4 Cara Mengatasi Telegram Tidak Bisa Kirim File Foto, Video, atau Dokumen, Ternyata?

 CARA MENGATASI TIDAK BISA KIRIM FILE FOTO DAN VIDEO DI TELEGRAM

Dari banyaknya aplikasi chatting atau media sosial di play store, Telegram merupakan salah satu aplikasi chatting paling populer saat ini. Bahkan akhir-akhir ini banyak pengguna smartphone yang mulai menggunakan Telegram untuk chatting, sehingga peringkat Telegram di play store naik secara drastis.
 
Berbagai macam fitur dan keunggulan Telegram yang tidak dimiliki oleh aplikasi lain, menjadi nilai tambah dan alasan bagi orang-orang dalam menggunakan aplikasi Telegram. Fitur penyimpanan cloud yang diusung Telegram membuat para pengguna bisa mengirim file dengan ukuran mencapai 1,5GB, tentunya sangat sempurna dalam bidang aplikasi berbagi informasi.
 
 
aplikasi telegram

Namun fitur sempurna tersebut bukan berarti para pengguna tidak akan pernah mendapati masalah saat mengirim file di Telegram, masalah gagal mengirim file juga sering terjadi bagi para pengguna yang ingin berbagi data melalui Telegram.
 
 

Masalah Tidak Bisa Kirim File di Telegram

Walaupun masalah tidak dapat mengirim file di Telegram hanya dialami sebagian pengguna, namun banyaknya pengguna Telegram saat ini membuat masalah ini terasa sering dialami oleh pengguna. Tentunya akan sangat merepotkan jika anda kesulitan atau tidak bisa dalam mengirim file penting melalui Telegram.

Dalam mengatasi masalah ini sebenarnya cukup mudah, namun terlihat sulit bagi anda yang baru menggunakan Telegram atau masih awam mengenai teknologi. Terdapat beberapa cara beserta solusi yang bisa anda gunakan untuk mengatasi masalah ini, langsung saja untuk lebih jelasnya kita bahas lengkap di bawah ini.


Cara Mengatasi Tidak Bisa Kirim File di Telegram

Cara-cara berikut kemungkinan bisa mengatasi masalah anda, langsung saja untuk lebih jelasnya kita bahas di bawah ini.


1. Mengecek Kuota Internet

Hal pertama yang harus anda lakukan dalam mengatasi masalah ini adalah dengan mengecek kuota internet anda, bisa jadi masalah ini terjadi karena kuota internet anda habis. Tak sedikit pengguna smartphone yang jarang mengecek sisa kuota internet, sehingga kebingungan ketika masalah seperti ini tiba-tiba terjadi.

Jika anda menggunakan paket internet unlimited, sebenarnya tetap ada pembatasan penggunaan yaitu FUP (Fair Usage Policy). Batas yang dimaksud seperti batas penggunaan maksimum 500MB/hari atau 1GB/hari dan lain-lain, sehingga paket unlimited tidak sepenuhnya tanpa batas penggunaan.


Jika batas penggunaan anda telah habis, maka internet anda akan lemot dan kesulitan atau bahkan tidak bisa berbagi file, namun akan kembali ke kondisi normal setelah keesokan hari.


2. Koneksi Tidak Stabil

Koneksi internet yang tidak stabil juga bisa membuat anda kesulitan dalam mengirim file di Telegram, semakin besar ukuran file akan semakin terasa masalah tersebut. Untuk mengetahui apakah koneksi anda bermasalah, anda bisa mengunjungi situs (https://fast.com/id/) menggunakan browser anda.

Setelah berhasil masuk ke dalam situs, maka situs tersebut akan secara otomatis mengecek kekuatan internet yang anda gunakan, seperti pada gambar di bawah ini.

kecepatan internet


Jika kecepatan internet anda di bawah 1Mbps, maka dapat dipastikan bahwa internet anda dalam kondisi di bawah rata-rata dan bisa menjadi bermasalah. Untuk mengatasi hal ini, anda bisa mengganti provider dan paket internet terbaik sesuai dengan lokasi anda. Selain itu, pastikan lokasi anda terjangkau oleh jaringan 4G.


3. Pembaruan Aplikasi

Jika koneksi internet bukanlah penyebab masalah terjadi, maka anda perlu mengecek pembaruan aplikasi. Perlu diketahui, bahwa memperbarui aplikasi ke versi paling baru merupakan hal yang sangat penting. Aplikasi yang jarang diperbarui bisa menyebabkan crash atau error pada aplikasi tersebut, bahkan kinerja aplikasi pun terasa tidak normal.

Jika anda mengalami masalah pada suatu aplikasi seperti Telegram atau aplikasi lainnya, maka pastikan bahwa anda memperbarui aplikasi tersebut ke versi paling baru. Untuk cara melakukan pembaruan aplikasi, anda bisa melalui play store atau bisa juga melalui tautan link di bawah ini.



4. Ukuran File Terlalu Besar

Telegram memiliki batas dalam mengirim ukuran file yaitu 1,5GB, jadi jika anda mengirim file dengan ukuran melebihi 1,5GB maka anda tidak bisa mengirim file tersebut. Jadi pastikan bahwa ukuran file anda tidak melebihi batas tersebut, serta mengirim file satu per satu agar tidak terjadi error atau pending.



Demikian cara mengatasi tidak dapat mengirim file di aplikasi Telegram, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.







0 Response to "4 Cara Mengatasi Telegram Tidak Bisa Kirim File Foto, Video, atau Dokumen, Ternyata?"

Post a Comment

Disclaimer

Privacy Policy

Sitemap

Contact