Inilah Ciri-ciri Bahwa Akun Whatsapp (WA) Anda Sedang Disadap, Wajib Paham dan Berhati-hati

CIRI-CIRI WHATSAPP SEDANG DISADAP

Whatsapp merupakan aplikasi chatting pengguna paling banyak di dunia saat ini, bahkan kalangan artis, tokoh ternama, dan untuk bisnis sekali pun. Dengan fitur pengaman Enkripsi end-to-end, membuat banyak pengguna chatting bebas tanpa harus menghiraukan privasi.

Namun seperti yang kita ketahui, sekuat apa pun pengaman tetap masih bisa memiliki kelemahan. Terlebih lagi para Hacker selalu menggunakan berbagai cara demi melancarkan aksinya, data pribadi dan akun orang lain selalu menjadi target para Hacker.



Untuk mengantisipasi masalah peretasan tersebut, anda wajib mengetahui ciri-ciri Whatsapp yang disadap dan cara mengatasinya. Langsung saja, kita bahas lengkap di bawah ini.

Ciri-Ciri Whatsapp Disadap


1. Akun Whatsapp Log Out Sendiri


Ciri yang paling jelas ketika Whatsapp disadap adalah akun Whatsapp anda melakukan Log Out dengan sendirinya, banyak pengguna yang menganggap hal ini dikarenakan Whatsapp error. Walaupun tidak semua hacker yang menyadap menimbulkan Whatsapp Log Out, namun anda wajib paham dan berhati-hati ketika akun Whatsapp anda Log Out sendiri.


2. Whatsapp Aktif di Perangkat Lain
Ciri selanjutnya adalah akun Whatsapp anda kedapatan login di perangkat lain, anda bisa mengeceknya di menu Whatsapp Web. Pada menu tersebut akan ditampilkan riwayat login Whatsapp apabila akun anda login di perangkat lain, seperti pada gambar di bawah ini.



3. Pesan Terbaca Otomatis
Ketika anda memergoki pesan yang baru masuk atau belum anda buka terbaca secara otomatis, maka dapat disimpulkan bahwa Whatsapp anda sedang disadap. Untuk lebih memastikannya, anda bisa memancingnya dengan membiarkan dan tidak membuka pesan yang baru masuk.

Jika memang pesan tersebut terbaca secara otomatis, maka memang benar jika terdapat orang lain yang menyadap akun Whatsapp anda.


4. Suhu Ponsel Mengalami Panas yang Tidak Wajar
Beberapa hacker biasanya menggunakan metode virus atau malware untuk menyadap, hal ini biasanya membuat ponsel korban mengalami suhu panas yang tidak wajar. 

Malware merupakan virus yang dibuat Hacker untuk dapat menyusup ke perangkat korban, biasanya virus tersebut masuk ke perangkat ketika korban download atau klik link dengan sumber yang tidak jelas di internet.


5. Suara Bising Saat Panggilan Telepon
Ketika anda sedang melakukan panggilan suara atau panggilan telepon di Whatsapp, namun mendapati bahwa terdapat suara bising ketika panggilan berlangsung, maka dapat dipastikan bahwa orang tersebut sedang menyadap Whatsapp anda.

Walaupun hal ini juga bisa terjadi karena koneksi internet yang buruk, namun hal ini sering terjadi ketika si pelaku penyadapan merekam percakapan anda.




Cara Antisipasi dan Mengatasi Whatsapp Disadap


1. Jangan Menggunakan Wifi Umum
Untuk menghindarkan anda dari ancaman Hacker, sebaiknya anda tidak menggunakan internet yang berasal dari jaringan wifi umum. Walaupun wifi umum bersifat gratis dan bisa membantu anda lebih menghemat, namun wifi umum bisa dijadikan alat para Hacker untuk menyusup ke perangkat anda.


2. Jangan Menggunakan Whatsapp MOD
Aplikasi Whatsapp Mod memang terlihat lebih sempurna dibandingkan dengan aplikasi Whatsapp asli, tak heran jika banyak yang menggunakan Whatsapp Mod seperti GB Whatsapp, Whatsapp plus, dan lain-lain.

Namun pengguna tidak menyadari jika sebenarnya bisa saja Whatsapp Mod merupakan aplikasi untuk menyadap secara diam-diam, karena bisa disimpulkan bahwa Whatsapp tersebut telah dimodifikasi dan tidak resmi.


3. Gunakan pengaman Whatsapp
Selanjutnya anda disarankan untuk menggunakan pengaman Whatsapp, misalnya kunci aplikasi atau mengakifkan verifikasi 2 langkah yang sudah disediakan Whatsapp. Walaupun terlihat sepele, namun sebenarnya hal ini sangat penting untuk dilakukan.


4. Jangan Klik Link Aneh
Disarankan juga untuk tidak melakukan klik pada link atau tautan mencurigakan yang banyak dibagikan orang di Whatsapp, karena bisa saja link-link tersebut telah disisipi oleh Malware berbahaya.



Demikian yang dapat Tomtekno sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.



0 Response to "Inilah Ciri-ciri Bahwa Akun Whatsapp (WA) Anda Sedang Disadap, Wajib Paham dan Berhati-hati"

Post a Comment

Disclaimer

Privacy Policy

Sitemap

Contact