Hal-hal yang Membuat Facebook Dicurigai Mengumpulkan Data-data Pribadi Penggunanya Secara Diam-diam

HAL-HAL YANG MENJADI BUKTI BAHWA FACEBOOK MENGUMPULKAN DATA PRIBADI PENGGUNA

Facebook merupakan sosial media paling terkenal di dunia selama 10 tahun terakhir, walaupun saat ini banyak pengguna yang beralih ke instagram. Facebook terus berkembang semenjak awal didirikan pada februari 2004 oleh Mark Zuckerberg.

Memiliki hingga 2 miliar jumlah pengguna aktif, membuat facebook menempati urutan pertama sebagai media sosial paling populer di dunia. Bahkan satu orang saja bisa memiliki 2 hingga lebih akun di facebook.


Akhir-akhir ini terdengar isu dan berita yang belum bisa dipastikan kebenarannya, yakni tentang aplikasi atau layanan yang secara diam-diam mengumpulkan data-data pribadi penggunanya, dan facebook pun menjadi salah satu layanan  yang dicurigai akan hal tersebut.

Walaupun untuk masyarakat awam banyak yang tidak peduli akan hal tersebut, namun setidaknya kita wajib waspada dan berhati-hati. Dugaan ini bukan datang tanpa sebab, karena terdapat beberapa hal yang menguatkan dugaan tersebut.

Berikut ini hal-hal yang membuat facebook dicurigai mengumpulkan data pribadi penggunanya, langsung saja kia bahas di bawah ini.



1. Info Profil

Seringkali facebook memintai data-data pribadi untuk melengkapi info profil pada akun facebook anda, anehnya info tersebut bisa dilihat secara publik, diantaranya tanggal lahir, tempat tinggal, nomor telepon, bahkan asal-usul seperti asal sekolah.

Mungkin banyak orang yang tidak menyadari jika hal ini cukup membahayakan si pemilik akun, intinya facebook bisa mendapat informasi tambahan jika pemilik akun melengkapi profilnya. Tak heran jika banyak penjahat yang sangat terbantu aksinya melalui facebook.



2. Facebook Pixel

Facebook Pixel merupakan fitur di facebook yang berupa kode Script, yang berfungsi untuk merekam aktivitas pengunjung pada suatu website. Kemudian akan dikumpulkan data yang nantinya digunakan perusahaan dalam menampilkan iklan yang cocok dengan anda.

Hal ini cukup aneh, karena hal tersebut dilakukan tanpa persetujuan atau penjelasan terlebih dahulu. Walaupun hal ini masih isu, sebaiknya anda bisa lebih berhati-hati.



3. Aktivitas di Aplikasi atau Situs Lain

Pernahkah anda menghubungkan akun facebook anda untuk daftar ke suatu situs atau aplikasi, ternyata hal ini juga bisa menjadi celah bagi facebook untuk mengumpulkan data aktivitas anda di aplikasi lain.

Walaupun daftar akun menggunakan akun facebook terbilang cukup memudahkan, namun sebaiknya anda harus memperhitungkannya lagi.



4. Chat yang Tidak Diberi Enkripsi

Pada dasarnya, Whatsapp memang berbeda dengan Messenger. Jika pada whatsapp, fitur enkripsi secara default. Berbeda dengan messenger yang harus mengaktifkan fitur tersebut secara manual, itu pun juga tergantung bisa tidaknya si pengguna mengaktifkannya.

Hal ini cukup mengerikan, karena percakapan anda bisa dipantau atau juga beresiko lebih tinggi diretas oleh hacker.




Sekian yang dapat saya sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.



0 Response to "Hal-hal yang Membuat Facebook Dicurigai Mengumpulkan Data-data Pribadi Penggunanya Secara Diam-diam"

Post a Comment

Disclaimer

Privacy Policy

Sitemap

Contact