5 Hal Negatif yang Bisa Ditimbulkan dari Game Esports, Wajib Diwaspadai dan Berhati-hati!

HAL-HAL BURUK YANG BISA DITIMBULKAN DARI ESPORTS

Pada Dasarnya, keuntungan yang dapat diraih ketika masuk eSports memang sangat menjanjikan. Bagaimana tidak, anda bisa mendapatkan gaji hanya dengan bermain game di eSports. Jika sebelumnya bermain game hanya dianggap buang-buang waktu, namun sekarang game juga dilombakan dengan hadiah yang sangat menggiurkan.


Perlombaan dalam game sudah termasuk olahraga dan diberi nama eSports, jika anda direkrut oleh salah satu team eSports, maka anda sudah bisa mendapatkan gaji per bulan. Namun tidak semua yang berasal dari eSports bersifat positif, terdapat beberapa hal negatif yang bisa saja membahayakan pemain apabila tidak menghiraukan hal tersebut.


Berikut ini dampak-dampak negatif yang ditimbulkan dari eSports, tentunya anda harus lebih waspada dan berhai-hati.


1. Kecanduan Game

Hampir 100% pemain eSports sudah dipastikan memiliki rasa kecanduan terhadap game, hal ini beresiko memberi dampak negatif terhadap mental. Menurut penelitian, seseorang yang memainkan game setiap hari, dapat mengalami kecanduan akut terhadap game.


Bahkan WHO (World Health Organization) telah menganggap kecanduan game sebagai salah satu penyakit mental, karena seorang pecandu game biasanya akan asing dan anti sosial terhadap lingkungannya.

Kemudian mental dalam berbicara atau komunikasi dengan lingkungan akan terganggu, dan bisa membuat seseorang menjadi depresi.



2. Mengganggu Kesehatan

Bagitu banyaknya turnamen dan waktu untuk latihan membuat tidur para pemain tidak teratur, sehingga kesehatan pun juga ikut terancam. Tak hanya itu, lama menatap layar PC atau ponsel juga tidak baik untuk kesehatan mata.

Selain itu, duduk terlalu lama diklaim bisa beresiko lebih tinggi terkena diabetes mellitus tipe 2, dan yang lebih berbahaya adalah ancaman terkena serangan jantung. Mengetahui ancaman kesehatan yang begitu tinggi, diharapkan kita bisa mengantisipasi resiko tersebut.



3. Jarang Memiliki Waktu Luang

Padatnya jam berlatih dan tanding yang rata-rata 9 jam/hari tentunya membuat para pemain jarang memiliki waktu luang, bahkan jika jadwal kompetisi sudah mepet, biasanya jadwal latihan juga akan diperpanjang.

Hal inilah yang membuat anda kesulitan dalam mengatur pola tidur dan mencari waktu luang untuk istirahat, sehingga resiko kesehatan pun juga ikut terancam.



4. Mengganggu Mental dan Mudah Emosi

Seperti yang kita ketahui, bahwa terkadang pemain juga bisa mengalami mood yang tidak baik. Hal ini beresiko menimbulkan permainan  yang buruk, dan ujung-ujungnya bisa depresi hingga mental yang terganggu.

Hal-hal tersebutlah yang menyebabkan para gamer sering mengalami emosi, tak jarang mereka melampiaskan emosinya dengan melakukan hal-hal yang tak terduga.



5. Pendidikan yang Tertinggal

Jika anda sudah masuk eSports saat masih dalam dunia pendidikan, maka bersiap-siaplah untuk tertinggal dalam dunia pendidikan. Anda akan sulit membagi jadwal belajar, berlatih dan bertanding.

Tak sedikit pemain eSport yang harus tinggal kelas atau bahkan putus sekolah demi memperjuangkan karirnya di eSports.


Demikian beberapa hal negatif yang bisa ditimbulkan dari eSports, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.




0 Response to "5 Hal Negatif yang Bisa Ditimbulkan dari Game Esports, Wajib Diwaspadai dan Berhati-hati!"

Post a Comment

Disclaimer

Privacy Policy

Sitemap

Contact