Inilah 7 Hal Utama Agar Aman dan Terhindar dari Kejahatan Siber atau Hacker

CARA AGAR TERHINDAR DAN AMAN DARI ANCAMAN KEJAHATAN SIBER

Cyber Crime atau kejahatan di internet merupakan hal yang ditakutkan dalam dunia teknologi, pasalnya banyak sekali orang yang dirugikan oleh para pelaku kejahatan siber. Semakin canggih dan kuatnya teknologi saat ini, bukan berarti para pelaku kejahatan siber semakin berkurang.


Pelaku kejahatan siber seperti hacker selalu memiliki cara untuk melakukan hal yang diinginkan di dunia teknologi. Oleh karena itu setiap orang wajib memahami dan mengerti segala hal mengenai kejahatan siber, hal ini berfungsi untuk perlindungan diri dari ancaman kejahatan siber.


3 Hal dalam Melindungi Perusahaan dari Kejahatan Siber

Territory Channel Manager SEA Kaspersky Lab mengungkapkan bahwa terdapat 3 langkah dalam menghindarkan perusahaan dari ancaman kejahatan siber, langsung saja berikut rinciannya:

  • Memberikan pengetahuan mengenai ancaman intelijen terbaru, kepada tim Teknologi Informasi (TI) baik di pemerintah dan perusahaan. Hal ini berfungsi agar mereka mendapatkan informasi terupdate mengenai alat, teknik, dan strategi yang digunakan oleh para pelaku kejahatan siber.
  • Untuk deteksi level endpoint, investigasi, dan remediasi insiden yang tepat waktu, salah satu solusi yang bisa diterapkan adalah Kaspersky Endpoint Detection and Response.
  • Selain pentingnya mengadopsi perlindungan titik akhir, terapkan juga solusi keamanan tingkat korporat yang mampu mendeteksi ancaman lanjutan pada tingkat jaringan tahap awal. Salah satu contohnya yang bisa digunakan adalah Kaspersky Anti Targeted Attack Platform.

Cara Personal agar Terhindar dari Kejahatan Siber

Selain perusahaan, setiap individu juga wajib memiliki pedoman dan pengetahuan khusus. Hal tersebut tak lain sebagai cara untuk menghindari dan mengatasi ancaman kejahatan siber, langsung saja jelasnya sebagai berikut:

  1. Jangan mudah tergoda dengan pengumuman pemenang hadiah dan iming-iming undian online berhadiah menggiurkan.
  2. Jangan sembarangan klik link tautan yang mencurigakan.
  3. Jangan sembarangan login akun pada situs-situs yang mencurigakan.
  4. Selalu waspada dalam menggunakan akun dan proteksi akun dengan keamanan khusus.
  5. Jangan menggunakan software atau aplikasi ilegal dan bajakan, usahakan untuk menggunakan perangkat lunak asli atau premium.
  6. Jangan sembarangan dalam melakukan download di internet.
  7. Jangan menggunakan koneksi wifi yang bersifat umum atau publik.
Demikian beberapa hal pokok dan utama yang wajib anda ketahui agar terhindar dari ancaman hacker. Walaupun hacker selalu memiliki banyak cara, namun setidaknya kita bisa meminimalisir risiko ancaman kejahatan siber.
Sekian yang dapat saya sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.

0 Response to "Inilah 7 Hal Utama Agar Aman dan Terhindar dari Kejahatan Siber atau Hacker"

Post a Comment

Disclaimer

Privacy Policy

Sitemap

Contact