Cara Alternatif Membuat Baterai atau Penghasil Arus Listrik Menggunakan Kentang

CARA MEMBUAT BATERAI ATAU PENGISI DAYA MENGGUNAKAN KENTANG

Pernahkah anda berpikir untuk melakukan eksperimen-eksperimen, misalnya mencoba hal-hal baru tentang penemuan untuk menambah wawasan anda. Seperti contohnya membuat baterai alternatif dari kentang, yaitu membuat arus listrik dengan memanfaatkan kentang.


Tentunya hal tersebut pasti membuat anda penasaran, bagaimana sebuah kentang mampu menjadi alternatif pengganti baterai. Teknologi ini ditemukan oleh para peneliti di Virginia Tech University, dan bisa anda coba sendiri di rumah.

Hal ini dikarenakan kentang mengandung asam fosfat yang bisa berfungsi sebagai larutan kimia, sehingga bisa mengangkut elektron bolak-balik diantara pelat logam. Dengan menempatkan pelat logam pada kentang, anda bisa membuat baterai alternatif. Langsung saja, untuk cara membuat baterai dari kentang kita bahas lengkap di bawah ini.


Peralatan yang Dibutuhkan

Sebelum lanjut ke proses pembuatan, sebaiknya anda mempersiapkan beberapa hal yang dibutuhkan untuk membuat baterai kentang. Diantaranya sebagai berikut:

1. Galvanized Nail (Paku yang memiliki lapisan seng).


2. Dua buah jepit atau klip buaya.



3. Kentang besar yang masih segar.

4. Koin tembaga


5. Voltmater




Proses Pembuatan

Setelah anda memiliki kelima benda yang dibutuhkan, langsung saja kita lanjut ke proses pembuatan.

1. Langkah pertama tancapkan paku galvanis ke bagian tengah kentang, seperti pada gambar di bawah ini.


2. Kemudian tancapkan koin tembaga di sebelah paku tadi, diharapkan agar kedua benda untuk tidak sampai bersentuhan, karena tujuannya adalah membuat sirkuit arus listrik. Seperti contoh pada gambar di bawah ini.


3. Hubungkan probe voltmater dengan paku dan koin, untuk koin hubungkan dengan probe merah dan paku hubungkan dengan probe hitam. Seperti contoh pada gambar di bawah ini.


4. Selanjutnya pantau hasil angka yang terlihat pada voltmater. Jika nilai negatif, anda hanya perlu menukar ujung probe dan untuk menghasilkan nilai positif. Jika nilai voltase terlalu rendah, coba pindahkan paku agar lebih dekat dengan koin namun jangan sampai bersentuhan.


5. Jika angka voltase yang anda hasilkan sudah lumayan besar, saatnya mencobanya ke benda elektronik. Seperti contoh pada gambar di bawah ini.



Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.



0 Response to "Cara Alternatif Membuat Baterai atau Penghasil Arus Listrik Menggunakan Kentang"

Post a Comment

Disclaimer

Privacy Policy

Sitemap

Contact