Begini Cara Kembalikan File Foto atau Video yang Terhapus di Android atau Komputer, 100% Work!

CARA MENGEMBALIKAN FILE YANG TERHAPUS DI PONSEL SMARTPHONE

Tidak sengaja menghapus data foto, video maupun file lainnya memang bisa sangat merugikan, terutama jika data yang tidak sengaja terhapus merupakan data yang mungkin tidak bisa dibuat kembali. Seperti contohnya momen penting yang diabadikan di foto maupun video.

Jika anda tidak sengaja menghapus data penting tersebut, anda bisa melakukan cara khusus untuk mengembalikannya. Atau anda bisa melakukan antisipasi terlebih dahulu, sehingga anda bisa terhindar dari masalah tak sengaja menghapus data penting. Langsung saja, untuk cara mengembalikannya kita bahas lengkap di bawah ini.


Mengembalikan Data yang Tidak Sengaja Terhapus

Untuk mengembalikan data yang tidak sengaja terhapus di smartphone, anda memerlukan bantuan perangkat komputer. Sehingga anda perlu menyiapkan komputer terlebih dahulu, cara ini bisa digunakan untuk mengembalikan data terhapus di smartphone dan PC.

1. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah download dan pasang software bernama Recuva di komputer anda, anda bisa download software tersebut di situs resminya atau bisa juga melalui link di bawah ini.




DOWNLOAD


2. Selanjutnya jika anda ingin mengembalikan data di smartphone, anda perlu menghubungkan smartphone ke PC terlebih dahulu menggunakan kabel data. jika anda ingin mengembalikan data di flashdisk, harddisk eksternal, atau memori card, anda juga perlu menghubungkannya ke PC.

Namun jika anda hanya ingin mengembalikan data yang terhapus di PC, anda bisa langsung membuka software ini.

Peringatan: jika anda ingin mengembalikan data di smartphone, anda harus terlebih dahulu melakukan root pada smartphone tersebut.


3. Buka software Recuva, kemudian tentukan format file yang ingin anda kembalikan. kemudian klik Next, seperti pada gambar di bawah ini.




4. Selanjutnya pilih I'm not sure, seperti pada gambar di bawah ini.



5. Kemudian tunggu beberapa menit, hingga proses scanning file yang terhapus selesai. Seperti pada gambar di bawah ini.




6. Selanjutnya beri tanda centang pada file yang ingin anda kembalikan, lalu klik Recover untuk mengembalikan file yang terhapus tersebut. Seperti pada gambar di bawah ini.



Anda bisa menandai lebih dari satu sekaligus.


7. Langkah terakhir tunggu proses pengembalian data selesai, dengan demikian file yang terhapus akan kembali.


Keuntungan Menggunakan Recuva
  • Mengembalikan file yang terhapus tanpa ada kerusakan file.
  • Mendukung semua jenis ekstensi file.
  • Dapat digunakan untuk SD card, harddisk, flashdisk, dan lain-lain.
  • Proses pengembalian data yang cepat.
  • Mudah untuk digunakan.
  • Ukuran software yang kecil dan ringan.
  • Gratis untuk digunakan.

Cara Antisipasi File yang Tidak Sengaja Terhapus

Melakukan Backup Data
Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk antisipasi file yang tidak sengaja terhapus adalah dengan melakukan backup data, anda bisa melakukan backup data penting ke penyimpanan cloud.

Jika anda menggunakan smartphone Android, anda bisa menggunakan layanan penyimpanan cloud Google Drive. Jika anda menggunakan smartphone iPhone, anda bisa menggunakan layanan penyimpanan cloud iCloud.


Menggunakan Fitur Tong Sampah
Fitur ini terkenal di perangkat Windows dengan nama Recycle Bin, namun pada dasarnya tidak tersedia di smartphone Android maupun iPhone. Sehingga anda harus menginstal aplikasi untuk bisa memiliki fitur ini di smartphone anda.


Jika anda menggunakan smartphone Android, anda bisa menginstal aplikasi bernama Dumpster, anda bisa download aplikasi ini di play store atau bisa juga melalui link di bawah ini.




Jika anda menggunakan smartphone iPhone, anda bisa menggunakan fitur Recently Deleted yang sudah tersedia di aplikasi Photos bawaan ponsel.



Demikian yang dapat Tomtekno sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.



0 Response to "Begini Cara Kembalikan File Foto atau Video yang Terhapus di Android atau Komputer, 100% Work!"

Post a Comment

Disclaimer

Privacy Policy

Sitemap

Contact