Sejarah Atau Asal-usul Awal Mula Terciptanya Mesin Pencari Web atau Search Engine di Internet

  PENGERTIAN APA ITU MESIN PENCARI WEB DI INTERNET

Mungkin Search Engine (mesin pencari web) yang paling terkenal saat ini adalah Google, tak heran jika lebih dari 75% orang di dunia menggunakan mesin pencari ini. Namun dibalik terkenal dan canggihnya mesin pencari Google, pernahkah kita bertanya-tanya tentang bagaimana awal mula atau sejarah mesin pencari web tercipta.


Untuk mempersingkat waktu, langsung saja kita bahas lebih lengkap di bawah ini.

Pengertian Mesin Pencari Web

Mesin pencari web (web search engine) merupakan program komputer yang diciptakan untuk melakukan pencarian berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis, dan news group dalam suatu komputer peladen dalam suatu jaringan. Hasil pencarian pada umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar, dan diurutkan berdasarkan rasio pengunjung.

Informasi yang menjadi target pencarian bisa menjadi berbagai macam jenis, diantaranya situs web, gambar, video, dan lain-lain. Sebagian besar mesin pencari dijalankan oleh perusahaan swasta, sehingga menggunakan algoritme kepemilikan dan basis data tertutup. Namun ada juga mesin pencari dengan sumber terbuka, seperti Htdig, Nutch dan lain-lain.



Sejarah Mesin Pencari Web

Sejak awal perkembangan internet, Tim Barners-Lee membuat sebuah situs web (1992) yang berisikan daftar situs web yang ada di internet melalui peladen web CERN. Semakin banyak situs web yang hadir, membuat situs ini tidak memungkinkan untuk dikelola oleh manusia lagi.


Utilitas pertama yang digunakan untuk pencarian di internet adalah Archie yang berasal dari kata Archive, dibuat pada 1990 oleh Alan Emtage, Bill Heelan, dan J.Peter Deutsch yang merupakan mahasiswa di universitas McGill, Amerika Serikat.

Cara kerja program tersebut adalah dengan cara mengunduh daftar direktori dan berkas yang terdapat pada layanan ftp publik (Anonim), kemudian memuatnya ke dalam basis data yang memungkinkan pencarian.


Kemudian muncul mesin pencari baru seperti Aliweb pada tahun 1993 dan Lycos pada tahun 1994, menyusul Yahoo yang hadir pada tahun 1995. Demi menguasai persaingan mesin pencari web, yahoo mengakuisisi beberapa mesin pencari seperti Alltheweb, Altavista, dan Inktomi, serta mengutamakan pencarian web daripada layanan-layanan lainnya.



Persaingan pada Mesin Pencari Web

Dalam sejarah mesin pencari web, Google dan Bing baru hadir pada tahun 1998, keduanya harus bersaing keras dalam bidang mesin pencari. pada tahun 2000, yahoo berhasil menjadi mesin pencari nomor satu, namun hal tersebut tidak bertahan lama setelah google berhasil menggeser dan menjadi mesin pencari nomor satu hingga saat ini.



Manfaat Mesin Pencari

  1. Merupakan tempat untuk kebanyakan orang mencari informasi atau sesuatu di internet.
  2. Sebagian besar pengguna mesin pencari tidak pernah melewatkan 2 halaman pertama dari hasil pencarian.
  3. Di negara-negara maju, penjualan yang dilakukan melalui internet sudah mencapai sekitar 20%, dari keseluruhan transaksi tahunan.
  4. memudahkan masyarakat dalam mencari informasi di internet.


Cara Kerja Mesin Pencari

Mesin pencari web bekerja dengan cara menyimpan banyak halaman web, yang diambil secara langsung dari WWW. halaman-halaman ini diambil menggunakan web crawler, dan browser yang secara otomatis mengikuti setiap link yang dilihatnya. Secara umum disebut proses indeks, atau mendaftarkan halamam web ke internet.

Data tentang halaman web disimpan dalam database indeks, agar bisa digunakan dalam pencarian selanjutnya. Contohnya Google yang menyimpan seluruh atau sebagian halaman sumber yang biasanya disebut cache, maupun informasi tentang web itu sendiri.


