Ternyata Ini Alasan Ponsel Produksi China Dijual Lebih Murah Namun Memiliki Spesifikasi Tinggi!

ALASAN HP CHINA MEMILIKI HARGA YANG LEBIH MURAH

Pernahkah kita bertanya-tanya, tentang mengapa ponsel smartphone buatan vendor china dijual dengan harga lebih murah dibanding dengan ponsel buatan negara lain. Walaupun dijual lebih murah, namun secara kualitas ponsel buatan china mampu bersaing dengan ponsel buatan negara lain.



Bahkan zaman sekarang anda sudah bisa membeli ponsel smartphone kualitas mempuni hanya dengan modal uang sekitar 2 juta rupiah. Namun bagaimana cara produsen smartphone tersebut tidak mendapat kerugian?. langsung saja, berikut ini alasan-alasan ponsel china bisa dijual dengan harga murah.



1. Menonjolkan Salah Satu Komponen Smartphone

Yang pertama berkaitan dengan strategi pemasaran ponsel, yakni dengan menguasai pasar kelas menengah ke bawah. Caranya adalah dengan menonjolkan sebagian komponen ponsel, misalnya RAM dan Penyimpanan yang besar.


Namun di lain hal, beberapa komponen dibuat standar ke bawah, misalnya casing, baterai yang biasa, serta tidak ada perangkat tambahan seperti headset dan lain-lain. Tentunya hal ini sangat memikat para konsumen, karena penyimpanan dan RAM merupakan hal yang diutamakan para pengguna smartphone.



2. Biaya Tenaga Kerja Murah

Tahukah anda, bahwa biaya untuk menggaji para pekerja pembuat ponsel china masih tergolong murah, jika dibandingkan dengan negara lain. Selain itu, china juga memiliki infrastruktur yang lengkap untuk produksi alat elektronik, sehingga tidak terlalu membutuhkan bantuan negara lain dalam produksi.



Namun perlu diketahui, bahwa tidak semua produk buatan china bersifat buruk. Nyatanya Apple dan Sony masih mengontrak Foxconn, yakni perusahaan taiwan yang memiliki banyak pabrik di china.



3. Produksi Secara Massal

Ponsel china melakukan produksi smartphone dengan jumlah yang lebih besar dibandingkan ponsel lain seperti Apple dan Sony. Intinya, barang yang diproduksi secara massal dapat menurunkan biaya produksi, sehingga harga produk juga bisa diturunkan.



4. Profit Margin Rendah

Berbeda dengan Apple yang menganggap iPhone sebagai barang yang mewah, vendor smartphone china memiliki pendapat yang berbeda terhadap produk-produknya. Jika Apple bisa mengambil untung sekitar mencapai 50%, maka produk china hanya mengambil untung 5% saja, namun jumlah produksi yang berkali lipat lebih banyak.



5. Online Marketing

Rata-rata smartphone china menggunakan strategi pemasaran online marketing, seperti misalnya iklan di internet dan melalui toko-toko online. Hal ini nyatanya sangat efisien, karena hampir 100% pengguna smartphone memiliki akses internet.



Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.



0 Response to "Ternyata Ini Alasan Ponsel Produksi China Dijual Lebih Murah Namun Memiliki Spesifikasi Tinggi!"

Post a Comment

Disclaimer

Privacy Policy

Sitemap

Contact