Cara Mudah Melakukan Reset Ulang pada Router atau Modem DSL, Bisa dari Jarak Jauh

CARA MUDAH RESET MODEM ATAU ROUTER

Apabila sebuah router atau modem yang anda gunakan bekerja tidak baik, jaringan tidak stabil atau bahkan sampai terasa tidak ada koneksi, maka jalan satu-satunya adalah melakukan reset ulang pada modem.

Sebenarnya caranya cukup mudah, yaitu dengan cara menekan tombol reset pada modem tersebut. namun tahukah anda, bahwa reset modem bisa dilakukan dari jarak jauh tanpa harus  menekan tombol reset pada modem.

Dengan demikian, anda bisa lebih mempersingkat waktu dalam melakukan reset modem. Langsung saja, untuk lebih jelasnya kita bahas di bawah ini.


Melalui Web Server

Anda bisa melakukan reset modem atau router melalui web, setiap jenis router memiliki web yang berbeda-beda. Namun seringkali alamat web menggunakan IP 192.168.1.1 atau 192.168.100.1, kemudian search alamat tersebut di browser untuk mengunjungi web server modem anda.


Jika anda gagal mengunjungi web menggunakan alamat IP tersebut, berarti alamat IP yang anda gunakan salah. Untuk mengecek alamat IP router, anda bisa menggunakan bantuan command prompt, apabila anda menggunakan PC.

Caranya adalah buka command prompt pada komputer anda, seperti pada gambar di bawah ini.



Selanjutnya ketik ipconfig dan klik Enter, seperti contoh pada gambar di bawah ini.



Kemudian cek alamat IP default gateway pada hasil, maka alamat IP tersebutlah yang anda gunakan di browser. Seperti pada gambar di bawah ini.



Selanjutnya anda harus melakukan login administrator, jika anda sebelumnya tidak pernah mengganti-ganti nama user dan password, berarti anda bisa login dengan cara menggunakan username admin dan password admin juga.

Setelah berhasil masuk, masuk ke menu pengaturan, kemudian cari dan pilih fitur reset device. Kemudian ikuti langkah-langkah yang ada untuk melakukan reset pada router anda.



Menggunakan Remote Power Switch

Pertama yang harus anda lakukan adalah membeli Remote Power Switch di toko aksesoris komputer terdekat, atau anda juga bisa membelinya di toko online. Kemudian hubungkan perangkat tersebut ke komputer anda dengan mengikuti cara di buku panduan, maka secara otomatis perangkat tersebut akan mengontrol jaringan daya dan internet.

Untuk harga Remote Power Switch berbeda-beda, seperti contoh pada gambar di bawah ini.

Cari perangkat yang sesuai dengan komputer anda. Setelah anda hubungkan dengan komputer dan kabel internet anda, maka anda bisa mengendalikan fungsi tertentu pada komputer dan reset jaringan pada router.

Jika router anda mengalami masalah, maka Remote Power Switch akan mendeteksi masalah tersebut, sehingga anda tidak perlu khawatir.


Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.



0 Response to "Cara Mudah Melakukan Reset Ulang pada Router atau Modem DSL, Bisa dari Jarak Jauh"

Post a Comment

Disclaimer

Privacy Policy

Sitemap

Contact