Pengertian Lengkap Tentang Apa Itu Font TTF dan Font OTF, Beserta Perbedaan Di antara Keduanya

PENGERTIAN DAN PERBEDAAN ANTARA FONT TTF DAN FONT OTF

Bagi anda yang sering membuat laporan, makalah, surat resmi, skripsi dan lain-lain, pasti anda sudah tidak asing dengan bermacam-macam model huruf atau font. Model font atau huruf memang ada banyak, ada Times New Roman, Calibri (body), ALGERIAN dan masih banyak lagi.


Dari begitu banyaknya model font yang bertebaran di internet, ternyata font dibedakan menjadi 2 jenis: yaitu font TTF dan font OTF. Untuk keunggulan den perbedaan di antara kedua jenis font, langsung saja kita bahas lebih lengkap di bawah ini.



Pengertian Font TTF dan Font OTF


Pengertian apa itu font TTF
Font TTF atau True Type Fonts merupakan font yang dibuat sejak awal tahun 1980an, font jenis ini merupakan hasil kerja sama antara Apple dan Microsoft. Pembuatan font ini bertujuan agar ada font yang mampu dibaca oleh perangkat pencetak dokumen (printer).



Dalam format baru ini, membuat orang lebih mudah dalam menginstal font baru yang bisa digunakan secara lintas platform.



Pengertian apa itu font OTF
Font OTF atau Open Type Font merupakan merupakan font hasil kerja sama antara microsoft dan adobe pada tahun 1990an, atau bisa juga dibilang font yang dikembangkan dari TTF.



Alasan microsoft membuat font dengan format baru adalah untuk membuat font yang memiliki fitur-fitur lebih lengkap dari TTF. Salah satu kelebihan dari font OTF adalah mampu menyimpan hingga 65.000 karakter sekaligus, sehingga lebih fleksibel dalam hal desain.

Beberapa kemampuan ekstra dari OTF:
  • Glyphs   : karakter alternatif dari sebuah karakter umum.
  • Ligatur   : kombinasi dari 2 karakter huruf yang berbeda.
  • Alternatif: Karakter non-numerik seperti simbol.
  • tanda tangan.

Perbedaan Font TTF dan Font OTF

Mungkin dari penjelasan pengertian font TTF dan OTF, anda bisa sedikit mengetahui perbedaan di antara kedua font. OTF memiliki banyak fitur tambahan, sehingga mampu membedakannya dengan TTF, atau lebih jelasnya OTF menyediakan berbagai macam variasi model font.


Jika TTF hanya bergantung pada tabel gylph, OTF juga bisa bergantung pada CFF (Compact Font Format). Untuk ukuran file, TTF lebih besar jika dibandingkan dengan OTF. 
Secara kesimpulan, font TTF sangat cocok untuk kebutuhan mengerjakan tugas karena lebih simple dan mudah digunakan. Sementara itu, OTF lebih cocok digunakan untuk kebutuhan desain karena model-model huruf yang keren.


Demikian penjelasan lengkap tentang font TTF dan font OTF, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.





0 Response to "Pengertian Lengkap Tentang Apa Itu Font TTF dan Font OTF, Beserta Perbedaan Di antara Keduanya"

Post a Comment

Disclaimer

Privacy Policy

Sitemap

Contact