Wajib Paham dan Berhati-hati, Ternyata Dark Web Lebih Berbahaya Daripada Deep Web!

FAKTA-FAKTA DARK WEB YANG KATANYA LEBIH BERBAHAYA DARI DEEP WEB

Mencari informasi di internet dengan cara browsing web memang sudah tidak asing lagi di zaman yang super canggih ini, tak heran jika banyak orang yang berlomba-lomba menyediakan situs web yang dapat diakses oleh orang lain demi kepentingan tertentu.


Namun dari banyaknya situs web yang tersedia di internet, terdapat banyak web yang berisikan konten negatif seperti konten dewasa dan bahkan web yang dapat membahayakan manusia apabila diakses. Oleh karena itu, mesin pencari memberikan filter dalam search demi menyembunyikan web yang berbahaya agar tidak diakses manusia.





Jenis-jenis Web

Jenis-jenis web dibagi menjadi 3 jenis, yaitu Clear web, Deep Web, dan Dark Web.


Pengertian Clear Web, Deep Web, dan Dark Web

1. Clear web merupakan web yang bisa anda akses di mesin pencari Google, atau web yang bisa dibilang cukup aman jika diakses oleh manusia.



2. Deep web adalah web yang tidak bisa diakses secara bebas, sehingga membutuhkan alat khusus atau juga izin jika ingin mangaksesnya. Seperti contohnya online banking, situs pemerintah, dan lain-lain.


3. Dark web yang juga dikenal dengan nama Darknet atau Web Underground merupakan jaringan overlay yang menggunakan Internet tetapi memerlukan perangkat lunak tertentu dan konfigurasi atau otorisasi untuk mengaksesnya.

Dark web merupakan bagian dari deep web, atau web yang tidak diindeks oleh mesin pencari web. Atau lebih singkatnya, dark web merupakan deep web yang berisikan konten ilegal dan berbahaya bagi manusia.



Cara Mengakses Dark Web

Tidak semua orang dapat mengakses dark web dengan mudah, anda membutuhkan bantuan software atau browser khusus untuk dapat mengakses dark web. Browser yang terbilang paling ampuh dalam mengakses dark web adalah tor browser, anda bisa download software ini pada official web tor browser atau pada link di bawah ini.

DOWNLOAD

TOR atau (The Onion Router) merupakan "jaringan di atas sebuah jaringan", dapat disimpulkan bahwa seseorang dapat mengakses web apa saja melalui situs ini, termasuk dark web.



Bahaya Dark Web

Dilansir dari berbagai sumber, jika anda mengakses dark web maka ponsel anda bisa terserang virus, malware, bahkan dimata-matai oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.



Fakta-Fakta Mengerikan Tentang Dark Web

Berikut ini daftar fakta-fakta mengerikan mengenai dark web:

1. Dark web sering kali dimanfaatkan untuk Cybercrime oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab, contohnya penipuan, pencurian data, hingga hacker. Bahkan dark web bisa dibilang merupakan markas oleh para penjahat cyber tersebut, contohnya pasar darknet yang menjual produk-produk ilegal tersedia di dark web.


2. Sebenarnya dark web tidak ilegal untuk anda akses, namun situs-situs di dark web yang beresiko ilegal. Bahkan di beberapa negara terdapat peraturan, bahwa mengakses situs-situs dark web merupakan hal yang melanggar peraturan.


3. Selain itu, banyak pula aktivitas kriminal yang memanfaatkan dark web. Diantaranya adalah kecurangan politik, penyimpanan aset advokat, dan masih banyak lagi.


4. Dark web merupakan situs yang tersembunyi dari clear web, jika Clear web berjumlah jutaan situs dan dark web hanya berjumlah di bawah 500 ribu situs. namun jumlah tersebut sangatlah banyak untuk jumlah situs-situs yang ilegal dan berbahaya.



Demikian yang dapat Tom sampaikan mengenai dark web, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.




0 Response to "Wajib Paham dan Berhati-hati, Ternyata Dark Web Lebih Berbahaya Daripada Deep Web!"

Post a Comment

Disclaimer

Privacy Policy

Sitemap

Contact