Inilah 5 Tingkat Ancaman Bahaya yang Ada di Internet, Wajib Tahu dan Berhati-hati!

5 TINGKATAN LEVEL BAHAYA YANG MENGINTAI DI INTERNET

Internet merupakan suatu jaringan komunikasi global yang menghubungkan hingga milyaran perangkat. Dalam internet juga terdapat hal positif dan negatif, tergantung si pengguna internet.


Bahkan terdapat banyak ancaman bahaya yang ada di internet, hal tersebut dibedakan menjadi 5 tingkatan ancaman bahaya. Untuk pengguna internet wajib memahami permasalahan ini, sehingga bisa menghindari kerugian yang disebabkan dari salah langkah dalam menggunakan internet.

Berikut ini tingkatan level ancaman bahaya yang ada di internet, langsung saja kita bahas di bawah ini.


1. Aman

Pada level aman, mengindikasikan situs dengan resiko bahaya yang rendah. Bahkan situs-situs yang masuk dalam tingkat level ini, hampir sama sekali tidak ada resiko dari serangan virus, malware, maupun kejahatan internet lainnya seperti pencurian data.


Situs-situs ini biasanya merupakan situs yang dibuat secara khusus dan sangat dijaga keamanannya.



2. Cukup Aman

Di tingkat cukup aman memiliki resiko ancaman bahaya, namun kemungkinannya sangat kecil. Misalnya situs-situs yang memiliki resiko terkena malware, walaupun sangat kecil kemungkinannya.

Contohnya iklan-iklan pada situs yang sering menawarkan barang-barang gratis seperti laptop, smartphone dan lain-lain. Kemudian anda akan diminta mengisi data-data pribadi sebagai syarat mendapatkan barang gratis tersebut, walaupun sebenarnya anda juga tidak akan mendapatkan barangnya.


Aplikasi media sosial dan aplikasi yang membutuhkan layanan lokasi juga termasuk pada level ini, karena aplikasi-aplikasi tersebut bisa menjadi tempat para penjahat mencuri data pribadi dan menemukan lokasi korban.



3. Sedang

Di tingkat sedang, merupakan situs-situs yang memiliki banyak celah untuk disusupi oleh malware dan virus. Cookies dari flash juga cukup berbahaya, karena mampu melacak situs yang anda kunjungi.



Kemudian anda juga harus berhati-hati terhadap link-link mencurigakan yang dikirim ke alamat email anda, terutama pesan-pesan yang masuk di menu spam. Situs-situs yang berisi iklan juga memiliki potensi bahaya, karena bisa saja merupakan alat yang digunakan oleh scammer atau penipu.



4. Berbahaya

Di level ini, sangat mengancam keamanan diri dan data privasi anda. Anda harus berhati-hati dari ancaman link yang bersebaran di media sosial, karena biasanya link-link tersebut digunakan oleh scammer dan hacker untuk mencari informasi atau juga untuk mendapatkan akun anda.

Selain itu, malware dan virus yang diselipkan di file hasil download gratis juga termasuk di level ini. Karena biasanya file tersebut digunakan oleh hacker untuk menyusup ke perangkat anda dan mencuri semua data-data yang ada.



5. Sangat Berbahaya

Pada tingkat sangat bahaya merupakan aplikasi atau situs yang dimodifikasi, serta dibuat khusus untuk membobol dan mencuri semua data pribadi maupun akun yang tersimpan di perangkat anda.

Aplikasi atau situs tersebut didesain sedemikian mungkin, hingga para korban tidak menyadari bahwa aplikasi atau situs tersebut sangat berbahaya. Seperti contohnya Antivirus bajakan dan situs nonton film.





Demikian beberapa tingkatan bahaya yang ada di internet, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.



0 Response to "Inilah 5 Tingkat Ancaman Bahaya yang Ada di Internet, Wajib Tahu dan Berhati-hati!"

Post a Comment

Disclaimer

Privacy Policy

Sitemap

Contact