Mobile Banking dan Internet Banking Apa Bedanya? Berikut Penjelasan Lengkapnya!

APA ITU MOBILE BANKING DAN APA ITU INTERNET BANKING

Di zaman yang serba teknologi ini, segala jenis transaksi jual beli bisa dilakukan secara online. Bahkan hanya dengan smartphone, anda sudah tidak perlu pergi ke bank atau ATM untuk melakukan transaksi atau juga cek saldo.

Jika anda sudah biasa melakukan transaksi online menggunakan smartphone, pasti anda sudah tidak asing dengan namanya mobile banking dan internet banking. Sama-sama dijalankan melalui smartphone dan menggunakan internet, namun sebenarnya keduanya sangat berbeda.

Perbedaan

Mobile Banking

Mobile Banking adalah Aplikasi pihak ketiga yang menghubungkan antara smartphone dengan rekening tabungan anda. Sehingga anda tidak perlu datang ke bank dalam melakukan transfer atau juga cek saldo.


Namun untuk dapat menggunakan mobile banking di smartphone, anda harus mendaftar m-banking menggunakan nomor telepon anda. Namun biasanya dalam transaksi menggunakan mobile banking, masih dibebankan biaya pulsa atau potongan saldo.


Internet Banking

Jika mobile banking membutuhkan bantuan aplikasi, berbeda dengan internet banking yang tanpa perlu bantuan aplikasi. Anda juga tidak perlu membayar biaya transaksi, yang anda perlukan hanyalah koneksi internet yang lancar.


Selain menggunakan smartphone, internet banking juga bisa di akses melalui perangkat laptop dan tablet. Namun membutuhkan alat token untuk melakukan verifikasi perbankan, seperti misalnya transfer dan pembayaran.

Kelebihan dan Kekurangan

Mobile Banking

Kelebihan:
  • Tidak perlu menggunakan token untuk verifikasi transaksi dan hanya perlu memasukkan PIN saja seperti ATM.
  • Tampilan lebih praktis, karena menggunakan aplikasi.
Kekurangan:
  • Beberapa bank masih membebankan biaya, ketika melakukan transaksi di mobile banking.
  • Masih memiliki resiko terkena hack, apabila penggunanya asal-asalan dalam memakai mobile banking.

Internet Banking

Kelebihan:
  • Bisa diakses di berbagai jenis perangkat.
  • Tidak membutuhkan biaya transaksi.
  • Perlindungan lebih kuat karena menggunakan token untuk verifikasi.
Kekurangan:
  • Pengguna sering di serang menggunakan link-link phising.
Untuk fitur-fitur yang ditawarkan oleh kedua layanan kurang lebih sama, jadi anda bisa membandingkan di antara keduanya. Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.


0 Response to "Mobile Banking dan Internet Banking Apa Bedanya? Berikut Penjelasan Lengkapnya!"

Post a Comment

Disclaimer

Privacy Policy

Sitemap

Contact