Bahaya Malware Bernama Strandhogg yang Menyamar Menjadi Sekitar 500 Aplikasi di Play Store

PENGERTIAN MALWARE DAN BAHAYA ANCAMAN MALWARE STRANDHOGG DI PLAY STORE

Seperti yang kita ketahui, bahwa Malware (Malicious Software) merupakan suatu program yang dirancang dengan tujuan untuk merusak dengan cara menyusup ke sistem komputer atau smartphone.


Malware dapat menyusup ke sistem perangkat melalui pesan email asing, download di internet, dan atau menginstal suatu program aplikasi atau software bajakan maupun tipuan. Malware bisa saja merupakan suatu program yang dijalankan seseorang, dengan tujuan utama menyusup dan mencuri data orang lain atau bisa juga merusak perangkat orang lain.

Malware mencakup beberapa hal, diantaranya Virus, Worm, Trojan horse, sebagian besar RootkitSpyware dan masih banyak lagi.


Baru-baru ini terdengar kabar bahwa terdapat Malware bernama Strandhogg yang menyamar menjadi ratusan aplikasi di play store, celah keamanan pada ponsel Android dimanfaatkan untuk melakukan kejahatan cyber.

Menurut info, Developer software keamanan Promon, melaporkan bahwa terdapat Malware bernama Strandhogg yang tersebar di play store dalam bentuk aplikasi tipuan. Tentunya amat sangat berbahaya jika ada orang yang sengaja atau tidak sengaja menginstall aplikasi tipuan tersebut.

Cara Kerja Malware

Jika Malware ini berhasil masuk ke perangkat anda, maka orang yang menjalankan Malware tersebut memiliki akses pada perangkat anda yang berujung pencurian data. Parahnya adalah Malware bisa membuat smartphone menjadi bricking atau seakan-akan mati total, sehingga si pengguna perangkat tidak bisa melakukan apa-apa.

Data yang diincar biasanya adalah data yang menguntungkan, seperti data pribadi, data rekening yang terhubung dengan smartphone, data SMS, dan lain-lain. Selain itu, pelaku atau yang sering disebut Hacker juga bisa mengetahui lokasi anda berada, serta mengambil akses penuh pada perangkat anda.

Hacker juga mencari password dari akun-akun anda yang tersimpan di perangkat, terutama informasi akun perbankan anda.


Untuk kasus ini, Google sudah bekerja sama dengan beberapa firma keamanan cyber dalam memberantas Malware, Google Play juga sudah memiliki keamanan yang ketat, sehingga tidak akan mudah disusupi aplikasi tipuan.



Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.





0 Response to "Bahaya Malware Bernama Strandhogg yang Menyamar Menjadi Sekitar 500 Aplikasi di Play Store"

Post a Comment

Disclaimer

Privacy Policy

Sitemap

Contact