Buat RAM Virtual di Komputer atau Laptop Agar Tidak Lemot, Begini Caranya!

CARA MEMBUAT RAM VIRTUAL DI KOMPUTER

RAM (Random Access Memory) adalah suatu memori yang menjadi tempat penyimpanan data sementara, serta akan bekerja secara acak ketika komputer sedang digunakan. Artinya RAM berfungsi untuk mempercepat proses data berjalan di komputer, sehingga semakin besar kapasitas RAM maka semakin besar kesempatan anda membuka banyak aplikasi secara langsung.



Kapasitas RAM yang besar juga akan memungkinkan anda untuk dapat menjalankan aplikasi atau game berat di komputer anda, serta kinerja komputer anda juga akan terasa lebih cepat.

Penyebab Komputer Lemot

Komputer atau laptop yang lemot paling sering disebabkan oleh RAM penuh adan menjalankan program berat yang di atas kemampuan spesifikasi komputer, bahkal hal paling parah yang bisa terjadi adalah komputer akan mati secara paksa, dikarenakan kondisi lemot yang terlalu parah.



Menggunakan Virtual Memory

Virtual Memory adalah RAM virtual yang berfungsi menambah kapasitas dari RAM asli, sistem operasi akan menggunakan beberapa kapasitas harddisk untuk dijadikan RAM virtual. Sehingga sistem komputer anda akan menggunakan RAM virtual tersebut sebagai RAM, atau bisa dibilang menambah kapasitas RAM asli.




Cara Membuat RAM Virtual

Anda tidak perlu aplikasi tambahan ketika ingin membuat RAM virtual, karena OS Windows sudah menyediakan fitur tersebut. Langsung saja, kita bahas caranya lengkap di bawah ini.


1. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah buka Windows Explorer, kemudian klik kanan pada Komputer dan pilih Properties. Seperti pada gambar di bawah ini.




2. Kemudian klik Advanced system settings, seperti pada gambar di bawah ini.




3. Kemudian klik Settings pada menu Performance, seperti pada gambar di bawah ini.




4. Selanjutnya pilih tab Advanced, seperti pada gambar di bawah ini.



5. Kemudian klik Change, seperti pada gambar di bawah ini.




6. Selanjutnya hilangkan centang pada Automatically manage paging file size for all drives, lalu pilih partisi harddisk yang ingin anda gunakan (selain pastisi C). Jangan lupa untuk memastikan bahwa partisi yang anda pilih masih memiliki cukup banyak ruang kosong, karena akan digunakan sebagai Virtual Memory.



7. Lalu klik Custom size, isi Initial size (8192) dan Maximum size (9216) atau bebas sesuai dengan kebutuhan anda. Anda bisa mengikuti rekomendasi size dari komputer, seperti pada gambar di atas. Lalu klik Set dan OK.


8. Langkah terakhir adalah klik OK lagi dan restart komputer anda, dengan demikian RAM virtual berhasil dibuat dan beban komputer anda akan lebih ringan. Cara ini bisa mengatasi lemot pada komputer atau laptop anda.


Di sini Tomtekno menggunakan Windows 7, namun untuk versi Windows di atasnya cara membuat RAM virtual juga sama.


Demikian yang dapat Tomtekno sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.



0 Response to "Buat RAM Virtual di Komputer atau Laptop Agar Tidak Lemot, Begini Caranya!"

Post a Comment

Disclaimer

Privacy Policy

Sitemap

Contact