2 Cara Mudah Menghapus Background Video di CapCut, Pemula Langsung Bisa!

 CARA MENGHAPUS BACKGROUND VIDEO DI CAPCUT

CapCut merupakan salah aplikasi edit video paling populer di play store saat ini, bahkan aplikasi ini masih bertahan di 10 besar aplikasi paling populer di play store yang tentunya menandakan bahwa banyak sekali orang yang download dan menggunakan aplikasi ini, terutama untuk kebutuhan edit video di smartphone.
 
Di zaman sekarang, kebutuhan orang dalam kegiatan editing video khususnya untuk perangkat smartphone tentunya sangat besar. Mulai dari untuk postingan media sosial Instagram dan TikTok, untuk kebutuhan story, hingga untuk kebutuhan Youtube, jadi tak heran jika banyak orang yang mencari dan memilih aplikasi edit video terbaik di smartphone yang mendukung kebutuhan tersebut.
 
 
capcut

Terlebih lagi aplikasi CapCut bisa di unduh secara gratis dan bisa digunakan secara gratis pula tanpa harus berlangganan, dengan fitur editing yang terbilang sangat lengkap untuk kelas aplikasi edit video di smartphone, tentunya tak heran jika aplikasi CapCut memiliki banyak sekali pengguna.
 
 

Fitur Edit di CapCut

Seperti yang kita ketahui bahwa CapCut memiliki fitur edit video yang cukup lengkap untuk sekelas aplikasi smartphone, bahkan tidak adanya watermark pastinya menjadi alasan utama bagi banyak orang yang menyukai aplikasi ini.
 
Selain itu, di CapCut tersedia banyak template buatan para pengguna CapCut yang tentunya bisa membantu anda untuk lebih mudah dalam mengedit video. Bahkan aplikasi CapCut bisa terhubung langsung dengan TikTok, jadi anda bisa langsung membagi hasil editan ke akun TikTok anda dengan mudah.
 
 
Mengingat sangat mudahnya mengedit video di CapCut dengan hasil yang cukup bagus bahkan untuk kelas pemula, tak heran jika hampir semua pengguna TikTok juga menggunakan aplikasi CapCut sebagai aplikasi edit video.
 
 

Mengedit di CapCut

Seperti yang kita ketahui, bahwa CapCut menjadi pilihan dari banyak pengguna smartphone dalam mengedit video. Mulai dari untuk kebutuhan konten video di TikTok, postingan Instagram, hingga untuk story, jadi tak heran jika hampir semua pengguna TikTok juga menggunakan aplikasi CapCut.
 
CapCut digunakan untuk mengedit beberapa tipe video editan dan terutama editan-editan video pendek, seperti contohnya CCP, story, konten TikTok dan Instagram, dan lain-lain. Mengingat CapCut sangat mendukung dan cocok untuk digunakan dalam jenis pengeditan-pengeditan video tersebut, tak heran jika hampir semua pengguna TikTok juga menggunakan aplikasi CapCut.
 
 
Dalam melakukan pengeditan video, maka anda harus bisa beberapa hal dalam pengeditan, terutama hal-hal yang paling sering dilakukan ketika mengedit video. Seperti misalnya melakukan pengeditan pada suara video, paham akan preset dan efek-efek saat mengedit, hingga tahu cara menghilangkan background video.
 
Namun perlu diketahui bahwa dalam menghilangkan backgorund video anda harus paham akan beberapa hal, yang pastinya bisa merepotkan apabila anda belum tahu mengenai cara menghilangkan background video terutama menggunakan aplikasi CapCut. Untuk lebih jelasnya, langsung saja kita bahas lengkap di bawah ini.
 
 

Cara Menghilangkan Background Video di CapCut

Dalam cara menghilangkan latar belakang video menggunakan CapCut, maka anda harus paham akan beberapa hal terlebih dahulu, diantaranya sebagai berikut:

1. Menggunakan Green Screen

Jika anda ingin video anda bisa langsung dihilangkan latar belakangnya, maka anda bisa menggunakan Green Screen saat melakukan perekaman. Green Screen ini berupa kain berwarna hijau yang diletakkan di belakang anda saat melakukan perekaman, biasanya sering digunakan oleh para Youtuber atau konten creator.

Setelah video selesai anda rekam, maka anda tinggal menggunakan suatu fitur bernama Chroma Key di CapCut untuk menghilangkan warna hijau pada background video. Untuk caranya, anda klik terlebih dahulu project video yang dengan latar belakang hijau pada pengeditan, lalu pilih menu Kunci Kroma.

Cara menggunakan chroma key di CapCut
Setelah itu anda bisa menggeser pada bagian reset hingga penuh, seperti pada gambar di bawah ini.

capcut

Dengan demikian, bagian video berwarna hijau atau background video akan secara otomatis diseleksi dan dihilangkan.

Jika video atau footage yang anda gunakan tidak memiliki latar belakang hijau, maka anda harus membuatnya secara manual. Artinya anda harus membuat latar belakang video menjadi hijau yang artinya anda harus mengedit 2 kali.

Untuk caranya disebut sebagai Rotoscoping, atau membuat latar belakang menjadi hijau pada suatu video. Anda bisa menggunakan bantuan suatu aplikasi bernama FlipaClip yang bisa anda download secara gratis di play store, atau bisa juga melalui tautan link di bawah ini.



Untuk cara Rotoscoping video menggunakan FlipaClip, caranya bisa anda pelajari di Youtube agar lebih jelas, karena caranya sedikit rumit namun akan sangat mudah jika anda sudah terbiasa nantinya.


2. Gunakan Aplikasi Logo Maker Plus

Jika anda ingin menghilangkan background pada suatu foto yang merupakan bahan edit video anda, maka anda bisa menggunakan bantuan suatu aplikasi bernama Logo Maker Plus, anda bisa download aplikasinya secara gratis di play store atau bisa juga melalui tautan link di bawah ini.



Untuk cara melakukannya, anda hanya tinggal menghapus background foto secara manual, lalu menyimpan hasilnya dalam format PNG. Dengan demikian tidak akan ada background pada foto tersebut, sehingga anda bisa menggunakan foto tersebut untuk pengeditan di CapCut.


Demikian cara menghilangkan background video di aplikasi CapCut, semoga artikel ini bisa membantu anda dalam mengedit video dan terima kasih telah berkunjung.









0 Response to "2 Cara Mudah Menghapus Background Video di CapCut, Pemula Langsung Bisa!"

Post a Comment

Disclaimer

Privacy Policy

Sitemap

Contact