Cara Mengatasi Lag atau Patah-patah saat Mengedit Video di InShot, Mudah Banget!

 CARA MENGATASI PATAH-PATAH SAAT EDIT VIDEO DI INSHOT

InShot saat ini memang menjadi salah satu aplikasi edit video yang populer di play store, rata-rata pengguna aplikasi ini adalah para pengguna media sosial TikTok dan Instagram. Banyaknya pengguna media sosial tersebut membuat aplikasi ini sangat terkenal, tak heran jika banyak orang yang download aplikasi ini.
 
Aplikasi InShot terkenal memiliki efek dan filter-filter keren, sehingga aplikasi ini sangat cocok untuk edit video simple seperti quote disertai musik dan semacamnya. Tentunya video-video tersebut sangat cocok untuk di-upload di media sosial tersebut, terlebih lagi aplikasi editnya yang simple saat digunakan namun bisa menghasilkan video keren.
 
 
aplikasi inshot

Selain edit video biasa, anda bisa mengedit video kolase foto menggunakan template yang sudah disediakan di aplikasi tersebut. Tentunya edit video semacam ini sangat cocok bagi anda yang ingin mengabadikan kumpulan foto anda menjadi video yang menarik dan keren.
 
 

Masalah Lag Saat Mengedit

Apakah anda pernah mengalami lag atau patah-patah saat mengedit video di InShot? tentunya lag akan sangat mengganggu kelancaran edit video anda atau bahkan membuat mood anda dalam mengedit menurun.

Dalam mencari penyebab lag terjadi, tentunya anda harus memahami terlebih dahulu beberapa hal yang bisa menimbulkan lag saat mengedit di InShot, sehingga nantinya anda bisa mendapatkan solusi dalam mengatasi lag atau patah-patah tersebut. Untuk hal dan cara mengatasi lag saat mengedit video di InShot, kita bahas secara lengkap di bawah ini.


Cara Mengatasi Lag Saat Edit Video di InShot


Lag tentunya bisa membuat si pengguna smartphone bingung, karena spesifikasi ponsel dengan RAM besar tidak menjamin bahwa ponsel tersebut tidak akan menemui lag atau patah-patah. Langsung saja, berikut penyebab dan solusi mengatasi lag atau patah-patah saat mengedit di aplikasi InShot.

Namun sebelum ke topik utama, sebaiknya aplikasi InShot anda ada dalam versi yang terbaru. Anda bisa update aplikasi melalui play store atau bisa melalui tautan link di bawah ini.


1. Edit Saat Online

Mengedit video saat online tentunya bisa membuat kinerja ponsel semakin berat, walaupun ponsel anda memiliki spesifikasi yang mempuni. Pasalnya ketika ponsel anda online maka banyak aplikasi pada smartphone anda yang aktif, sehingga notifikasi seperti chatting dan yang lainnya banyak bermunculan saat anda sedang mengedit.

Selain itu, ketika ponsel anda sedang online, maka bisa dipastikan bahwa RAM ponsel anda penuh. Hal ini tentunya menghambat dan bisa menyebabkan lag saat mengedit video, karena mengedit video membutuhkan ruang kosong yang cukup banyak pada RAM.

Solusi: Jadi ketika anda sedang mengedit di InSHot, sebaiknya jangan dalam kondisi online agar terhindar dari risiko patah-patah.


2. Memori Internal dan RAM Ponsel Penuh

Memori internal ponsel yang penuh bisa menyebabkan kinerja ponsel menjadi lambat dan terasa berat saat dioperasikan, hal ini tentunya juga terasa ketika anda mengedit video di InShot saat memori anda penuh. Untuk ponsel normal, setidaknya memiliki 10% ruang kosong agar kinerja ponsel tetap terjaga dan tidak lemot.

memori penuh


Selain memori internal, RAM penuh juga bisa mengakibatkan ponsel terasa sangat lemot. Terlebih lagi mengedit video membutuhkan ruang RAM yang cukup besar, efek paling fatalnya adalah bisa membuat aplikasi keluar sendiri.

Solusi: Untuk menjaga kinerja ponsel tetap stabil dan tidak lemot, sebaiknya uninstall saja aplikasi yang tidak berguna di ponsel anda untuk mengontrol RAM, serta hapus saja data-data foto atau video yang tidak penting agar memori internal tidak penuh.


3. Banyaknya Sampah dan Cache pada Ponsel

Sampah dan Cache pada ponsel seringkali menjadi tersangka mengenai lemotnya kinerja ponsel, sehingga untuk mengatasinya anda harus membersihkan sampah dan cache yang bisa membuat memori internal ponsel anda penuh. Dengan membersihkan sampah dan cache, maka anda bisa mengurangi memori internal penuh yang bisa menjadi penyebab lag.
 
Solusi: Anda bisa menggunakan aplikasi Nox Cleaner untuk membersihkan sampah dan cache pada ponsel, anda bisa download aplikasi tersebut di play store atau bisa juga melalui tautan link di bawah ini.
 
 
 

4. Spesifikasi Ponsel

Ketika anda mengedit video, spesifikasi ponsel sangat memengaruhi kelancaran proses mengedit. Anda harus paham patokan kemampuan ponsel anda, contohnya jika ponsel anda hanya memiliki spesifikasi standar maka jangan mengedit file video berukuran besar dan berdurasi lama yang bisa menyebabkan lag atau patah-patah saat mengedit.


5. File Terlalu Besar

Selain itu, ukuran file video yang terlalu besar juga bisa berpengaruh akan kelancaran proses mengedit anda. Semakin besar file video anda maka semakin besar risiko lag saat mengedit, walaupun hal ini bisa diatasi dengan ponsel yang memiliki spesifikasi besar.

Solusi: Jika anda ingin mengedit file video yang berukuran besar, pastikan spesifikasi ponsel anda cukup mempuni untuk mengedit file sebesar itu.


6. Bug

Hal terakhir yang bisa menyebabkan lag saat anda mengedit video di InShot adalah adanya bug di aplikasi tersebut, oleh karena itu anda harus segera memperbarui aplikasi ke versi terbaru jika aplikasi tersebut meminta pembaruan. Bug yang terjadi bisa dalam bentuk aplikasi error atau bisa juga kinerja aplikasi yang menjadi lambat.



Demikian cara mengatasi lag atau patah-patah saat mengedit video di InShot, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.









0 Response to "Cara Mengatasi Lag atau Patah-patah saat Mengedit Video di InShot, Mudah Banget!"

Post a Comment

Disclaimer

Privacy Policy

Sitemap

Contact