3 Cara Mengatasi Layar Sentuh yang Sering Error di Ponsel Smartphone, Lakukan Kalibrasi Layar!

CARA MENGATASI LAYAR SENTUH ERROR DI ANDROID ATAU IPHONE

Layar sentuh pada ponsel smartphone bisa dibilang sebagai salah satu komponen yang sangat penting di ponsel smartphone, pasalnya jika layar sentuh tidak berfungsi maka anda tidak bisa mengoperasikan ponsel smartphone anda.

Terdapat beberapa hal yang bisa menyebabkan layar sentuh pada ponsel mengalami error, namun dalam beberapa kasus dapat disimpulkan bahwa anda tidak harus melakukan servis ketika layar sentuh ponsel anda error, anda hanya perlu memperbaiki saja jika layar sentuh  tersebut tidak rusak.


Ada beberapa cara yang bisa anda coba untuk memperbaiki layar sentuh pada ponsel smartphone, hal ini sesuai dengan penyebab layar ponsel tersebut mengalami error. Keuntungan memperbaiki masalah sendiri adalah anda bisa menghemat waktu karena tidak perlu pergi ke tempat servis, serta anda juga lebih menghemat pengeluaran uang anda.

Langsung saja, untuk cara memperbaiki layar di ponsel kita bahas lengkap di bawah ini.


Bersihkan Layar

Cara pertama yang wajib anda coba adalah membersihkan menggunakan tissue basah, kemudian gunakan tissue kering atau lap bersih untuk membersihkan air yang ada di layar ponsel. Lalu diamkan ponsel hingga beberapa menit terlebih dahulu, untuk hasil yang lebih sempurna.


Cara ini berfungsi untuk memperbaiki layar sentuh error yang disebabkan oleh noda tebal yang menutupi layar, selain itu cara ini juga bermanfaat untuk membersihkan layar ponsel dari kuman dan bakteri.



Menggunakan Aplikasi Touchscreen Calibration

Cara kedua yang bisa anda coba adalah menggunakan sebuah aplikasi bernama Touchscreen Calibration, anda bisa download aplikasi tersebut di play store atau bisa juga melalui tautan link di bawah ini.



Selanjutnya buka aplikasi tersebut, lalu anda akan mendapati tampilan di dalam aplikasi  seperti pada gambar di bawah ini.


Kemudian klik KALIBRASI, dengan demikian aplikasi tersebut akan memandu anda dalam memperbaiki ponsel, ikuti perintah-perintah yang diberi oleh aplikasi tersebut.

Jika proses kalibrasi layar telah selesai, langkah terakhir yang harus anda lakukan adalah melakukan restart pada ponsel anda. Hal ini bertujuan untuk melakukan refresh setelah layar diperbaiki oleh aplikasi tersebut.


Mengganti Touchscreen

Jika layar sentuh anda error karena disebabkan oleh layar ponsel yang pecah karena jatuh, maka satu-satunya cara yang bisa anda lakukan adalah memperbaiki ponsel tersebut di tempat servis terdekat.

Jika rusaknya cukup parah, maka anda akan ditawari ganti Touchscreen smartphone. Namun ganti touchscreen biasanya membutuhkan biaya yang cukup mahal, sehingga akan lebih baik jika membeli ponsel baru saja. Karena ponsel smartphone yang sudah ganti touchscreen biasanya sering mengalami error pada layar sentuh.




Demikian ketiga cara mengatasi ponsel smartphone yang layar sentuhnya error, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.




0 Response to "3 Cara Mengatasi Layar Sentuh yang Sering Error di Ponsel Smartphone, Lakukan Kalibrasi Layar!"

Post a Comment

Disclaimer

Privacy Policy

Sitemap

Contact