video tersebut ke teman, hal inilah yang membuat Telegram tampak sempurna sebagai aplikasi chatting.


3. Fitur Keamanan
Perlu diketahui, bahwa Telegram juga memiliki fitur keamanan yang tak kalah dengan Whatsapp, bahkan Telegram juga memiliki pengaman enkripsi end-to-end yang melindungi percakapan pengguna agar selalu privasi.

Selain itu, Telegram juga menyediakan fitur pengaman akun, diantaranya adalah pengaman kunci aplikasi dan pengaman verifikasi 2 langkah. Sehingga anda tidak perlu khawatir akun anda diretas, karena pengaman tersebut sudah cukup kuat.


4. Grup dengan Banyak Anggota
Perlu diketahui, bahwa anda bisa membuat grup yang memiliki jumlah anggota mencapai ratusan ribu, hal ini tentunya lebih unggul daripada grup Whatsapp yang hanya bisa memiliki maksimal 50 anggota.


5. Sticker dan GIF
Sama halnya dengan Whatsapp, di Telegram juga tersedia sticker dan GIF yang bisa digunakan secara langsung. Namun dalam hal ini Telegram lebih unggul, karena Telegram menyediakan stiker bergerak yang unik layaknya Facebook.


6. Fitur Bot
Telegram menyediakan fitur bot yang bisa membantu pengguna dalam kebutuhan chatting, fitur ini bisa anda gunakan untuk mengatur balas chatting otomatis atau untuk membantu mengembangkan dan mengolah grup.


7. Gratis dan Tanpa Iklan
Aplikasi Telegram Gratis layaknya Whatsapp, jadi anda bisa menggunakan aplikasi chatting ini secara bebas tanpa adanya gangguan iklan.

Telegram juga memiliki versi mod yang banyak tersebar di internet, namun sebaiknya anda menggunakan aplikasi versi asli saja karena versi mod bisa dibilang cukup berbahaya dan tidak menjamin keamanan. 
 
 

Kekurangan Aplikasi Telegram

1. Fitur Stories
Pada dasarnya Telegram tidak atau belum memiliki fitur stories layaknya Whatsapp, hal ini tentunya amat disayangkan karena fitur story sangat diminati oleh para pengguna smartphone.

Alasan Telegram belum membuat fitur stories juga belum diketahui, kemungkinan hal ini untuk membedakan Telegram dengan aplikasi Whatsapp.


2. Pengaman Sidik Jari
Telegram juga belum support fitur pengaman sidik jari, jadi beberapa orang beranggapan bahwa Telegram tidak seaman Whatsapp. Namun keamanan akun tetap tergantung oleh pemilik akun sendiri, terutama pemilik akun harusnya paham mengenai cara terhindar dari peretas.
 
 
 
Demikian beberapa kelebihan dan kekurangan aplikasi Telegram, aplikasi ini diprediksi bisa menjadi aplikasi favorit banyak orang. Jika dibilang bagus mana antara Telegram dengan Whatsapp?
 
Tomtekno sendiri beranggapan bahwa kedua aplikasi tersebut saat ini bisa dibilang saling melengkapi, jadi untuk pengalaman chatting dan berbagi informasi yang sempurna maka anda wajib memiliki kedua aplikasi tersebut. Sekian yang dapat Tomtekno sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.








0 Response to "7 Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Telegram Dibandingkan dengan Whatsapp, Wajib Tahu!"

Post a Comment

Disclaimer

Privacy Policy

Sitemap

Contact