Bahaya! Banyak Aplikasi Android yang Bisa Mencuri Data Secara di Sembunyi-Sembunyi!

BAHAYA BANYAKNYA APLIKASI ANDROID YANG BISA MENCURI DATA PENGGUNA

Baru-baru ini para peneliti melakukan aplikasi-aplikasi ponsel android, dan hasilnya para peneliti menemukan ada lebih dari 15.000 aplikasi yang bisa mencuri data secara tersembunyi.




Para peneliti menyebutkan bahwa terdapat ribuan aplikasi yang melanggar privasi pengguna dan mencuri data seperti lokasi dan lain-lain, penelitian ini dilakukan oleh International Computer Science Institute.

Parahnya lagi adalah terdapat sekitar seribu aplikasi yang tetap bisa mencuri data, walaupun si pengguna aplikasi tidak mengizinkan akses dari aplikasi tersebut. Pasti sangat mengancam privasi, kebanyakan aplikasi-aplikasi tersebut mencuri data demi kepentingan iklan dan uang.


Jenis Aplikasi

Aplikasi-aplikasi yang mencuri data tersebut, kebanyakan dari aplikasi berjenis sosial media bahkan game mobile online. Jadi sebaiknya jika anda anda ingin memainkan game, disarankan untuk memainkan game-game dari pengembang game yang terpercaya.


Mengurangi Ketenaran Sistem Android

Bahkan, baru-baru ini Apple mengkritik android milik Google. Kritik tersebut ditulis di sebuah billboard di daerah toronto, dengan tulisan "Privacy, that's iPhone". Hal ini tentu saja sangat menyinggung android, bahkan dapat menurunkan kepopuleran sistem android.


Cara Aplikasi Mencuri Data

Aplikasi biasanya meminta persetujuan untuk akses data pribadi, seperti foto, lokasi, dan lain-lain, yang ternyata hal tersebut dapat mengancam data privasi anda. Secara tidak langsung, anda memperbolehkan aplikasi-aplikasi tersebut mengakses data-data pribadi anda.


Direktur Internation Computer Science Institute, Serge Egelman sempat menyebutkan bahwa pengguna smartphone memiliki sedikit kontrol akan privasi. Penelitian ini ditujukan untuk mengatasi pencurian data di smartphone, bahkan para peneliti sudah memperingatkan google.


Demi mengatasi masalah ini, google akan mengatasi masalah pencurian data pada android versi Q yang akan datang.



0 Response to "Bahaya! Banyak Aplikasi Android yang Bisa Mencuri Data Secara di Sembunyi-Sembunyi!"

Post a Comment

Disclaimer

Privacy Policy

Sitemap

Contact