Penyebab Lag dan Lambat saat Mengedit Video di CapCut, Begini Cara Mengatasinya!

 CARA MENGATASI LAG SAAT MENGEDIT DI CAPCUT

CapCut merupakan salah satu aplikasi edit video paling populer di play store saat ini, bahkan aplikasi ini masih bertahan di 10 besar aplikasi paling populer di play store yang tentunya menandakan bahwa banyak sekali orang yang download dan menggunakan aplikasi ini, terutama untuk kebutuhan edit video di smartphone.
 
Di zaman sekarang, kebutuhan orang dalam kegiatan editing video khususnya untuk perangkat smartphone tentunya sangat besar. Mulai dari untuk postingan media sosial Instagram dan TikTok, untuk kebutuhan story, hingga untuk kebutuhan Youtube, jadi tak heran jika banyak orang yang mencari dan memilih aplikasi edit video terbaik di smartphone yang mendukung kebutuhan tersebut.
 
capcut

 
Terlebih lagi aplikasi CapCut bisa di unduh secara gratis dan bisa digunakan secara gratis pula tanpa harus berlangganan, dengan fitur editing yang terbilang sangat lengkap untuk kelas aplikasi edit video di smartphone, tentunya tak heran jika aplikasi CapCut memiliki banyak sekali pengguna.
 
 

Fitur Edit di CapCut

Seperti yang kita ketahui bahwa CapCut memiliki fitur edit video yang cukup lengkap untuk sekelas aplikasi smartphone, bahkan tidak adanya watermark pastinya menjadi alasan utama bagi banyak orang yang menyukai aplikasi ini.
 
Seperti yang kita ketahui bahwa CapCut memiliki fitur edit video yang cukup lengkap untuk sekelas aplikasi smartphone, bahkan tidak adanya watermark pastinya menjadi alasan utama bagi banyak orang yang menyukai aplikasi ini.
 
 
Mengingat sangat mudahnya mengedit video di CapCut dengan hasil yang cukup bagus bahkan untuk kelas pemula, tak heran jika hampir semua pengguna TikTok juga menggunakan aplikasi CapCut sebagai aplikasi edit video.
 
 

Mengedit Video Menggunakan CapCut

CapCut saat ini bisa dibilang merupakan salah satu aplikasi edit video paling sempurna di smartphone, khususnya untuk kebutuhan edit video pendek dan karena memiliki fitur-fitur yang sangat lengkap. Bahkan aplikasi edit video ini memiliki keunggulan yaitu bisa digunakan secara gratis, berbeda dengan kebanyakan aplikasi edit video lainnya yang biasanya harus berlangganan terlebih dahulu untuk fitur full.

Bahkan para pengguna baru atau pemula tidak akan kesulitan dalam mengedit video menggunakan CapCut, mengingat di CapCut juga tersedia fitur template yang bisa membantu pengguna lebih mudah dalam mengedit video, tentunya dengan hasil editan yang bagus.



Walaupun bisa dibilang merupakan aplikasi yang sempurna, namun tidak menutupi kemungkinan bahwa penggunanya tidak akan mendapati kendala saat menggunakan aplikasi tersebut. Salah satu masalah yang sering ditemui oleh pengguna CapCut adalah masalah lag atau lambat saat mengedit di CapCut, terutama lag saat menggunakan efek-efek saat mengedit di CapCut.

Lantas apa sih yang menyebabkan lag saat mengedit di CapCut? terus bagaimana sih cara untuk mengatasinya? untuk lebih jelasnya mengenai cara mengatasi lag atau lambat saat mengedit di CapCut, langsung saja anda bisa menyimak penjelasannya di bawah ini.


Penyebab dan Cara Mengatasi Lag di CapCut

1. Bug

Masalah kendala suatu aplikasi bisa saja terjadi karena adanya suatu bug pada aplikasi tersebut, bug tersebut bisa terjadi karena pengguna sudah lama atau tidak memperbarui aplikasi tersebut ke versi terbaru.
 
Oleh karena itu, anda harus selalu memastikan bahwa aplikasi CapCut anda merupakan versi terbaru, sehingga bisa terhindar dari masalah bug aplikasi. Jika belum versi terbaru, anda bisa memperbarui terlebih dahulu di play store atau bisa juga melalui tautan link di bawah ini.
 
 
 

2. RAM Ponsel Penuh

Mengedit video menggunakan smartphone tentunya akan ruang RAM yang cukup banyak, terutama ketika proses ekstrak video. Apabila anda mendapati lag saat mengedit video di CapCut biasanya karena disebabkan oleh RAM ponsel anda yang penuh karena banyaknya program atau aplikasi ponsel yang berjalan.

Jika memang hal inilah penyebab dari lag saat menggunakan CapCut, maka cara untuk mengatasinya adalah dengan uninstall beberapa aplikasi yang anda anggap tidak perlu, atau bisa dengan menabung untuk bisa membeli ponsel yang memiliki kapasitas RAM yang lebih besar 😋.


3. Ukuran Video Terlalu Besar

Penyebab lag saat menggunakan CapCut selanjutnya adalah karena disebabkan oleh ukuran file video yang diedit terlalu besar, misalnya video yang ingin anda edit berukuran hingga ratusan MB atau bahkan 1 GB.

Tentunya ukuran video yang terlalu besar dapat membuat proses memuat video menjadi lambat, sehingga proses edit anda bisa terasa lag atau lambat.


4. Koneksi Anda Bermasalah

Perlu diketahui bahwa untuk bisa menggunakan beberapa fitur di CapCut seperti efek dan animasi maka anda harus download atau online terlebih dahulu, setelah animasi sudah pernah anda gunakan secara online maka datanya akan terdownload dan bisa anda gunakan secara offline.

Namun jika anda merasa sulit atau lag saat menggunakan animasi di CapCut, bisa dipastikan bahwa koneksi internet anda sedang bermasalah atau sedang tidak stabil. Anda bisa berpindah posisi ke tempat yang bisa membuat sinyal internet anda lebih bagus, sehingga anda bisa menggunakan CapCut dengan lancar.



Demikian beberapa penyebab dan cara mengatasi lag saat menggunakan aplikasi CapCut, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.






0 Response to "Penyebab Lag dan Lambat saat Mengedit Video di CapCut, Begini Cara Mengatasinya!"

Post a Comment

Disclaimer

Privacy Policy

Sitemap

Contact