Kategori Mesin Pencari

Mesin Pencari dan Mesin Pencari-Meta
  1. Menyimpan data dalam bentuk teks penuh pada halaman yang terpilih.
  2. Pencarian berdasarkan kata kunci, mereka mencoba mencocokkan dengan tepat kata kunci tersebut dengan teks yang ada dalam dokumen.
  3. Tidak perlu dilakukan browsing, dan tidak ada subjek dari kategori.
  4. Database disaring dan dikumpulkan oleh spider pada komputer yang memiliki program robot, dengan kemampuan seminimal mungkin dari pandangan atau sentuhan manusia.
  5. Ukuran search engine: mulai dari skala kecil hingga mampu menyimpan sangat banyak (sekitar hingga 20 miliar halaman web).
  6. Meta-search engine dengan cepat melakukan pencarian ke dalam beberapa data base dari berbagai search engine dalam satu kali permintaan. Hasilnya adalah daftar yang hasilnya dan penggabungan hasil pencarian dari beberapa mesin pencari yang mereka libatkan. Contohnya Google dan Yahoo Search.
 Subject Directories
  1. Seleksi dari situs yang ada merupakan seleksi langsung yang dilakukan oleh manusia, kadang kala para ahli melakukannya untuk subjek tertentu.
  2. Sering dengan hati-hati dievaluasi dan menjaga informasi baru yang mereka miliki, namun tidak selalu, terutama untuk mereka yang telah memiliki data yang banyak dan bersifat general.
  3. Biasanya dikelola dalam bentuk subjek dan direktori yang tersusun secara hierarki.
  4. Sering dilengkapi dengan catatan mengenai deskripsinya ( tidak untuk Yahoo).
  5. Subjek dapat di-browse subjek dan kategorinya atau melakukan pencarian berdasarkan kata-kata tertentu.
  6. Dokumen yang tidak penuh teks pencarian akan diminta lebih spesifik dibandingkan dengan pencarian melalui mesin pencari, karena kata kunci tidak bisa dibandingkan dengan isi dari halaman suatu situs, melainkan hanya pada subjek, kategori-kategori, dan deskripsi.
  7. Terdapat ribuan atau bahkan lebih subjek direktori dalam praktik dan kenyataannya apa saja yang dipikirkan di sana.
Specialized Database (invincible web)
  1. Merupakan web yang menyediakan akses melalui suatu kotak pencarian ke dalam isi database pada sebuah komputer di suatu tempat.
  2. Dapat saja berubah berbagai topik, dapat pula juga hal yang komersial, pekerjaan yang spesifik, pemerintahan, dan lain-lain.
  3. Juga terdiri dari banyak halaman yang menghasilkan hasil pencarian dari katalog direktori online.


Unsur-unsur pada Search Engine

1. Spider
Adalah program yang menjaring halaman-halaman yang ditemukan, mirip dengan browser. Perbedaanya adalah browser menampilkan secara langsung informasi yang ada, seperti berkas, gambar, video, dan lain-lain.

Spider tidak melakukan untuk menampilkan dalam bentuk seperti itu, karena kepentingannya hanya untuk mesin dan bukan untuk manusia. Spider juga dijalankan secara otomatis oleh mesin, gunanya adalah untuk mengambil halaman-halaman yang dikunjunginya untuk disimpan ke dalam database yang dimiliki oleh search engine.

2. Crawler
Adalah program yang digunakan untuk melacak dan menemukan link yang terbapat pada setiap halaman yang ditemuinya, tugasnya adalah mengarahkan spider harus pergi ke mana dan mengevaluasi link berdasarkan alamat yang ditentukan dari awal. Crawler mengikuti link dan menemukan berkas yang belum dikenal oleh search engine.

3. Indexer
Merupakan komponen yang melakukan aktivitas menguraikan masing-masing halaman dan lain-lain.
Demikian yang dapat saya sampaika, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.

0 Response to "Sejarah Atau Asal-usul Awal Mula Terciptanya Mesin Pencari Web atau Search Engine di Internet"

Post a Comment

Disclaimer

Privacy Policy

Sitemap

Contact