Cara Ampuh Menghilangkan atau Membersihkan Virus di Komputer Windows 10 Versi Terbaru

CARA MENGHILANGKAN VIRUS DI KOMPUTER

Seperti yang kita ketahui, Microsoft telah mengumumkan bahwa mereka telah menghentikan dukungan dan pembaruan untuk OS Windows 7, sehingga para pengguna dihimbau untuk beralih ke OS versi terbaru yaitu Windows 10.


Jadi disarankan agar anda segera beralih ke Windows 10, sehingga komputer anda akan tetap aman apabila terjadi bug atau terkena virus.


Keuntungan menggunakan Windows 10 adalah anda tidak perlu menginstall program anti virus, karena pada Windows 10 versi terbaru sudah dilengkapi fitur anti virus yang berguna untuk menangkal dan membersihkan virus atau trojan yang menyerang komputer.

Langsung saja, untuk cara membersihkan atau menghilangkan virus di Windows 10, kita bahas caranya lengkap di bawah ini.



Menggunakan Windows Security

1. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah memastikan bahwa anda menggunakan versi Windows 10 terbaru, karena versi terbaru bisa menjamin anda aman dari bug dan celah-celah masuknya virus ke komputer.



2. Langkah selanjutnya adalah buka Windows Security melalui menu Search, seperti pada gambar di bawah ini.


3. Kemudian pilih menu Virus & Threat Protection, seperti pada gambar di bawah ini.



4. Kemudian pilih Scan options, seperti pada gambar di bawah ini.



5. Lalu pilih Full scan untuk membersihkan secara full dan klik Scan now untuk memulai membersihkan komputer dari virus, seperti pada gambar di bawah ini.



6. Langkah terakhir adalah tunggu proses pembersihan yang kemungkinan akan memakan waktu beberapa menit, kemudian anda bisa melihat hasilnya.




Menggunakan Fitur System Restore

1. Jika cara di atas tidak membantu, maka anda bisa menggunakan fitur System Restore untuk membersihkan virus yang menyerang komputer. Dengan cara masuk ke pengaturan Windows, lalu pilih menu System Restore. Seperti pada gambar di bawah ini.



Biasanya komputer anda akan melakukan backup secara otomatis ketika anda menginstall program atau software, sehingga anda tinggal melakukan Restore untuk kembali ke kondisi komputer saat menginstall software yang terakhir di-install.


2. Selanjutnya pilih Keep my files, sehingga data di komputer anda akan aman dan tidak ikut hilang. Seperti pada gambar di bawah ini.




3. Langkah terakhir adalah tunggu proses Restore selesai dan komputer anda akan kembali ke kondisi normal.



Menggunakan Fitur Reinstall Windows

1. Jika kedua cara di atas belum membantu, maka anda bisa mencoba cara terakhir yaitu menggunakan fitur Reinstall Windows. Yaitu dengan cara masuk ke pengaturan Windows, lalu pilih menu Reinstall Windows. seperti pada gambar di bawah ini.




2. Selanjutnya pilih menu Upgrade, seperti pada gambar di bawah ini.



3. Langkah terakhir adalah menunggu proses install ulang selesai secara otomatis, dan sistem Windows 10 anda akan kembali seperti baru.




Demikian beberapa cara untuk membersihkan virus yang menyerang Windows 10, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.



0 Response to "Cara Ampuh Menghilangkan atau Membersihkan Virus di Komputer Windows 10 Versi Terbaru"

Post a Comment

Disclaimer

Privacy Policy

Sitemap

Contact