Hati-Hati, Inilah Bahaya yang Bisa Terjadi Ketika Mengecas Ponsel Smartphone di Mobil!

BAHAYA YANG DITIMBULKAN KETIKA MENGECAS ANDROID DI MOBIL

Pernahkah anda mengecas atau charge ponsel di dalam mobil?, ternyata itu bisa membahayakan. Memang beberapa mobil biasanya terdapat Socket Lighter atau lubang USB yang berfungsi untuk transfer data lagu.


Namun tak sedikit orang yang menggunakannya untuk mengecas ponsel, yang sebenarnya bisa berdampak buruk pada ponsel dan aki mobil. Lubang USB tersebut pada dasarnya digunakan untuk menghubungkan flashdisk ke sistem multimedia mobil, untuk menyalakan lagu atau juga menonton film.

Sedangkan socket lighter digunakan sebagai alat untuk menyalakan rokok, namun banyak yang menyalahgunakan sebagai alat untuk mengisi daya ponsel. Langsung saja, kita bahas bahaya yang bisa ditimbulkan dari hal tersebut.


1. Merusak Baterai Ponsel

Hal yang paling sering terjadi dari perbuatan tersebut adalah rusaknya baterai ponsel, mengapa bisa demikian?. Lubang USB yang disediakan di mobil biasanya hanya mengalirkan output sebesar 0,5A, sedangkan pengisian standar daya ponsel membutuhkan sekitar 2A.

Sehingga mengakibatkan pengisian daya tidak normal, lambat laun ponsel anda tidak akan terisi daya dan malah berkurang walaupun terhubung dengan USB.


Untuk socket lighter biasanya memiliki daya mencapai 10A, yang terbilang cukup besar. Jika digunakan untuk mengecas ponsel, bisa berdampak pada rusaknya komponen-komponen di dalam ponsel.

Bahkan karena arus besar yang tidak terkendali tersebut dapat mengakibatkan ponsel meledak, amat disayangkan bukan jika ponsel kesayangan anda rusak karena hal yang sepele.


2. Ponsel Gampang Panas

Ponsel yang sering di-charge di mobil biasanya akan mengalami konslet pada beberapa komponen ponsel tersebut, efek dari konslet tersebut biasanya adalah baterai yang gampang lobet dan ponsel yang sering panas.

Tak hanya itu, jika anda mengecas ponsel di dalam mobil dan terpancar sinar matahari secara langsung. Maka bisa mengakibatkan suhu ponsel naik secara drastis, dan efek terburuk dari hal tersebut adalah ponsel yang meledak.



3. Menguras Aki

Accumulator (Aki) merupakan pusat komponen arus listrik dari mobil yang digunakan untuk menyalakan segala komponen pada mobil, termasuk lubang USB dan socket lighter. Penggunaan lubang USB untuk mengecas ponsel atau perangkat lainnya, ternyata sangat menguras aki.

Jika anda ingin menghemat penggunaan aki, sebaiknya anda tidak mengecas ponsel di dalam mobil.



Solusi

Solusi untuk mengatasi ponsel lobet ketika di dalam mobil diantaranya:
  • Membawa powerbank untuk mengecas ponsel
  • Memiliki 2 ponsel atau ponsel cadangan

Demikian yang dapat Tom sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.




0 Response to "Hati-Hati, Inilah Bahaya yang Bisa Terjadi Ketika Mengecas Ponsel Smartphone di Mobil!"

Post a Comment

Disclaimer

Privacy Policy

Sitemap

Contact