Telegram Menghabiskan Banyak Kuota Internet, Bagini Cara Mudah Mengatasinya!

 CARA AGAR APLIKASI TELEGRAM HEMAT KUOTA

Telegram merupakan aplikasi chatting yang paling populer saat ini, bahkan sekarang Telegram bisa dibilang sudah menyaingi atau bahkan lebih unggul dari Whatsapp, mengingat bahwa Telegram sekarang peringkatnya di atas Whatsapp sebagai aplikasi paling populer di play store. Namun dalam segi jumlah download terbanyak, maka Whatsapp masih unggul dari Telegram.
 
Beberapa hal yang membuat aplikasi Telegram populer diantaranya adalah tempat nonton film gratis, bisa untuk mengirim file dengan ukuran besar secara langsung, jumlah maksimum anggota grup mencapai ratusan ribu, hingga banyak yang mengatakan bahwa pengguna bisa mencari pendapatan di Telegram menggunakan bot di Telegram.

telegram


Tak heran jika sekarang sudah banyak orang yang mulai menggunakan aplikasi Telegram, terlebih lagi hal ini juga disebabkan karena banyak perusahaan dan komunitas yang menggunakan Telegram sebagai alat berbagi informasi dan membuat grup.



Fitur Penyimpanan di Telegram

Telegram memiliki satu fitur unggulan dalam segi penyimpanan, yaitu menggunakan penyimpanan awan. Dengan Telegram menggunakan penyimpanan awan, maka para pengguna dipastikan bisa mengirim file dengan ukuran maksimum 1,5GB secara langsung, tentunya hal ini sangat membantu bagi para pengguna dalam berbagi informasi dan data.

Adanya penyimpanan awan itu juga bisa membuat pengguna lebih mudah dan tidak membebani penyimpanan ponsel, karena pengguna bisa melihat file yang diterima tanpa harus mengunduh dan menyimpannya terlebih dahulu. Hal inilah yang membuat banyak orang menyukai Telegram, dan tak heran jika Telegram memiliki banyak grup berbagi film.


Telegram Boros Kuota Internet

Banyak pengguna yang merasakan bahwa Telegram sangat boros dan menghabiskan kuota internet, walaupun sebenarnya hal tersebut tetap tergantung para pengguna dalam menggunakan Telegram.

Tomtekno sendiri tidak merasa heran akan hal tersebut, namun untuk masalah Telegram yang boros akan kuota internet sebenarnya masih bisa diatasi dengan beberapa cara. Di artikel kali ini Tomtekno akan membagikan beberapa tips yang bisa anda coba agar lebih hemat kuota internet ketika menggunakan Telegram, jika anda mengalami masalah boros kuota di Telegram, maka anda bisa mencoba cara-cara berikut ini.


Namun sebelumnya pastikan terlebih dahulu bahwa anda menggunakan aplikasi Telegram versi terbaru, jika belum maka anda bisa memperbarui terlebih dahulu di play store atau bisa juga melalui tautan link di bawah ini.



Cara Mengatasi Telegram Boros Kuota Internet

1. Matikan Fitur Download Otomatis

Sama halnya dengan Whatsapp, Telegram juga memiliki fitur download otomatis pada file yang diterima. Jika fitur tersebut aktif di Telegram anda, maka file apa pun yang dikirim ke Telegram anda akan di-download secara otomatis. Tentunya hal ini bisa membuat kuota internet boros, karena file-file tidak penting yang dikirim ke anda akan ter-download secara otomatis.

Untuk mengatasi masalah ini tentunya anda hanya perlu menonaktifkan fitur tersebut, namun caranya sedikit tersembunyi dan rasanya sedikit sulit bagi pengguna yang awam. Untuk cara mematikan fitur download otomatis, maka anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.



Pertama buka aplikasi Telegram dan klik garis tiga di bagian pojok kiri atas, lalu pilih menu Pengaturan seperti pada gambar di bawah ini.

Telegram


Kemudian pilih menu Data dan Penyimpanan, seperti pada gambar di bawah ini.

Telegram

Langkah terakhir adalah anda tinggal mematikan fitur-fitur pada menu Unduh media otomatis, seperti pada gambar di bawah ini.

telegram


Dengan demikian file-file yang anda terima tidak akan diunduh secara otomatis, melainkan melalui persetujuan anda terlebih dahulu. Sehingga anda bisa lebih menghemat kuota internet saat menggunakan Telegram.


2. Kurangi Nonton Film di Telegram

Tak sedikit orang yang menggunakan Telegram dikarenakan hanya untuk menonton film secara online di grup-grup Telegram, namun perlu diingat bahwa menonton film secara online tentunya bisa menguras kuota internet yang anda miliki. Jika anda ingin menonton film tersebut, sebaiknya anda download saja walaupun akan menyita kuota internet dan memori ponsel anda.

Dengan mendownload film yang ingin anda tonton di grup Telegram, hal ini lebih hemat kuota internet jika dibandingkan anda menonton film tersebut secara online. Atau anda sebaiknya menggunakan wifi atau paket unlimited saja jika anda suka menonton film secara online.


3. Gabung Grup Secukupnya

Jika anda ingin menghemat kuota saat menggunakan Telegram, maka pastikan bahwa anda hanya bergabung grup Telegram secukupnya saja dan yang anda anggap grup penting. Karena semakin banyak grup Telegram anda terutama grup yang aktif, maka akan banyak pesan yang masuk dan tentunya bisa membuat Telegram anda boros kuota internet.



Demikian beberapa cara mengatasi Telegram yang boros kuota internet, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.





0 Response to "Telegram Menghabiskan Banyak Kuota Internet, Bagini Cara Mudah Mengatasinya!"

Post a Comment

Disclaimer

Privacy Policy

Sitemap

Contact