Jaga Kesehatan Mata! Begini Cara Mengatur Kecerahan pada Layar Laptop atau Komputer Windows

CARA MENGATUR KECERAHAN LAYAR DI WINDOWS 7, 8, DAN 10

Seiring perkembangan zaman, laptop atau komputer menjadi salah satu perangkat elektronik yang penting untuk dimiliki. Fungsi dan kemampuan yang sangat membantu di berbagai pekerjaan, membuat banyak orang merasa harus memiliki perangkat ini untuk kelancaran pekerjaan.

Diantara fungsi komputer yaitu untuk mengerjakan tugas kuliah, untuk perkantoran, bermain game, membuka usaha seperti percetakan, dan masih banyak lagi. Bahkan saking banyaknya fungsi komputer dan salah satunya adalah untuk mencari hiburan, membuat para pengguna lupa waktu dan lupa menjaga kesehatan mata dari pencahayaan komputer.



Karena lamanya pengguna menggunakan komputer hingga berjam-jam, tentunya sangat berefek pada kesehatan mata. Bahkan jika pencahayaan pada komputer tidak di atur, tentu sangat berisiko membuat mata mengalami masalah rabun.

Dalam mengatur kecerahan pada komputer, tentunya setiap versi Windows memiliki cara yang berbeda-beda. Jika anda tidak mengetahui caranya, langsung saja anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.




Mengatur Pencahayaan di Windows 10

Windows 10 merupakan Sistem Operasi Windows versi paling baru yang dikeluarkan oleh perusahaan Microsoft, bahkan banyak pengguna yang mulai beralih ke Windows 10, mengingat microsoft sudah tidak memberi dukungan pembaruan pada Windows 7.


Langsung saja, untuk cara mengatur pencahayaan pada Windows 10, anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah masuk ke pengaturan Windows dengan menekan kombinasi tombol Windows + I.

2. Kemudian anda bisa ke menu Display, lalu anda bisa mengatur pencahayaan sesuai dengan kebutuhan anda. Seperti pada gambar di bawah ini.


menu display pada pengaturan windows 10



3. Jika anda menggunakan komputer di malam hari, maka anda bisa mengaktifkan mode Night Light.



Mengatur Pencahayaan di Windows 8

Jika komputer anda menggunakan sistem operasi Windows 8, maka anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengatur pencahayaan di komputer.



1. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah geser kursor ke bagian pojok kanan layar, lalu akan muncul beberapa ikon menu yang termasuk salah satunya adalah ikon setelan. Klik ikon setelan untuk masuk ke pengaturan Windows 8.


2. Kemudian anda akan masuk ke pengaturan Windows 8, pilih menu brightness untuk mengatur pencahayaan pada layar. Atur sesuai dengan kebutuhan anda.


pengaturan cahaya pada windows 8



Mengatur Pencahayaan di Windows 7

Walaupun sudah banyak pengguna yang beralih ke Windows 10, namun Windows 7 tetap saja masih memiliki banyak pengguna. Untuk mengatur pencahayaan pada Windows 7 sangatlah mudah, anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.


1. Langkah pertama adalah klik pada ikon baterai di taskbar, kemudian pilih menu Adjust screen brightness. Seperti pada gambar di bawah ini.


ikon baterai di windows 7


2. Kemudian anda bisa langsung mengatur kecerahan layarnya di bagian bawah, seperti pada gambar di bawah ini.


atur kecerahan layar di windows 7




Demikian beberapa cara mengatur kecerahan layar di setiap versi Windows, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.



0 Response to "Jaga Kesehatan Mata! Begini Cara Mengatur Kecerahan pada Layar Laptop atau Komputer Windows"

Post a Comment

Disclaimer

Privacy Policy

Sitemap

Contact