Cara Menulis di Microsoft Word dengan Ucapan Suara, Tanpa Harus Mengetik Menggunakan Keyboard

CARA MENGETIK DI MICROSOFT WORD MENGGUNAKAN REKAMAN SUARA

Apakah pekerjaan anda sering berhubungan dengan mengetik di Microsoft Word?, seperti contohnya membuat makalah, menyelesaikan data kantor, hingga tugas perkuliahan. Tentu hal tersebut akan sangat melelahkan dan memakan waktu lama, terutama apabila banyak yang harus anda ketik.



Dalam melakukan tips ini, anda bisa menggunakan perangkat PC atau bisa juga menggunakan ponsel smartphone. Sehingga anda tidak perlu menyesuaikan perangkat yang ingin anda gunakan. Langsung saja, untuk mempersingkat waktu kita bahas langkah-langkahnya  di bawah ini.



Menggunakan PC atau Laptop

Jika anda menggunakan perangkat PC atau laptop, maka hal pertama yang harus anda lakukan adalah menyiapkan headset. Headset yang anda gunakan harus memiliki fitur mikrofon, anda bisa membelinya di toko aksesoris ponsel terdekat.


Selanjutnya hubungkan headset ke komputer dan buka situs https://docs.google.com/document/u/0/ menggunakan browser chrome, kemudian klik Lembar Kosong seperti pada gambar di bawah ini.



Kemudian klik Submenu Alat, seperti pada gambar di bawah ini.




Berikutnya pilih menu Voice Typing, seperti pada gambar di bawah ini.



Langkah selanjutnya adalah ucapkan kata-kata yang ingin anda tuliskan dengan cara klik ikon mikrofon terlebih dahulu, namun sebelumnya pastikan bahwa anda menyetel bahasa rekaman suara ke bahasa Indonesia.

Kemudian apabila anda ingin menambahkan tanda baca, anda hanya perlu mengucapkannya saja.



Menggunakan Ponsel Smartphone

Untuk cara menulis dengan menggunakan suara pada perangkat smartphone anda harus memiliki 2 aplikasi ini, yaitu aplikasi Google Docs dan Google Keyboard. biasanya aplikasi tersebut sudah terinstall pada ponsel anda semenjak pembelian ponsel, namun jika anda belum memiliki, anda bisa download di play store atau bisa juga melalui link di bawah ini.

DOWNLOAD (Google Docs)
DOWNLOAD (Google Keyboard)


Selanjutnya buka aplikasi Google Docs dan buka lembar kerja baru pada aplikasi tersebut, kemudian tekan tombol mikrofon yang ada di keyboard anda. Seperti pada gambar di bawah ini.




Kemudian klik ikon mikrofon untuk mulai merekam suara, pastikan bahwa anda mengucapkan kata-kata dengan jelas. Jika tulisan tidak sesuai dengan suara yang anda ucapkan, bisa jadi karena setelan bahasa Google Keyboard anda bukan bahasa indonesia. Anda bisa mengatur bahasa keyboard terlebih dahulu melalui setelan keyboard.



Demikian yang dapat Tomtekno sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.




0 Response to "Cara Menulis di Microsoft Word dengan Ucapan Suara, Tanpa Harus Mengetik Menggunakan Keyboard"

Post a Comment

Disclaimer

Privacy Policy

Sitemap

Contact