Inilah 4 Alasan yang Bisa Membuat Kata Sandi Punah dan Tidak Dipakai Lagi Untuk Keamanan

INILAH BEBERAPA HAL YANG DIPREDIKSI BISA MEMBUAT KATA SANDI PUNAH

Seperti yang kita ketahui, bahwa sejak awal perkembangan smartphone hingga sekarang, fitur keamanan kata sandi atau password merupakan keamanan nomor satu dan paling banyak digunakan pengguna.


Dengan tingkat keamanannya yang cukup tinggi, tak heran jika banyak akun dan data menggunakan kata sandi untuk keamanannya. Namun jenis keamanan ini masih saja bisa dibobol, walaupun kemungkinannya cukup kecil. Selain itu, banyak juga pengguna yang mengeluhkan tentang masalah sering lupa kata sandi.

Oleh karena itu, semakin berjalan waktu dan perkembangan teknologi, muncullah beberapa jenis keamanan baru yang bisa saja menggantikan fitur keamanan kata sandi atau bahkan membuat fitur keamanan kata sandi punah.

Langsung saja, berikut ini beberapa alasan kuat yang bisa membuat fitur keamanan kata sandi punah.


1. Keamanan Tanpa Kata Sandi

Saat ini banyak muncul keamanan tanpa kata sandi yang bermunculan, hal tersebut bertujuan untuk menghadirkan fitur keamanan daripada kata sandi. Misalnya sebagai berikut:


  • Autentikasi 2 faktor: Contohnya kode yang dikirim melalui SMS atau telepon, atau kode seperti Google Authenticator.
  • Teknik biometrik: Contohnya sidik jari atau juga pengenal wajah.
  • Menggunakan perangkat smartphone yang ditautkan.



2. Lebih Kuat Dibanding Kata Sandi

Karena tanpa menggunakan kata sandi, maka tentunya tidak memerlukan informasi pribadi untuk disimpan atau dikirim melalui internet. Sehingga resiko penipuan online dan pencurian data tentu akan sangat berkurang, karena akun hampir mustahil untuk bisa dicuri.


3. Interoperabilitas Meningkat

Interoperabilitas memungkinkan pengguna baru untuk dapat mengakses layanan tertentu, sehingga transaksi lebih luas dan terdapat cara-cara baru dalam bertransaksi. Autentikasi tanpa kata sandi memfasilitasi kepatuhan terhadap peraturan internasional, yang merupakan kunci untuk memperluas bisnis digital di berbagai wilayah.


4. Lebih Hemat Biaya

Walaupun terdengar mustahil, namun berdasarkan survei, karyawan menghabiskan sekitar 10 jam per tahun hanya untuk mengurus kata sandi. 4 dari 5 pelanggaran melibatkan kata sandi yang lemah, dan biaya rata-rata setiap pelanggaran mencapai sekitar USD 4 juta.




Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.






0 Response to "Inilah 4 Alasan yang Bisa Membuat Kata Sandi Punah dan Tidak Dipakai Lagi Untuk Keamanan"

Post a Comment

Disclaimer

Privacy Policy

Sitemap

Contact