3 Cara Mudah Memperbaiki Keyboard atau Papan Ketik Ponsel Smartphone yang Error

CARA MEMPERBAIKI PAPAN KEYBOARD PONSEL YANG ERROR

Keyboard atau papan ketik smartphone merupakan fitur yang digunakan untuk mengetik di ponsel smartphone, papan ketik sangat penting dalam kesempurnaan ponsel smartphone. Walaupun terdapat alternatif lain seperti mengetik menggunakan ucapan suara, namun hampir semua pengguna smartphone lebih nyaman mengetik menggunakan keyboard.

Papan ketik di ponsel smartphone berbeda-beda sesuai dengan merek ponsel, bahkan banyak papan ketik modern di toko aplikasi play store dan App Store yang memiliki fitur lebih lengkap dibandingkan dengan papan ketik asli bawaan ponsel. Sehingga tak sedikit orang yang memilih papan ketik dari aplikasi.


Walaupun jarang terjadi, namun tak sedikit pengguna smartphone yang mengalami masalah error pada papan ketik. Sehingga hal tersebut sangat mengganggu pekerjaan atau aktivitas anda di ponsel smartphone, bahkan cukup sepele jika harus dibawa ke tukang servis ponsel.

Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, anda hanya perlu mencoba beberapa cara di bawah ini.


1. Pastikan Touchscreen atau Layar Ponsel Normal

Cara pertama yang bisa anda lakukan adalah memastikan bahwa touchscreen atau layar ponsel anda masih normal, karena layar yang error bisa saja seolah-olah membuat papan ketik ikut terasa error.


Beberapa hal yang bisa membuat layar error diantaranya adalah layar yang terkena air, kondisi layar yang retak, touchscreen yang sudah pernah diganti, atau bisa juga jari yang berminyak atau berkeringat.



2. Hapus Data Papan Ketik

Jika anda sudah memastikan bahwa layar ponsel anda normal, maka anda bisa menghapus data papan ketik ponsel anda untuk memperbaikinya. Caranya adalah sebagai berikut:

- Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah masuk ke pengaturan ponsel, kemudian pilih menu pengaturan Manajer Aplikasi atau pengaturan Aplikasi. Seperti pada gambar di bawah ini.



 - Kemudian cari aplikasi keyboard ponsel anda, karena Tomtekno menggunakan ponsel Samsung maka papan ketiknya adalah Papan Tombol Samsung, seperti pada gambar di bawah ini.


Setiap merek ponsel biasanya menggunakan papan ketik yang berbeda-beda, jadi anda bisa pilih papan ketik ponsel anda.

- Selanjutnya masuk ke menu Penyimpanan aplikasi tersebut, seperti pada gambar di bawah ini.



- Langkah terakhir adalah Hapus Data aplikasi, seperti pada gambar di bawah ini.


Dengan demikian keyboard ponsel anda akan melakukan reset, sehingga akan kembali ke kondisi keyboard baru.


3. Menggunakan Aplikasi Keyboard

Jika kedua cara di atas tidak membantu, maka anda bisa mencoba cara terakhir yaitu menginstall aplikasi keyboard. Tomtekno merekomendasikan aplikasi GBoard, yang merupakan aplikasi keyboard buatan Google. Aplikasi ini memiliki banyak keunggulan, bahkan support dengan layanan Google Assistant.



Anda bisa download aplikasi tersebut di play store, atau bisa juga melalui link tautan di bawah ini.






Demikian beberapa cara mudah memperbaiki keyboard ponsel yang error, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.




0 Response to "3 Cara Mudah Memperbaiki Keyboard atau Papan Ketik Ponsel Smartphone yang Error"

Post a Comment

Disclaimer

Privacy Policy

Sitemap

Contact