Cara Mudah Mengatasi dan Agar Terhindar dari Penipuan Online di Whatsapp

TIPS MENGATASI PENIPUAN YANG BERTEBARAN DI WHATSAPP

Whatsapp merupakan aplikasi chatting nomor 1 di dunia saat ini, hal ini tidak mengejutkan karena aplikasi chatting tersebut tidak ada iklan yang mengganggu. Semakin populernya whatsapp, tak heran jika banyak penipuan yang terjadi di whatsapp. 


Oleh karena itu, masyarakat diharapkan untuk selalu sadar dan berhati-hati akan dunia teknologi, serta yang paling utama adalah tidak menelan mentah-mentah informasi yang diperoleh. Karena biasanya, para penipu menggunakan informasi palsu demi melancarkan aksinya.

Beragam aksi penipuan yang dilakukan penipu diantaranya sebagai berikut:
  • Penipuan dengan iming-iming hadiah
  • Menawarkan pinjaman uang.
  • Menawarkan kupon diskon disertai link berbahaya.
  • Berpura-pura sebagai saudara atau keluarga agar bisa meminjam uang.
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kasus Penipuan Online Tahun 2019 yang Terbanyak

Perlu diketahui, bahwa kasus penipuan online terbanyak adalah tahun 2019 yang mencapai sekitar 2.300 kasus. Bahkan pada tahun 2020, jumlah penipuan online bisa melebihi tahun lalu. Karena berdasarkan data yang dicatat, jumlah laporan penipuan setiap tahun terus meningkat.


Melaporkan Ke Pihak Berwajib

Demi melindungi masyarakat dari penipuan, masyarakat dihimbau untuk melaporkan ke pihak berwajib atau kepolisian, apabila terjadi kasus penipuan online. Sehingga kasus tersebut bisa ditelusuri, bahkan untuk dapat mengungkap identitas si pelaku penipuan.

Bahkan pihak kepolisian sudah melakukan kerja sama dengan pihak lain seperti perbankan dan operator seluler, hal tersebut demi mengatasi kasus-kasus penipuan.


Jangan Tergiur dengan Iming-iming Hadiah

Jika terdapat pesan yang isinya menyatakan bahwa anda memenangkan hadiah, sebaiknya anda jangan tergiur atau menginginkan hadiah tersebut. Karena memang sebelumnya anda sama sekali tidak pernah mengikuti kuis dan hadiah tersebut hanya tipuan saja.

Selain itu, jangan sekali-kali membuka link web yang ada di pesan penipuan tersebut. Karena biasanya itu merupakan link hacker yang ingin menyusup ke perangkat anda, cara terbaik yang harus anda lakukan adalah melaporkan ke pihak yang berwajib atau anda bisa memblokir kontak tersebut.


Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.






0 Response to "Cara Mudah Mengatasi dan Agar Terhindar dari Penipuan Online di Whatsapp"

Post a Comment

Disclaimer

Privacy Policy

Sitemap

Contact