Segera Uninstall, 5 Jenis Aplikasi Ini Ternyata Malah Membuat Ponsel Menjadi Lemot dan Panas!

5 JENIS APLIKASI YANG TERNYATA MEMBUAT PONSEL MENJADI LAMBAT

Apakah anda merasakan performa ponsel anda sudah berbeda dan terasa sangat lambat, mungkin hal tersebut disebabkan oleh banyaknya aplikasi di ponsel anda. Aplikasi-aplikasi tersebut berjalan di latar belakang dan mengonsumsi banyak ruang RAM ponsel. Alhasil ponsel anda terasa lambat dan cepat panas, yang mungkin saja bisa membuat anda frustasi.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk melakukan uninstall aplikasi aplikasi yang tidak penting, hal ini bertujuan untuk memberi ruang lebih pada RAM dan memori internal dan bahkan mencegah ponsel anda agar tidak lemot.


Namun tahukah anda, bahwa terdapat beberapa aplikasi yang ternyata malah membuat ponsel anda menjadi lambat, bahkan menguras penggunaan baterai ponsel. Oleh karena itu, dianjurkan kepada anda untuk tidak menginstall jenis-jenis aplikasi di bawah ini.



1. Aplikasi Pemercepat RAM Ponsel

Apakah anda menggunakan aplikasi pemercepat RAM ponsel, ternyata aplikasi tersebut bisa berdampak buruk pada ponsel anda. Walaupun memang aplikasi ini menghentikan aplikasi-aplikasi yang berjalan di latar belakang, namun tak sedikit yang terkena kasus ponsel error dan baterai boros setelah anda menginstall aplikasi ini.


Lebih baik uninstall saja aplikasi yang tidak terpakai, atau menonaktifkannya di pengaturan aplikasi pada pengaturan ponsel. Karena aplikasi jenis ini bukannya mempercepat RAM, malah menambah jumlah aplikasi yang berjalan di latar belakang, karena aplikasi pemercepat RAM tidak akan pernah berhenti berjalan di ponsel anda.



2. Aplikasi Penghemat Baterai

Aplikasi penghemat baterai pada dasarnya mirip dengan aplikasi pemercepat RAM, karena aplikasi ini juga berfungsi untuk menghentikan aplikasi-aplikasi yang berjalan di latar belakang.



Namun kelebihan dari aplikasi ini adalah ketika ada aplikasi yang sangat menguras daya, maka aplikasi tersebut akan dinonaktifkan saat tidak digunakan. Walaupun demikian, tetap saja aplikasi ini bisa membuat ponsel anda lemot dan cepat panas.



3. Aplikasi Pembersih Sampah

Aplikasi jenis ini sepertinya banyak digunakan oleh pengguna ponsel smartphone, karena para pengguna menganggap setelah menghapus cache atau sampah, ruang penyimpanan internal ponsel mereka menjadi lebih longgar dan ponsel menjadi terasa lebih enteng.



Namun tahukah anda bahwa terdapat banyak kasus tentang ponsel yang error setelah menggunakan aplikasi pembersih sampah, hal ini mungkin dikarenakan data penting sistem yang ikut terhapus saat melakukan pembersihan.

Sebenarnya anda tidak membutuhkan aplikasi pembersih sampah, karena anda bisa membersihkan cache setiap aplikasi secara manual di pengaturan ponsel. Seperti pada gambar di bawah ini.





4. Aplikasi Media Sosial dan Browser

Tahukah anda, aplikasi media sosial dan browser merupakan aplikasi yang paling banyak membuat cache atau sampah pada ponsel, jadi anda harus rajin membersihkan cache pada aplikasi-aplikasi tersebut setidaknya seminggu sekali.



Selain bertujuan untuk membersihkan memori, ponsel anda juga akan terasa lebih enteng setelah menghapus cache pada aplikasi-aplikasi tersebut.



5. Aplikasi Bawaan Ponsel

Ponsel baru produksi cina seperti Oppo, Vivo, atau Xiaomi biasanya sudah dilengkapi banyak aplikasi. Bahkan aplikasi aneh dan tidak penting juga ada pada ponsel yang baru anda beli tersebut, tentunya akan sangat menguras penyimpanan dan RAM anda.



Oleh karena itu, diharapkan untuk melakukan uninstall pada aplikasi bawaan yang tidak penting tersebut.


Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.





0 Response to "Segera Uninstall, 5 Jenis Aplikasi Ini Ternyata Malah Membuat Ponsel Menjadi Lemot dan Panas!"

Post a Comment

Disclaimer

Privacy Policy

Sitemap

Contact