Gunakan 8 Tips Ampuh Ini Agar Laptop Tidak Lemot, Dijamin Terasa Seperti Baru!

HAL-HAL SEPELE YANG BISA MENYEBABKAN KOMPUTER LEMOT

Di zaman yang serba cepat ini, memiliki komputer yang lemot memang sangat menyebalkan. Memiliki prosesor core ternyata tidak bisa menjamin 100% bahwa komputer tidak akan lemot, karena yang membuat komputer sempurna adalah si pengguna yang harus mampu menggunakan komputer dengan baik.


Komputer atau laptop memang biasa digunakan untuk membantu pekerjaan, atau bisa juga untuk hiburan seperti bermain game. Seperti perangkat lainnya, komputer juga memerlukan perawatan dalam penggunaan agar tidak lemot dan menurun kinerjanya.

Berikut ini beberapa hal yang sebenarnya sepele namun wajib dihindari, karena bisa membuat laptop lemot atau bahkan bisa nge-hank.


1. Menginstal Terlalu Banyak Program

Hal pertama yang wajib anda perhatikan adalah jumlah software yang anda instal pada komputer anda. Semakin banyak software yang diinstal, maka semakin memberatkan kinerja komputer tersebut.


Disarankan untuk menginstal software yang sering digunakan dan yang penting saja, untuk software yang jarang digunakan bisa diinstal saat dibutuhkan saja. Dengan demikian, komputer anda tidak akan keberatan dalam menampilkan program-program di layarnya.


2. Membuka Banyak Program Secara Bersamaan

Selain itu, membuka terlalu banyak program secara bersamaan juga bisa membuat komputer lemot secara tiba-tiba, kemudian beberapa program juga akan mengalami force close.

Sebenarnya ini juga tergantung dengan kapasitas RAM yang dimiliki oleh komputer anda, jika anda ingin menjalankan lebih banyak program, maka komputer anda harus memiliki kapasitas RAM yang besar pula.


3. Program Startup Terlalu Banyak

Hal yang satu ini berkaitan dengan menginstal terlalu banyak program. Semakin banyak program yang diinstal, maka semakin banyak program yang startup atau lebih jelasnya adalah program yang berjalan di latar belakang.


4. Pemakaian yang Tidak Wajar

Sama dengan manusia, komputer juga membutuhkan waktu untuk istirahat. Sedikit tips, untuk pemakaian setiap 6 jam sebaiknya mengistirahatkan komputer minimal 1 jam.


5. Harddisk Penuh

Jika Harddisk pada komputer anda penuh, bisa saja mengakibatkan komputer lemot karena berat ketika menyimpan dan memuat data yang ada di harddisk.


Disarankan untuk menjaga kapasitas harddisk dan menyimpan data-data yang penting saja. Selain bisa membuat komputer lemot, harddisk terlalu penuh juga bisa membuat harddisk tidak awet karena harddisk bekerja terlalu keras.


6. Jarang Restart

Walaupun komputer anda sering dimatikan, namun sebenarnya komputer juga perlu direstart. Hal ini bertujuan untuk melakukan refresh pada komputer, dan RAM anda juga akan lebih fresh.

Selain itu, setelah anda menginstal program baru sebaiknya restart komputer anda. Hal ini bertujuan agar program yang baru diinstal mendapat hasil yang maksimal saat digunakan.


7. Bermain Game

Bermain game ternyata juga bisa membuat komputer lemot, terutama untuk game-game berat dan spesifikasi komputer anda belum mempuni untuk memainkan game tersebut. Jadi pilih saja game-game yang sekiranya sesuai dengan spesifikasi komputer anda, karena jika tidak hal tersebut bisa membahayakan komponen-komponen pada komputer anda.



8. Browsing Situs Berbahaya

Dalam melakukan browsing di internet, sebaiknya anda berhati-hati dan memahami segala hal. Disarankan untuk tidak klik sembarangan iklan dan tidak download file yang tidak terjamin keamanannya.

Hal ini bertujuan untuk menjaga komputer dari serangan virus dan malware yang bisa merusak sistem operasi komputer. Untuk berjaga-jaga, Tomtekno memberi rekomendasi software anti virus avast agar dipasang demi menjaga komputer anda.



9. Cache dan Sampah

Sama dengan Smartphone, komputer juga memiliki cache atau sampah yang dihasilkan dari browsing atau program-program yang anda jalankan. File-file sampah tersebut diharuskan untuk dibersihkan, demi menjaga harddisk dan kesehatan komputer.

Tomtekno memberi rekomendasi software CCleaner untuk membantu anda dalam membersihkan file sampah tersebut.



Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.




0 Response to "Gunakan 8 Tips Ampuh Ini Agar Laptop Tidak Lemot, Dijamin Terasa Seperti Baru!"

Post a Comment

Disclaimer

Privacy Policy

Sitemap

Contact