Pengertian dan Perbedaan Antara Smartwatch dan Smartband, Mana yang Lebih Canggih?

INILAH PERBEDAAN ANTARA SMARTWATCH DAN SMARTBAND

Di perkembangan zaman yang semakin modern ini, tentunya semua teknologi yang ada pasti menjadi semakin canggih. Jika dahulu jam tangan menggunakan teknologi roda gigi, sekarang hadir jam tangan smartwatch dan smartband yang memanfaatkan teknologi smartphone.

Banyak yang mengira jika kedua perangkat tersebut sama dan hanya berbeda nama, namun sebenarnya keduanya merupakan perangkat yang berbeda. Banyaknya kelebihan yang dimiliki oleh jam tangan berikut ini, membuat perangkat ini banyak diburu oleh masyarakat.


Namun sebelum membeli perangkat, alangkah baiknya jika kita tahu terlebih dahulu perbedaan di antara keduanya. Langsung saja, kita bahas lebih lengkap di bawah ini.

Pengertian Smartwatch


Smartwatch merupakan smartphone yang dipakai dalam bentuk jam tangan atau sering disebut jam tangan pintar, jam tangan ini menyediakan antarmuka layar sentuh dalam melakukan pengoperasian. Sementara aplikasi smartphone yang digunakan merupakan penyedia untuk manajemen dan telemetri.


Pengertian Smartband


Smartband adalah perangkat wearable yang memiliki fungsi sebagai fitness tracker atau pelacak kesehatan bagi anda yang ingin meningkatkan level kebugaran. Intinya smartband merupakan perangkat yang digunakan untuk mengontrol dan memantau kesehatan atau kebugaran tubuh, seperti misalnya memantau tekanan darah.


Perbedaan Fungsi
  • Smartwatch: Pada umumnya, smartwatch memiliki spesifikasi dan fitur yang lebih lengkap layaknya smartphone. Bahkan anda juga bisa menginstal beberapa aplikasi smartphone pada perangkat ini, anda juga bisa melakukan panggilan dan mengirim pesan menggunakan perangkat ini.
  • Smartband: Berbeda dengan smartwatch, smartband dibuat khusus untuk fitness tracker penggunanya. Perangkat ini dapat digunakan untuk mengontrol kesehatan pengguna, diantaranya detak jantung, jumlah kalori tubuh, hingga kualitas tidur.

Bentuk Perangkat


Dari bentuk desain, anda juga bisa membedakan antara smartwatch dan smartband. Jika smartwatch berbentuk seperti jam tangan canggih, maka smartband memiliki bentuk seperti gelang.


Harga

Untuk harga, smartwatch tentunya memiliki harga yang lebih mahal dibanding smartband. Jika harga smartband paling mahal sekitar 1 juta rupiah, maka harga smartwatch paling mahal bisa mencapai 5 juta rupiah. Tentunya harga tersebut sesuai dengan kualitas.


Demikian beberapa perbedaan antara smartwatch dan smartband, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.



0 Response to "Pengertian dan Perbedaan Antara Smartwatch dan Smartband, Mana yang Lebih Canggih?"

Post a Comment

Disclaimer

Privacy Policy

Sitemap

Contact