6 Ciri-ciri Aplikasi Menipu atau Palsu di Play Store, Wajib Paham agar Terhindar dari Hacker dan Malware

CIRI-CIRI APLIKASI FAKE DI PLAY STORE

Google Play Store merupakan pusat download aplikasi di ponsel smartphone Android, tercatat saat ini sudah ada sekitar 3 juta aplikasi yang tersedia di Play Store. Tentunya dengan berbagai jenis aplikasi yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan para pengguna smartphone.



Terdapat banyak aplikasi gratis yang tersedia di play store, ada juga aplikasi yang harus membeli terlebih dahulu dan merupakan aplikasi premium.



Aplikasi Palsu

Tidak semua aplikasi di play store berguna, ada juga aplikasi yang tidak bermanfaat, palsu, tidak sesuai review, mengandung virus, hingga aplikasi berbahaya yang mengandung Malware di dalamnya. Tentunya aplikasi yang mengandung Malware yang bisa mencuri data penting di ponsel pengguna, karena merupakan program yang diciptakan para hacker.

Bahkan Google sudah banyak menghapus aplikasi-aplikasi yang merugikan dan berbahaya di play store, namun tetap saja ada banyak aplikasi berbahaya baru bermunculan yang tentunya butuh proses untuk membersihkan aplikasi-aplikasi seperti itu.


Selain itu, banyak juga pengguna yang asal-asalan download aplikasi di play store. Biasanya karena iming-iming berhadiah atau aplikasi yang sangat berguna. Nah, untuk mengetahui ciri-ciri aplikasi yang berbahaya di play store, kita bahas lengkap di bawah ini.



1. Pastikan Nama Aplikasi Benar

Ciri pertama yaitu memiliki nama yang mirip dengan aplikasi aslinya, seperti aplikasi Whatsapp yang diplesetkan menjadi Whatsapp Plus, Whatsapp GB, dan lain-lain. Aplikasi tersebut bisa jadi merupakan aplikasi modifikasi whatsapp, namun tetap saja berbahaya karena bukan aplikasi resmi dan bisa jadi aplikasi semacam itu diselipi malware.


2. Cek Developer

Jika anda masih ragu dan susah membedakan mana aplikasi yang asli, maka anda bisa mengecek nama developer yang membuat aplikasi tersebut. Seperti pada gambar di bawah ini.



Anda bisa search di Google untuk mencari tahu apakah bener developer tersebut yang membuat aplikasi itu. Jika benar, maka dapat dipastikan bahwa itu merupakan aplikasi asli.


3. Baca Deskripsi Aplikasi

Setiap aplikasi di play store tentunya memiliki deskripsi yang menjelaskan secara detail mengenai aplikasi tersebut, mulai dari kelebihan aplikasi, fitur-fitur, dan lain-lain. Dengan demikian, hal tersebut bisa sedikit meyakinkan pengguna.


4. Lihat Jumlah Download

Biasanya play store akan menampilkan review mengenai jumlah orang yang telah download aplikasi tersebut, seperti pada gambar di bawah ini.


cara ini bisa digunakan sebagai patokan, karena semakin banyak jumlah download maka bisa dipastikan bahwa aplikasi tersebut merupakan aplikasi asli.


5. Cek Rating

Rating merupakan rata-rata bintang yang diberikan oleh pengguna yang telah download aplikasi tersebut, rating tertinggi adalah 5,0 dan rating terendah adalah 1,0. Semakin tinggi rating maka semakin bagus aplikasi tersebut, rating juga harus berbanding dengan jumlah download.



6. Lihat Ulasan atau Review Pengguna

Pengguna yang telah melakukan download aplikasi, biasanya bisa memberi rating dan memberi ulasan atau komentar mengenai aplikasi tersebut. Melalui ulasan tersebut, anda bisa menyimpulkan apakah aplikasi tersebut penipuan, tidak sesuai, dan lain-lain.



Demikian yang dapat Tomtekno sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.




0 Response to "6 Ciri-ciri Aplikasi Menipu atau Palsu di Play Store, Wajib Paham agar Terhindar dari Hacker dan Malware"

Post a Comment

Disclaimer

Privacy Policy

Sitemap

Contact