Mengenal Fungsi, Pengertian, dan Cara Kerja Firewall di Komputer, Benteng Pertahanan Komputer!

PENGERTIAN, FUNGSI, DAN CARA KERJA FIREWALL DI KOMPUTER

Fitur Firewall memiliki fungsi yang sangat penting di komputer dan semua komputer atau laptop pasti memiliki Firewall, fungsi Firewall adalah menjaga dan melindungi perangkat dari ancaman Malware berbahaya, Virus, serta hacker.


Namun sayangnya banyak pengguna yang sengaja mematikan fitur Firewall tersebut karena beberapa alasan diantaranya ketika instalasi software, padahal fitur ini sangat tidak dibolehkan untuk dimatikan.

Nah, jika anda ingin mengetahui lebih detail mengenai pengertian, fungsi, dan cara kerja Firewall di komputer, langsung saja kita bahas lengkap di bawah ini.


Mengenal Apa Itu Firewall?

Firewall atau tembok api merupakan suatu sistem yang dirancang untuk mencegah akses yang tidak diinginkan dari atau ke dalam suatu jaringan internal. Akses yang dicegah diantaranya adalah, serangan Malware, virus, hacker, dan lain-lain.



Fungsi Firewall

Fungsi Firewall selain memberikan keamanan pada perangkat, juga berfungsi untuk mengontrol sekaligus pengawas arus data yang ada di komputer.



Cara Kerja Firewall

Firewall bekerja sebagai dinding pengaman dan menyaring data antar jaringan di internet, Firewall bisa membolehkan atau tidak membolehkan suatu data diakses oleh komputer. Selain itu, Firewall juga bisa modifikasi paket data yang datang, sehingga mampu menyembunyikan sebuah IP Address.




Perbedaan Antara Firewall dan Antivirus

Sekilas setelah anda mengetahui fungsi dan cara kerja Firewall di atas, tentunya anda akan berpikir bahwa Firewall sama dengan Antivirus, karena sama-sama berfungsi melindungi komputer dari ancaman bahaya.

Namun sebenarnya keduanya memiliki perbedaan, karena Antivirus merupakan program yang berasal dari luar dan Firewall sudah tertanam di dalam komputer. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Firewall lebih tangguh dibanding Antivirus, namun keberadaan keduanya bisa membuat komputer lebih aman.



Jenis Firewall

Perlu diketahui bahwa Firewall terbagi menjadi 2 jenis, diantaranya sebagai berikut:

1. Personal Firewall
Personal Firewall adalah Firewall yang digunakan secara pribadi, untuk melindungi komputer dari serangan file berbahaya dan serangan dari internet. Firewall jenis ini sudah menyatu dengan Sistem Operasi komputer, sehingga sangat kuat dalam menjaga komputer dari ancaman bahaya.


2. Network Firewall

Network Firewall adalah fitur khusus pada sebuah jaringan komputer dalam jangkauan yang lebih luas dan kompleks, Firewall ini memiliki banyak fitur yang berfungsi untuk melindungi suatu jaringan dari ancaman bahaya.



Demikian pengertian, fungsi, dan cara kerja firewal. Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.


0 Response to "Mengenal Fungsi, Pengertian, dan Cara Kerja Firewall di Komputer, Benteng Pertahanan Komputer!"

Post a Comment

Disclaimer

Privacy Policy

Sitemap

Contact