Cara Memperkecil Ukuran File PDF menggunakan Ponsel Smartphone atau PC, Gak Perlu Ribet!

CARA MUDAH KOMPRES UKURAN FILE PDF

Seperti yang kita ketahui, bahwa format file PDF (Portable Document File) pada umumnya berisi data-data penting, contohnya tugas perkuliahan, Curriculum Vitae (CV), laporan penting, dan lain-lain.

Dalam beberapa kepentingan, biasanya suatu perusahaan, pemerintahan atau kampus membatasi ukuran file PDF yang bisa di upload atau dikirimkan. Misalnya suatu perusahaan memberi batas maksimal ukuran file yang diperbolehkan adalah 200KB, sehingga jika ukuran file PDF anda melebihi 200KB tidak akan bisa dikirim atau di upload.



Sehingga untuk mengatasi permasalahan tersebut, cara yang paling mudah adalah melakukan kompres file PDF anda. Dengan melakukan kompres, ukuran file PDF tersebut bisa mengecil. Anda bisa melakukan kompres PDF menggunakan perangkat smartphone atau bisa juga menggunakan PC.

Langsung saja, untuk cara paling mudah dalam melakukan kompres file PDF ada di bawah ini.

Menggunakan Aplikasi PDF Compressor


Jika aktivitas anda sering berurusan dengan file PDF, seperti misalnya kantor atau perkuliahan, disarankan untuk menginstal aplikasi kompres PDF ke perangkat anda. Sehingga anda tidak perlu repot apabila anda ingin memperkecil ukuran file PDF yang anda, untuk nama aplikasinya sebagai berikut.


Untuk perangkat PC, anda bisa menginstall sebuah software bernama Free PDF Compressor, anda bisa download melalui tautan link di bawah ini.

DOWNLOAD (FOR PC)


Jika anda menggunakan perangkat smartphone, anda bisa menginstal aplikasi bernama iLovePDF. Anda bisa download aplikasi tersebut di play store atau bisa juga melalui link di bawah ini.



DOWNLOAD (FOR SMARTPHONE)

Aplikasi tersebut terkenal memiliki fitur-fitur yang lengkap terkait dengan file PDF, seperti contohnya kompres PDF, PDF Converter, Unlock PDF, dan masih banyak lagi.


Menggunakan Situs PDF Compressor

1. Jika anda jarang melakukan kompres PDF atau tidak ingin repot-repot menginstal aplikasi PDF Compressor, maka anda bisa menggunakan sebuah situs kompres PDF. Cara ini bisa anda gunakan pada perangkat smartphone maupun komputer, langsung saja untuk caranya seperti di bawah ini.


2. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah buka situs pdfcompressor.com/id/ menggunakan browser perangkat anda, kemudian klik UNGGAH FILE seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.


3. Kemudian upload file PDF yang ingin anda kompres, maka file PDF tersebut secara otomatis dikompres oleh situs tersebut.


4. Langkah terakhir adalah klik unduh pada PDF yang telah dikompres aplikasi tersebut, atau klik unduh semua apabila anda mengkompres banyak file PDF secara sekaligus. Seperti yang ditunjukkan oleh gambar di bawah ini.






Demikian yang dapat Tomtekno sampaikan mengenai cara kompres file PDF, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.




0 Response to "Cara Memperkecil Ukuran File PDF menggunakan Ponsel Smartphone atau PC, Gak Perlu Ribet!"

Post a Comment

Disclaimer

Privacy Policy

Sitemap

Contact