Inilah Daftar Lengkap 8 Jenis Prosesor Ponsel Smartphone, Mana yang Paling Bagus?

JENIS-JENIS PROSESOR PADA PONSEL SMARTPHONE

Prosesor smartphone merupakan salah satu komponen penting, tentunya untuk patokan dalam melihat keunggulan spesifikasi ponsel smartphone. Prosesor juga bisa menjadi pertimbangan untuk pembeli sebelum membeli ponsel smartphone, merek prosesor yang berbeda-beda membuat kita harus paham jenis-jenis dan keunggulan yang dimiliki setiap prosesor.


Dari sekian banyaknya jenis prosesor smartphone, mungkin yang tidak asing di telinga adalah Snapdragon dan Mediatek. Memang tidak heran, karena jenis prosesor tersebut yang menguasai pasaran dan paling sering dijumpai.

Namun siapa sangka, jika ada pula jenis prosesor smartphone selain kedua jenis tersebut. langsung saja untuk daftar lengkap jenis-jenis prosesor smartphone, kita bahas di bawah ini.


1. Snapdragon

Snapdragon merupakan prosesor yang paling sering digunakan pada ponsel smartphone, tak heran jika banyak pengguna smartphone tidak asing dengan nama prosesor ini. Snapdragon sendiri merupakan prosesor yang diciptakan oleh perusahaan Qualcomm, perusahaan ini berdiri sejak tahun 1985 dan terus berkembang sampai sekarang.



Qualcomm tercatat sudah mendapatkan berbagai macam pencapaian serta penemuan, hingga menjadi salah satu perusahaan yang paling berpengaruh di dunia teknologi. Prosesor ini memiliki keunggulan jika digunakan untuk bermain game dan browsing yang lebih baik, untuk seri terbarunya adalah Snapdragon 855.


2. Mediatek Helio

Helio merupakan prosesor yang diciptakan oleh perusahaan Mediatek, perusahaan Mediatek didirikan di taiwan pada tanggal 28 mei 1997 dan terus berkembang hingga sekarang. Prosesor ini cukup terkenal dan menjadi saingan berat dari Snapdragon, prosesor seri terbarunya adalah Helio G90T.



Prosesor ini memiliki keunggulan yaitu harganya yang lebih terjangkau, namun memiliki kualitas tinggi. Tak heran jika banyak vendor smartphone yang ingin menciptakan ponsel spesifikasi tinggi namun dengan harga terjangkau, yaitu dengan cara menggunakan prosesor ini pada ponsel mereka.



3. Apple

Terkenal memproduksi perangkat dengan keamanan yang ketat, tak heran jika Apple memproduksi prosesor buatan sendiri. Apple telah mengembangkan serangkaian prosesor (System on Chip) untuk perangkat-perangkat besutannya.



Untuk seri terbaru prosesor Apple diberi nama Apple A, bahkan Apple A masih memiliki beberapa versi. untuk versi terbarunya adalah Apple bionik A12, dan hanya digunakan untuk perangkat-perangkat Apple saja.



4. Intel Atom

Perlu diketahui, bahwa prosesor Intel tidak hanya ada di perangkat PC. Terdapat pula prosesor intel yang digunakan untuk smartphone, prosesor ini diberi nama Intel Atom. Memiliki ukuran yang sangat kecil, membuat prosesor ini mendapat gelar sebagai prosesor terkecil di dunia.



Namun untuk masalah performa, tentunya tidak kalah dengan kualitas prosesor Intel di perangkat PC. Bahkan prosesor ini pernah digunakan oleh beberapa vendor, diantaranya Asus dan Lenovo.



5. Kirin

Bagi anda para pengguna ponsel Huawei, tentunya sudah tidak asing lagi dengan prosesor Kirin. Benar, prosesor buatan Huawei ini hanya digunakan khusus untuk perangkat-perangkat milik Huawei saja.



Prosesor ini dikembangkan berdasarkan arsitektur ARM Cortex, dan seri terbarunya adalah Kirin 980.



6. Exynos

Seakan tak mau kalah dengan para pesaingnya, Samsung juga mengembangkan prosesor bernama Exynos yang digunakan khusus untuk ponsel Samsung. Bahkan seri terakhir yaitu Exynos 9825 digunakan pada ponsel Samsung Galaxy Note 10, yang diprediksi akan menjadi ponsel unggulan di tahun ini.



Untuk kualitas tentunya sudah tidak perlu dikhawatirkan lagi, mungkin anda bisa merasakan sensasi dari prosesor ini pada ponsel unggulan milik Samsung.


7. Nvidia Tegra

Nama Nvidia mungkin sudah tidak asing di telinga para pengguna komputer, karena terkenal sebagai GPU terbaik di PC yang cocok untuk gaming. Namun siapa sangka, bahwa Nvidia juga menciptakan prosesor bernama Nvidia Tegra, yang digunakan khusus untuk ponsel Nvidia.



Namun ternyata prosesor ini tidak hanya digunakan untuk perangkat smartphone saja, nyatanya Nintendo Switch juga menggunakan prosesor Nvidia Tegra seri X1.



8. OMAP

Dari sekian banyaknya merek prosesor smarphone, mungkin prosesor inilah yang paling asing di telinga kita. Bagaimana tidak, karena ponsel ini berada di puncak kejayaan pada tahun 2011. Namun semenjak hadirnya Snapdragon, prosesor ini memutuskan untuk berhenti produksi karena kalah saing.



Bahkan vendor sekelas Samsung dahulu pernah menggunakan prosesor ini, namun amat disayangkan karena prosesor ini tidak mampu berkembang lebih jauh.



Demikian beberapa merek prosesor smartphone yang ada saat ini, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.



0 Response to "Inilah Daftar Lengkap 8 Jenis Prosesor Ponsel Smartphone, Mana yang Paling Bagus?"

Post a Comment

Disclaimer

Privacy Policy

Sitemap

Contact