Wajib Tahu, Inilah Jenis Aplikasi yang Paling Banyak Menguras Baterai Ponsel Smartphone!

JENIS-JENIS APLIKASI YANG PALING BANYAK MENGURAS BATERAI PONSEL

Apakah ponsel anda sering kehabisan baterai?, bahkan mengharuskan anda untuk mengecas ponsel 3 kali atau lebih dalam sehari. Mayoritas pengguna smartphone memaklumi hal tersebut, mengingat usia ponsel yang sudah beberapa tahun dan diperkirakan kinerja baterai ponsel juga ikut menurun seiring berjalannya waktu.

Namun sebenarnya masalah baterai tersebut bisa diminimalisir,  mengingat bahwa salah satu penyebab baterai ponsel yang boros adalah aplikasi-aplikasi yang masih berjalan walaupun ponsel dalam kondisi mati. Tentunya aplikasi-aplikasi tersebut akan sangat menguras baterai, walaupun anda jarang menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut.



Terlebih lagi menurut hasil riset, rata-rata pengguna smartphone menggunakan 30 macam aplikasi setiap bulannya. Hal tersebut menandakan bahwa, kira-kira ada 10 macam atau lebih aplikasi yang wajib atau penting digunakan setiap harinya. Tentunya hal tersebut berpengaruh pada baterai smartphone, walaupun pengaruhnya tidak secara langsung. 

Untuk mengatasi masalah tersebut, anda tidak perlu menghapus atau uninstall aplikasi-aplikasi tersebut. Karena ada beberapa aplikasi yang memang sangat dibutuhkan dan penting untuk digunakan. Langsung saja, untuk cara mengatasinya kita bahas di bawah ini.



1. Aplikasi Sosial Media

Setiap pengguna ponsel smartphone tentunya memiliki aplikasi media sosial, contohnya Facebook, Instagram, Twitter, dan lain-lain. Tahukah anda bahwa aplikasi media sosial selalu berjalan di ponsel anda, walaupun anda sedang tidak membuka aplikasi tersebut.


Selain menguras baterai ponsel, aplikasi media sosial juga membutuhkan banyak ruang pada RAM anda. Artinya jika ponsel anda memiliki RAM sekitar 2GB dan memiliki banyak aplikasi media sosial, maka ponsel anda akan terasa lebih berat ketika digunakan. Tentunya hal tersebut akan sangat mengganggu, apalagi jika anda seorang gamer.


Untuk mengatasi hal tersebut anda tidak perlu melakukan uninstall aplikasinya, namun anda bisa menggunakan alternatif lain yaitu mengganti aplikasi tersebut dengan versi Lite. Atau untuk lebih enteng lagi, anda tidak usah menginstall aplikasi media sosial di ponsel anda. Gunakan saja web browser, apabila anda ingin membuka media sosial.


2. Aplikasi Chatting

Pada dasarnya, aplikasi chatting seperti Whatsapp, Facebook Messenger, WeChat, Line, dan lain-lain memang sangat penting untuk komunikasi. Namun tahukah anda bahwa aplikasi-aplikasi chatting selalu berjalan di latar belakang dan tidak pernah berhenti, alhasil tentunya baterai anda lebih cepat habis dibandingkan dengan tidak memiliki aplikasi chat.


Untuk mengatasi hal tersebut, anda tidak perlu melakukan uninstall karena aplikasi chat memang sangat penting. Cara yang terbaik adalah install saja aplikasi chatting yang paling berguna seperti Whatsapp, jangan install semua aplikasi chat hanya karena ingin tampil keren.



3. Aplikasi Penghemat Baterai

Perlu anda ketahui, bahwa menggunakan aplikasi penghemat baterai hampir tidak berpengaruh sama sekali. Malahan jika anda menggunakan aplikasi penghemat baterai, baterai ponsel anda akan semakin boros karena aplikasi tersebut beroperasi sepanjang waktu.



Artinya bukannya baterai anda menjadi awet, yang ada malah baterai ponsel anda semakin boros.



4. Cleaner dan Antivirus

Aplikasi Cleaner dan aplikasi Antivirus juga sama dengan aplikasi penghemat baterai, mungkin yang benar-benar berguna adalah aplikasi Cleaner untuk membersihkan sampah pada memori ponsel.


Sebaiknya anda tidak perlu menginstall aplikasi-aplikasi semacam itu, karena biasanya setiap ponsel sudah dibekali fitur Cleaner dan Antivirus



5. Aplikasi Tema Ponsel dan Background 3D

Aplikasi tema ponsel dan background memang membuat ponsel lebih keren dan tidak membosankan, namun konsekuensi dari menggunakan aplikasi tersebut adalah baterai ponsel yang jadi lebih boros.

Hal tersebut dikarenakan aplikasi-aplikasi tersebut selalu berjalan di latar belakang, sehingga berpengaruh pada baterai ponsel.




6. Aplikasi Navigasi atau Map

Aplikasi navigasi seperti Google Map dan Waze juga cukup menguras baterai ketika anda dalam kondisi online, hal ini dikarenakan aplikasi itu selalu melakukan update lokasi tempat anda berada.

Contohnya mengikuti posisi anda, update keramaian lalu lintas di sekitar, dan lain-lain. Tentunya hal tersebut akan menguras ponsel, walaupun ponsel anda dalam kondisi tidak digunakan.




Demikian beberapa jenis aplikasi smartphone yang menguras banyak baterai, selain kita tahu, kita bisa melakukan langkah terbaik untuk merawat ponsel dan menjaga keawetan baterai. Sekian yang dapat saya sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.





0 Response to "Wajib Tahu, Inilah Jenis Aplikasi yang Paling Banyak Menguras Baterai Ponsel Smartphone!"

Post a Comment

Disclaimer

Privacy Policy

Sitemap

Contact