Sinyal Wifi Terasa Lemot dan Tidak Stabil? Inilah Penyebab dan Cara Ampuh Mengatasinya!

CARA MENGATASI SINYAL WIFI LEMOT DI KOMPUTER DAN SMARTPHONE

Terkadang sinyal Wifi seperti Indihome atau Speedy pernah mengalami lambatnya koneksi internet, hal ini pernah dialami hampir oleh semua pengguna layanan Wifi. Banyak pengguna yang hanya tahu cara menggunakan saja dan dibekali kontak customer service apabila mendapati masalah, namun akan merepotkan dan menghabiskan waktu.

Terutama bagi anda yang tidak bisa lama putus internet, tentunya ketika internet menjadi faktor utama pekerjaan anda.



Berikut ini berbagai macam penyebab dan solusi Wifi lemot yang bisa anda coba, langsung saja kita bahas di bawah ini.


1.  Layanan Mengalami Gangguan

Jika anda merasa tidak mengalami masalah pada perangkat yang anda gunakan, berarti internet Wifi yang lambat disebabkan oleh gangguan pada pusat layanan internet. Untuk memastikan hal tersebut, anda bisa menghubungi Call Center layanan internet Wifi yang anda gunakan.

Jika benar layanan sedang mengalami gangguan, maka satu-satunya cara yang bisa anda lakukan adalah menunggu hingga masalah gangguan tersebut terselesaikan oleh penyedia layanan.



2. Kabel LAN Rusak atau Putus

Kabel LAN merupakan kabel yang penting untuk menghubungkan Router dengan layanan penyedia Internet, sehingga akan sangat bermasalah ketika kabel ini rusak atau putus. Penyebab kabel rusak biasanya adalah build quality kabel yang cacat, kabel digigit tikus, atau usia kabel yang memang sudah tua.




Apabila anda bisa menggantinya sendiri, anda bisa membelinya di toko atau service komputer terdekat. Namun jika anda tidak ingin repot, anda bisa menghubungi pihak provider internet untuk mengirimkan teknisi ke rumah anda.




3. Terlalu Banyak Pengguna

Perlu diketahui, bahwa semakin banyak pengguna Wifi maka koneksi internet akan semakin lambat. Hal ini dikarenakan kekuatan sinyal yang terbagi-bagi sesuai dengan jumlah pengguna.

Jika anda menggunakan Wifi pribadi, maka sebaiknya anda membuat password pengaman. Serta anda juga bisa membuat batas maksimum perangkat yang bisa terhubung ke Wifi anda, tentunya dengan melakukan pengaturan Wifi.



4. Terlalu Sering Download File Besar

Setiap provider internet unlimited selalu memberi batas maksimum download, jadi ketika pengguna sudah melewati batas, maka kekuatan internet Wifi akan otomatis menurun. Kemudian kemampuan internet akan pulih kembali esok hari, hal ini merupakan sebuah kebijakan yang dibuat oleh penyedia layanan internet.



5. Letak Wifi yang Terlalu Jauh dari Perangkat

Layaknya Hotspot, semakin jauh jarak antara Wifi dan perangkat, maka koneksi internet juga menurun. Selain itu, letak wifi di tempat terbuka juga bisa membuat koneksi atau sinyal wifi tidak maksimal.



6. Hapus Riwayat Browsing

Jika anda mengalami koneksi yang lambat ketika sedang browsing di internet, maka anda perlu membersihkan cache atau riwayat penelusuran anda. Karena hal tersebut biasanya menjadi faktor utama koneksi yang terasa lambat, walaupun sebenarnya wifi anda masih normal.




Demikian yang dapat Tomtekno sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.




0 Response to "Sinyal Wifi Terasa Lemot dan Tidak Stabil? Inilah Penyebab dan Cara Ampuh Mengatasinya!"

Post a Comment

Disclaimer

Privacy Policy

Sitemap

Contact