Cara Ampuh Memperbaiki Data Seluler Error atau Data Seluler Hidup Namun Tidak Bisa Internetan di Smartphone Android

CARA MENGATASI DATA SELULER YANG TIDAK BISA UNTUK INTERNETAN

Pernahkah ponsel anda mengalami error ketika menghidupkan atau menggunakan data seluler, sehingga membuat anda tidak bisa berselancar di internet karena masalah tersebut. Bahkan hal ini bisa saja membuat pengguna smartphone bingung jika data seluler dalam kondisi hidup, namun tetap saja tidak dapat mengakses internet.

Masalah data seluler ini bahkan sering dijumpai oleh pengguna ponsel smartphone, serta dengan penyebab yang berbeda-beda. Bahkan yang paling membingungkan adalah masalah data seluler tidak berfungsi, walaupun ikon data seluler sudah muncul dan paket data sudah diaktifkan.


Nah, jika anda mengalami masalah ini, di sini Tomtekno akan memberikan beberapa tips dan solusi yang bisa membantu anda memecahkan masalah data seluler tersebut. Langsung saja, untuk caranya anda bisa simak lengkap di bawah ini. 


1.  Restart Ponsel

Layaknya perangkat elektronik lainnya, ponsel smartphone juga butuh yang namanya Restart. Hal ini bertujuan untuk memberikan refresh pada komponen-komponen smartphone, sehingga bisa menjadi penolong pertama ketika ponsel mengalami kondisi error.


Walaupun nampak sepele, namun cara ini sudah banyak terbukti mampu memperbaiki ponsel smartphone yang error atau bahkan apabila ponsel hang.


2. Mengecek Sisa Kuota Internet

Para pengguna smartphone terkadang juga sering lupa dan tidak terkontrol ketika menggunakan internet, sehingga sering boros dan jarang mengecek sisa kuota internet. Sehingga hal ini bisa menimbulkan kebingungan ketika kuota internet habis walaupun kuota internet belum lama diisi ulang.


Bahkan hal ini banyak menyebabkan para pengguna ponsel beranggapan bahwa ponsel mereka error, serta tak sedikit pengguna yang mengalami emosi akan hal ini. Intinya jika anda mengalami masalah data seluler, utamakan untuk mengecek sisa kuota internet terlebih dahulu.


3. Internet Sedang Mengalami Gangguan

Jaringan seluler yang mengalami gangguan memang sudah biasa terjadi, hal ini bisa disebabkan oleh suatu permasalahan atau karena operator sedang melakukan pemeliharaan jaringan untuk memberikan kualitas jaringan yang lebih baik ke depannya.

Untuk memastikan bahwa sedang terjadi gangguan seluler, anda bisa menanyakan mengenai masalah ini pada teman anda yang menggunakan provider yang sama. Jika teman anda mengalami masalah yang sama, maka dapat dipastikan bahwa sedang ada gangguan pada jaringan internet.


4. Aktifkan Mode Pesawat

Selain fungsi aslinya, mode pesawat juga bisa digunakan untuk memperbaiki masalah error pada data seluler. Anda bisa mengaktifkan mode pesawat untuk melakukan refresh pada jaringan internet ponsel smartphone anda, kemudian matikan mode pesawat untuk menghidupkan data seluler kembali.


Cara ini sudah sering terbukti mampu mengatasi masalah error pada data seluler, walaupun saat ini sudah jarang pengguna yang menggunakan cara ini.


5. Coba Ganti Jaringan

Masalah gangguan jaringan biasanya hanya terjadi pada suatu jenis jaringan saja, sehingga ketika gangguan jaringan terjadi maka anda bisa beralih ke jaringan lainnya. Misalnya ketika anda mengalami masalah gangguan jaringan ketika anda menggunakan jaringan 4G, maka anda bisa beralih ke jaringan 3G atau H+ untuk mendapatkan jaringan yang lebih baik.


Begitu pun untuk sebaliknya, namun pastikan terlebih dahulu bahwa anda memiliki kuota 3G dan 4G pada paket internet yang anda gunakan.


6. Pasang Ulang Sim Card

Selain mengaktifkan mode pesawat, anda bisa mencopot dan memasang kembali Sim Card anda untuk melakukan refresh pada data seluler ponsel anda. Namun untuk melakukan cara ini, harap matikan terlebih dahulu ponsel smartphone anda untuk menghindari terjadinya error.



7. Ganti Settingan APN

Langkah terakhir yang bisa anda lakukan adalah mengganti settingan APN, anda bisa mencari settingan VPN di internet. Namun anda harus benar-benar paham mengenai pengaturan VPN, serta menggunakan settingan VPN terbaik dan cocok dengan wilayah anda.

Jika anda tidak ingin repot, maka anda bisa meminta bantuan yang lebih paham atau konter terdekat. Atau anda bisa mencoba berbagai macam settingan APN yang tersebar di internet, tentunya settingan yang cocok dan terbaik untuk wilayah anda.



Demikian beberapa cara memperbaiki data seluler error, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.




0 Response to "Cara Ampuh Memperbaiki Data Seluler Error atau Data Seluler Hidup Namun Tidak Bisa Internetan di Smartphone Android"

Post a Comment

Disclaimer

Privacy Policy

Sitemap

Contact