Inilah 5 Teknologi Super Canggih yang Digunakan Dalam Dunia Sepakbola, Pertandingan Lebih Adil

TEKNOLOGI CANGGIH YANG DIGUNAKAN DI SEPAKBOLA

Di zaman yang serba teknologi ini, keberadaan teknologi sangat penting di semua bidang pekerjaan. Selain memudahkan pekerjaan manusia, teknologi juga menandakan perkembangan sebuah peradaban yang lebih modern.


Hampir semua jenis bidang pekerjaan sekarang tidak luput dengan teknologi, salah satunya adalah bidang olahraga sepakbola. Sepakbola sekarang dilengkapi dengan teknologi canggih, demi membantu dalam menciptakan pertandingan yang lebih sportif. Langsung saja, kita bahas teknologi-teknologi tersebut di bawah ini.



1. Goal Line Technology (GLT)

Goal Line Technology (GLT) atau teknologi garis gawang merupakan teknologi yang dibuat khusus untuk memantau garis gawang, hal ini bertujuan sebagai penentu apakah bola sudah masuk melewati garis atau belum.

Terdapat 7 buah kamera pengawas yang terletak di berbagai sudut yang memantau ke arah gawang dan mampu mendeteksi masuk tidaknya bola, total terdapat 14 kamera untuk memantau 2 gawang.



Apabila bola terdeteksi sudah melewati garis gawang, hal tersebut menandakan telah terjadi gol dan sinyal gol langsung terkirim ke jam tangan wasit, sehingga wasit bisa langsung meniup peluit untuk mensahkan gol tersebut.


Pesan gol tersebut diterima wasit dalam waktu 1 detik, sehingga tidak ada lagi kasus bola yang sudah masuk namun dianggap tidak gol.



2. Video Assistant Referee (VAR)

Video Assistant Referee atau VAR merupakan teknologi yang berfungsi mengawasi jalannya pertandingan, dengan menggunakan banyak kamera pengawas yang tersebar di segala penjuru stadion.

Ketika terjadi pelanggaran yang cukup kontroversial, wasit bisa menonton cuplikan video tayangan ulang dari VAR. Kemudian wasit bisa menentukan tindakan selanjutnya, sehingga menciptakan keputusan yang adil dalam pertandingan.

Apabila terjadi sebuah pelanggaran dan wasit tidak melihatnya, maka para pemain bisa meminta wasit untuk menonton VAR untuk mengevaluasi hal yang terjadi. Teknologi ini sangat membantu jalannya pertandingan, demi mewujudkan pertandingan yang adil.



3. Electronic Performance & Tracking System

Elecronic Performance & Tracking System merupakan sebuah alat khusus yang dipasang di badan atau baju pemain sepakbola, alat ini berfungsi untuk mendeteksi dan merekam aktivitas pemain, diantaranya mendeteksi jarak tempuh, kecepatan berlari, hingga mendeteksi detak jantung.



Teknologi ini bisa memonitor pergerakan dan jarak tempuh pemain di lapangan, bahkan bisa membantu pelatih dalam menyusun strategi permainan.



4. Artificial Turf

Artificial Turf atau rumput sintetis merupakan rumput buatan yang banyak digunakan di stadion-stadion modern, rumput sintetis diklaim lebih tahan dalam cuaca ekstrem dibanding rumput biasa.



Namun tidak sembarangan rumput sintetis boleh digunakan untuk lapangan sepakbola, rumput sintetis tersebut harus sudah menjalani uji kualitas dari FIFA.



5. Jarsey Menyerap Keringat

Jarsey atau kostum sepakbola juga mendapat perkembangan teknologi, jarsey tersebut mendapat inovasi khusus sehingga mampu menyerap keringat pemain. Tak hanya itu, jarsey modern juga dapat menyaring temperatur panas dan udara dingin yang menembus ke tubuh.



Demikian beberapa teknologi canggih yang ada di dunia sepakbola, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.



0 Response to "Inilah 5 Teknologi Super Canggih yang Digunakan Dalam Dunia Sepakbola, Pertandingan Lebih Adil"

Post a Comment

Disclaimer

Privacy Policy

Sitemap

Contact