Ancaman Virus Berbahaya yang Bisa Menyerang Perangkat Para Pemain Fornite, Apex Legends, dan Game Online Lainnya

ANCAMAN VIRUS BERBAHAYA YANG MENGINTAI PERANGKAT PEMAIN GAME ONLINE

Game online sekarang memang sangat terkenal dan laris, mulai dari kalangan dewasa, bahkan anak-anak banyak yang memainkan game online. Bahkan bermain game online seakan-akan sudah menjadi suatu hal yang digunakan untuk hiburan, melepas penat, atau bahkan menghilangkan stres.

sumber: jalan tikus
Saking terkenalnya game-game online, banyak orang yang ingin menjadi pemain nomor satu. Bahkan tak sedikit orang yang menggunakan cara curang seperti Cheat game, demi mewujudkan impian menjadi player nomor satu.


Ancaman Virus Melalui Cheat

Baru-baru ini, perusahaan teknologi antivirus bernama SophosLabs telah mengumumkan peringatan tentang jenis Malware baru yang sangat berbahaya. Malware tersebut diberi nama Baldr yang menyebar melalui program cheat game online, banyak perangkat pemain game Fornite, CS:GO, dan Apex Legends yang terinfeksi malware ini.


Hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa malware tersebut juga bisa menyerang game-game online lainnya. Setidaknya agar perangkat anda lebih aman, sebaiknya hindari penggunaan cheat ketika bermain game online.


Asal-usul Baldr

Baldr sebenarnya lebih tergolong sebagai kategoti trojan dibanding malware, trojan yaitu suatu program yang diselipkan di program lain agar dapat menyusup di perangkat korban. Biasanya trojan diselipkan pada program2 bajakan yang beredar di internet, sehingga ketika program bajakan tersebut diinstal, trojan bisa menyusup ke perangkat.

Baldr sendiri tersebar melalui program-program cheat, dan menyerang perangkat para gamer. Alasannya Baldr menyerang game adalah karena banyak orang yang menghubungkan kartu kredit ke game, supaya lebih mudah dalam melakukan top up. Dengan demikian Baldr diyakini mampu mencuri data-data kartu kredit si pemain.


Bahkan pada februari lalu, SophosLabs sempat menemukan Baldr yang diperjualbelikan pada suatu forum di dark web. Kemudian harga Baldr pun meningkat setelah semakin banyak orang yang membelinya, yang artinya sudah banyak juga orang yang telah menjadi korban.


Penyebaran Baldr

Penyebaran Baldr memang diketahui melalui Cheat Game, dan link-link download cheat tersebut sudah tersebar di berbagai situs dan media sosial. Bahkan para penyebar link memberikan banyak iming-iming demi melancarkan upaya menipu korban.

Link tersebut lebih sering dibagikan di grup discord dan telegram, bahkan program crack pada software atau game bajakan juga diselipkan Baldr. Baldr bekerja secara hit and run, artinya setelah komputer anda terinfeksi baldr, data-data komputer anda akan langsung terkirim ke hacker.


Data-data tersebut merupakan data-data penting seperti cookies, history, password dan akun. Rata-rata para korban baldr adalah para remaja yang mudah sekali terpesona dengan cheat game, dan tak sedikit remaja yang menggunakan kartu kredit orang tua dalam melakukan top up.

sumber: SophosLaps
Bahkan indonesia menjadi salah satu negara paling parah yang terkena dampak baldr, seperti yang dijelaskan pada foto di atas. Para korban juga pasti tidak sadar ketika datanya dicuri oleh para hacker, sehingga para hacker bisa leluasa dalam melancarkan aksinya.

Diharapkan setelah membaca artikel ini, kita lebih waspada dan berhati-hati dalam melakukan tindakan. Lebih baik berlatih daripada menggunakan cheat yang sebenarnya sangat membahayakan penggunanya.





Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.




0 Response to "Ancaman Virus Berbahaya yang Bisa Menyerang Perangkat Para Pemain Fornite, Apex Legends, dan Game Online Lainnya"

Post a Comment

Disclaimer

Privacy Policy

Sitemap

Contact