Data File atau Folder Tidak Bisa Dihapus di Komputer Windows? Gunakan Cara Ampuh Ini!

CARA MENGHAPUS FILE YANG TIDAK BISA DIHAPUS DI KOMPUTER

Pada dasarnya file atau folder yang tidak bisa dihapus di komputer memang sedikit menjengkelkan, karena membuat penyimpanan tidak rapi dan terasa bisa memberatkan komputer jika terdapat banyak file yang tidak bisa dihapus.



Banyak pengguna komputer beranggapan bahwa file tersebut merupakan virus yang menyerang komputer, namun anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Penyebab file tersebut tidak bisa dihapus adalah sebagai berikut:
  1. Program atau file yang mengalami crash, sehingga berjalan di latar belakang dan tidak bisa dihapus.
  2. File sedang aktif atau sedang digunakan oleh program lainnya.
  3. File yang memiliki perizinan yang kuat.
  4. File sedang dibuka oleh pengguna lain ketika sedang melakukan sharing komputer.
  5. Sampah-sampah bekas uninstall yang kurang bersih dari suatu program.

Dari beberapa faktor di atas, besar kemungkinan bahwa salah satunya sedang terjadi di komputer anda. Sehingga membuat anda tidak bisa menghapus file atau folder tersebut. Meskipun demikian, anda masih bisa menghapus file tersebut dengan menggunakan beberapa cara, langsung saja kita bahas lengkap di bawah ini.

Pastikan Bahwa File Sedang Tidak Aktif

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah memastikan bahwa file yang ingin anda hapus sedang tidak aktif, sehingga anda bisa menghapus file tersebut. Karena file yang ingin dihapus sedang aktif, maka akan muncul peringatan bahwa file tersebut sedang aktif atau digunakan. Seperti contoh pada gambar di bawah ini.



Untuk cara menghapusnya cukup mudah, anda hanya perlu menutup file tersebut apabila file tersebut sedang dibuka di suatu program. Dengan demikian, anda bisa menghapus file tersebut.

Menggunakan Software Unlocker

Jika masalah tidak disebabkan oleh file yang sedang aktif, maka satu-satunya cara adalah dengan menghapus secara paksa. Anda bisa menggunakan bantuan sebuah software bernama Unlocker, ana bisa download di situs resminya atau bisa juga melalui link tautan di bawah ini.


DOWNLOAD

Langkah selanjutnya install software tersebut ke komputer anda. Jika sudah terpasang, klik dua kali pada software Unlocker agar aktif di komputer anda.

Kemudian cari file atau folder yang ingin anda hapus, lalu klik OK.

Selanjutnya ubah opsi ke Delete, lalu klik OK. Seperti pada gambar di bawah ini.


Tunggu proses penghapusan selesai hingga muncul pemberitahuan "The object was deleted", sehingga dapat dipastikan bahwa file telah berhasil dihapus.



Demikian yang dapat Tomtekno sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.



0 Response to "Data File atau Folder Tidak Bisa Dihapus di Komputer Windows? Gunakan Cara Ampuh Ini!"

Post a Comment

Disclaimer

Privacy Policy

Sitemap

Contact