Alasan mengapa eSports Termasuk Salah Satu Jenis Olahraga, Ternyata Ini Keuntungannya?

 MENGAPA ESPORTS TERGOLONG SALAH SATU JENIS OLAHRAGA? TERNYATA INI JAWABANNYA!

Belum lama ini eSports telah diresmikan menjadi salah satu jenis olahraga, yang bahkan menjadi salah satu cabang yang dipertandingkan dalam pesta akbar olahraga seperti Asian Games. Untuk menjadi atlet eSports, para gamer harus memiliki skill mempuni di atas rata-rata, kerja sama tim, dan mental juara yang tinggi.

Berikut ini Tomtekno menyimpulkan dan merangkum, tentang alasan mengapa eSports cocok disebut olahraga. Langsung saja, untuk lebih lengkapnya kita bahas di bawah ini.


1. Membutuhkan Skill dan Pergerakan Fisik

Seorang pemain eSports harus terus berlatih demi meningkatkan skill bermain game, oleh karena itu, setiap orang atlet eSports biasanya hanya fokus mendalami satu game per orang. Namun mereka juga harus bersaing satu sama lain, apabila ingin menjadi wakil negara di ajang internasional.


Menurut hasil penelitian, setiap atlet eSports setidaknya melakukan 400 gerakan pada keyboard dan mouse per menitnya. Menggerakkan kedua tangan secara bersamaan juga membutuhkan kerja lebih pada otak. Durasi bermain pun juga berpengaruh, karena pemain eSports biasanya menghabiskan waktu paling tidak 6 jam per kompetisi.



2. Mengasah Otak

Dalam bermain game, atlet eSports juga memerlukan kinerja otak yang lebih. Pemain juga harus berpikir tentang strategi dan taktik demi membuat performa terbaik, tak heran jika pemain juga bisa merasa kelelahan setelah bermain game.

Selain itu, pemain juga harus pintar  dan cepat dalam mengambil keputusan, tak heran jika bermain game juga bisa melatih seseorang untuk cepat tanggap.



3. Membutuhkan Taktik dan Strategi

Seorang atlet eSports juga harus berpikir keras dalam menyusun taktik dan strategi permainan, hal ini bertujuan demi membuat peluang lebih besar dalam memenangkan pertandingan.

Terlebih lagi apabila game yang dimainkan merupakan game yang membutuhkan tim, sehingga para pemain harus kompak dan bekerja sama dengan anggota tim.



4. Membutuhkan Mental dan Kebugaran

Seorang atlet eSports juga harus mampu menjaga mental dan kebugaran tubuhnya, hal ini demi mendukung performa dan mood yang baik ketika dalam pertandingan. Pola makan dan jam istirahat juga harus dikontrol, karena hel tersebut sangat berkaitan dengan kebugaran tubuh.

Ketenangan pikiran juga perlu demi bisa fokus akan pertandingan. Para pemain juga harus berhati-hati akan potensi stres yang diakibatkan oleh ketatnya persaingan dan jadwal tanding yang padat.

Bahkan para atlet eSports juga wajib berhati-hati akan resiko serangan jantung dan tekanan darah yang diakibatkan oleh terlalu lama duduk.



5. Adanya Peraturan Pertandingan

Sama halnya dengan cabang olahraga lainnya, eSports juga memiliki peraturan dalam pertandingan. Seperti misalnya tidak boleh menggunakan cheat, dilarang menggunakan alat tambahan, dan masih banyak lagi. Peraturan-peraturan tersebut biasanya berbeda-beda, sesuai dengan game yang dipertandingkan.

Bahkan apabila ada pemain yang ketahuan melanggar seperti menggunakan cheat di pertandingan, pemain tersebut bisa saja masuk penjara karena hal tersebut juga melanggar hukum.



Demikian beberapa hal yang menguatkan pernyataan jika eSports juga salah satu cabang olahraga, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.




0 Response to "Alasan mengapa eSports Termasuk Salah Satu Jenis Olahraga, Ternyata Ini Keuntungannya?"

Post a Comment

Disclaimer

Privacy Policy

Sitemap

Contact