Cara mengatasi Tidak Bisa Buka Foto atau Video di Messenger atau Messenger Lite

 INILAH YANG MENYEBABKAN TIDAK BISA KIRIM FOTO ATAU VIDEO DI MESSENGER

Messenger merupakan aplikasi chatting khusus buatan Facebook yang terhubung secara langsung dengan akun Facebook, tak heran jika hampir semua pengguna Facebook memiliki aplikasi Messenger, terutama karena untuk bisa chatting secara pribadi antar sesama pengguna Facebook.
 
Layaknya aplikasi chatting lainnya, Messenger juga memiliki fitur yang tak kalah dengan aplikasi chatting lainnya, diantaranya adalah fitur telepon dan video call, fitur berbagi file, hingga fitur forum atau video call grup. Namun bedanya aplikasi ini tidak memiliki fitur enkripsi end-to-end, sehingga anda bisa mendapati iklan di dalam aplikasi tersebut.
 
 
messenger

Apakah anda juga menggunakan aplikasi Messenger? jika iya, pastinya anda setuju jika aplikasi ini merupakan saksi bisu bagi banyak pengguna Facebook yang mencari teman baru atau bahkan mencari pasangan, termasuk Tomtekno sendiri dahulu juga pernah melakukannya, tentunya di masa-masa cinta monyet hehe 😁.
 
Seberapa puaskah pengalaman anda selama menggunakan aplikasi Messenger? bisa ceritakan di kolom komentar ya.


Masalah di Aplikasi Messenger

Setiap aplikasi tentunya tidak ada yang 100% sempurna, pasti pernah mengalami bug atau masalah-masalah lainnya. Contohnya dahulu Messenger dibekali fitur game yang bisa dimainkan secara langsung oleh pengguna secara online, bahkan pengguna bisa bermain game bersama teman Facebook.

Namun Facebook pada akhirnya menghilangkan fitur game tersebut karena alasan game tersebut malah membuat aplikasi Messenger menjadi sangat berat dan sering terjadi masalah, alhasil fitur game tersebut dihilangkan dengan tujuan membuat aplikasi Messenger menjadi aplikasi chatting yang lebih sempurna.


Beberapa masalah lainnya yang paling sering ditemui oleh pengguna adalah masalah tidak bisa membuka foto atau video yang diterima, tentunya hal ini membuat beberapa pengguna yang mengalaminya merasa kebingungan, terutama para pengguna yang awam.

Sebenarnya terdapat beberapa penyebab dan cara mengatasi hal tersebut, untuk lebih jelasnya langsung saja kita bahas secara lengkap cara-caranya di bawah ini.


1. Koneksi Internet Lemah

Ketika anda mendapati masalah tidak bisa melihat foto dan video yang dikirim melalui Messenger, hal pertama yang harus anda pastikan adalah dengan memastikan bahwa koneksi internet anda tidak lemah dan harus stabil.

Karena masalah seperti ini sering terjadi ketika sinyal internet sedang mengalami gangguan, atau lebih tepatnya sering terjadi pada pengguna yang berlokasi di luar kota besar, tentunya pengguna yang sering mengalami masalah pada koneksi internet.


Untuk solusi dan memastikan bahwa masalah tersebut memang disebabkan koneksi internet, anda bisa meminta tethering internet pada teman anda yang menggunakan provider berbeda, jika anda bisa membuka file yang anda terima di Messenger, berarti memang benar bahwa koneksi andalah yang menjadi masalah utama.


2. Menggunakan Mode Gratis

Perlu diketahui bahwa masalah tidak bisa membuka foto dan video yang diterima di Messenger bisa terjadi karena sedang menggunakan mode gratis Messenger, karena bisa jadi anda lupa bahwa anda sedang menggunakan koneksi mode gratis di Messenger.

Untuk mengatasi hal ini, tentunya anda harus beralih ke mode data dan dengan demikian anda bisa membuka file-file yang anda terima di Messenger. Bagi manusia, lupa merupakan hal yang sangat wajar, bahkan Tomtekno juga sering mengalami lupa 😁.


3. Bug Aplikasi

Walaupun kemungkinannya kecil, tapi masalah tidak bisa membuka file yang diterima tersebut bisa terjadi karena adanya bug di aplikasi Messenger, tentunya bug bisa terjadi karena pengguna jarang atau bahkan tidak pernah memperbarui aplikasi Messenger tersebut.

Oleh karena itu, ketika ada pembaruan aplikasi terutama aplikasi Messenger, sebaiknya segera perbarui karena biasanya di setiap pembaruan ada perbaikan bug yang ada di aplikasi, anda bisa memperbarui aplikasi Messenger di play store atau bisa juga melalui tautan link di bawah ini.



4. Perizinan Akses Aplikasi

Jika ketika hal di atas bukanlah solusi yang tepat, berarti masalah tersebut terjadi karena anda belum mengizinkan aplikasi Messenger mengakses fitur media ponsel. Untuk mengecek atau mengizinkannya, anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Pertama buka pengaturan ponsel dan masuk ke menu pengaturan aplikasi, lalu pilih aplikasi Messenger dan masuk ke menu Izin, seperti pada gambar di bawah ini.

messenger

Selanjutnya anda tinggal geser ke toggle ke kanan pada Penyimpanan untuk mengizinkan Messenger mengakses media pada ponsel anda, dengan demikian anda bisa membuka foto atau video yang anda terima di Messenger, seperti pada gambar di bawah ini.

messenger




Demikian beberapa cara mengatasi masalah tidak bisa membuka foto atau video di Messenger, semoga artikel ini bisa membantu dan terima kasih telah berkunjung.








0 Response to "Cara mengatasi Tidak Bisa Buka Foto atau Video di Messenger atau Messenger Lite"

Post a Comment

Disclaimer

Privacy Policy

Sitemap

Contact