5 Hal yang Bisa Membuat Manusia Masuk Era Kegelapan Teknologi atau Punahnya Teknologi

BEBERAPA HAL YANG BISA MEMBUAT PUNAHNYA TEKNOLOGI

Pada perkembangan zaman yang semakin modern ini, tentunya segala hal hampir tidak luput dari teknologi. Bahkan banyak pekerjaan manusia yang sangat bergantung pada teknologi, hal tersebut menyatakan bahwa teknologi sangat dibutuhkan oleh manusia.


Namun di tengah perkembangan teknologi yang semakin pesat, ternyata ada beberapa hal yang bisa membuat beberapa teknologi punah dan bahkan bisa membuat manusia masuk ke era kegelapan teknologi.

Sungguh mencengangkan buka, daripada penasaran langsung saja kita bahas lebih lengkap di bawah ini.


1. Bahan Baku Terbatas

Perlu diketahui, terdapat beberapa bahan baku langka yang diperlukan dalam pembuatan komponen pada smartphone. Seperti misalnya Tungsten, Chronium, Gallium dan Selenium, jumlah yang sedikit dan keberadaannya yang langka membuat bahan baku ini bisa punah.


Selain itu, komponen-komponen tersebut kemungkinan mustahil untuk didaur ulang, karena bahan baku tersebut digunakan sangat kecil pada pembuatan komponen smartphone. Oleh karena itu, pemanfaatan bahan baku perlu dijaga dengan baik.


2. Sumber Daya Manusia

Dalam pembuatan perangkat teknologi, tentunya tidak luput dari sumber daya manusia yang terlatih. Juga dibutuhkan para ilmuwan yang mampu menemukan hal-hal baru, sehingga bisa mengatasi permasalahan bahan baku langka dan tidak ketergantungan pada penemuan yang sudah ada.



Tentunya pembinaan dan pemilihan sumber daya manusia sangat penting, agar dalam produksi perangkat memiliki tingkat efisien yang tinggi.


3. Teknologi Analog Mulai Hilang

Seperti yang kita ketahui, bahwa teknologi analog sudah mulai digeser oleh teknologi-teknologi digital. Hal tersebut memang menunjukkan perkembangan teknologi yang semakin canggih, namun bisa saja membuat ketergantungan dan terancam akan kehabisan bahan baku.



Atau lebih jelasnya teknologi digital lebih membutuhkan banyak bahan baku pertambangan yang langka, sehingga beresiko mempercepat habisnya ketersediaan bahan baku tersebut.


4. Banyak Kendaraan Tak Terpakai

Hampir semua kendaraan saat ini menggunakan bahan bakar fosil, dan bahan bakar fosil di bumi juga terbatas dan lambat laun seiring waktu pasti akan kehabisan bahan bakar tersebut.



Jika memang bahan bakar fosil tersebut punah, pasti banyak kendaraan seperti mobil dan motor yang terbengkalai dan tidak dipakai lagi. Sehingga semua kendaraan tersebut harus dimusnahkan atau juga bisa dilakukan daur ulang.



5. Rusaknya Satelit

Jika kita terus-menerus menaruh banyak satelit di luar angkasa, maka semakin besar kemungkinan benda-benda tersebut bertabrakan dan rusak. Sementara itu, puing-puing hasil tabrakan tersebut bisa saja menyebabkan kerusakan pada satelit lainnya.



Bahkan rusaknya satelit bisa juga membuat manusia kehilangan komunikasi sinyal di bumi, oleh karena itu keberadaan satelit sangat dibutuhkan.



Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.





0 Response to "5 Hal yang Bisa Membuat Manusia Masuk Era Kegelapan Teknologi atau Punahnya Teknologi"

Post a Comment

Disclaimer

Privacy Policy

Sitemap

Contact